Beragam Manfaat Minyak Hati Ikan Cod Bagi Kesehatan

Ikan cod/kod adalah salah satu ikan dari genus gadus, famili gadidae di samudera yang tidak mudah ditemukan dan menjadi salah satu ikan yang sangat diburu oleh pemancing profesional. Ikan cod tidak hidup di perairan Indonesia karena ikan ini hidup di perairan dingin, makanya Indonesia rutin mengimpor 2000 ton ikan cod setiap tahun. Banyak orang yang mengincar ikan ini karena manfaat yang terkandung di minyak hati ikan cod atau yang biasa disebut Cod Liver Oil sangat beragam buat kesehatan apalagi bagi kesehatan anak.

Ciri-ciri ikan cod yaitu mempunyai tiga sirip punggung dan dua sirip anus yang membulat. Sirip pelvis berukuran kecil dengan ujung yang memanjang dan ada di bawah penutup insang. Matanya berukuran sedang. Cod mempunyai garis putih yang memanjang sepanjang tubuhnya dari insang sampai ekor. Berat rata-rata ikan kod yaitu antara 5–12 kg, namun spesimen berukuran 100 kg pernah ditangkap.

Manfaat Minyak Hati Ikan Cod Bagi Kesehatan

Harga daging ikan kod dibandrol dengan harga kisaran Rp. 80.000/kg. Sedangkan untuk harga minyak hati ikan cod tergantung dari produk yang menjualnya, ada yang menjualnya dengan harga Rp. 500.000 sampai dengan 1 juta/1000 mg. Memang mahal tapi harga dengan beragam manfaat minyak hati ikan cod tetap sebanding. Saking baiknya minyak hati ikan ini, beberapa perusahaan di Indonesia menciptakan beberapa vitamin/suplemen yang mengandung minyak hati ikan cod.

Daging ikan cod banyak dipakai jadi salah satu bahan makanan, bahkan ikan cod jadi bahan utama pembuatan fish and chips. Untuk minyak hati ikan cod sendiri sangat baik diberikan kepada anak, selain untuk menambah nafsu makan masih banyak lagi beragam manfaat dari cod liver oil ini. Yuk kita simak lagi apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya

Manfaat Minyak Hati Ikan Cod Bagi Kesehatan

Minyak hati ikan cod/cod liver oil kaya akan  kandungan vitamin A dan Omega-3 yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti

1. Melindungi Kesehatan Mata

Minyak ikan cod mengandung banyak vitamin A yang kita tau sendiri vitamin ini sangat baik bagi kesehatan mata. Satu sendok makan saja, vitamin A yang terkandung pada minyak ini mencapai 4080 mikrogam. Vitamin yang terkandung dalam minyak ini juga mampu menjaga kesehatan jantung, ginjal dan paru-paru. Selain kaya akan vitamin A, minyak ini mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menjaga aliran darah ke mata hal ini membuat penglihatan kita tetap sehat dari waktu ke waktu.

baca juga Cara Mengatasi Mata Minus Pada Anak Dengan Bahan Alami

2. Mencegah Rakitis

Rakitis adalah penyakit tulang yang disebabkan karena kurangnya vitamin D pada tubuh. Penyakit ini mulai menyerang anak-anak yang kurang asupan vitamin D. Hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi vitamin D karena vitamin ini membantu tubuh menyerap kalsium untuk membentuk tulang yang kuat. Dengan kandungan vitamin D yang mencapai 1360 IU, minyak ini sangat baik untuk kesehatan tulang anak.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Sebuah penelitian dalam Journal Of American College of Nutrition 2010 melaporkan bahwa minyak hati ikan cod mengurangi risiko Infeksi Saluran Pernapasan Atas(ISPA). Kandungan vitamin A yang sangat besar pada ikan ini berkerja sangat baik dalam menjaga kekebalan tubuh anak.

baca juga cara menjaga kondisi tubuh agar terjaga dan sehat

4. Menjaga Perkembangan Janin

Dokter selalu menganjurkan kepada ibu yang sedang hamil untuk rutin mengonsumsi Omega-3 untuk menjaga kesehatan janin dan membantu pertumbuhan janin. Omega-3 baik untuk pembentukan retina janin yang ada di kandungan. Semua ibu ingin anaknya lahir dengan berat badan yang berat dan berisi, dan minyak ikan cod salah satu solusinya. Selain itu, Omega-3 dalam minyak ikan ini juga berfungsi menyempurnakan sistem saraf saat janin terbentuk. Salah satu saraf yang nantinya akan terbentuk dengan sempurna adalah saraf otaknya. Kandungan DHA dalam ikan ini juga bisa mencerdaskan otak.

5. Mencegah Kanker

Minyak ikan telah terbukti efektif terhadap tiga bentuk umum kanker – payudara, usus besar, dan prostat.
Omega-3 membantu menjaga sel-sel sehat yang normal dari bermutasi menjadi tumor kanker dan mengendalikan pertumbuhan sel yang tidak diinginkan.

6. AIDS

Penelitian yang dilakukan Program Ilmu Gizi di Lexington pertanda minyak ikan membantu pengobatan AIDS, sebab membantu mengurangi tingkat trigliserida.

7. Kesehatan Kulit Dan Rambut

Omega-3 membantu kelembaban sel kulit, menghasilkan kolagen, meredakan peradangan kulit, dan mengatakan tampilan muda. Kadar protein dalam minyak ikan membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kuat, rambut sehat.

8. Tekanan Darah Tinggi

Omega-3 mempunyai anti inflamasi dan anti-koagulan, yang membantu menurunkan tekanan darah.
Darah didorong lebih lancar seluruh tubuh maka hanya sedikit tekanan diberikan pada jantung.

Manfaat yang terkandung di dalam minyak hati ikan cod sangat beragam bukan? jadi tidak salah jika banyak orang yang rela membeli dengan harga mahal. Bagi anda yang ingin membelinya, harap supaya anda lebih teliti karena ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab menjual produk yang palsu. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!