Manfaat Serai, dari Pengusir Nyamuk Hingga Kanker

Indonesia negara yang kaya. Berbagai flora dan fauna ada di sini. Semuanya asal diolah dengan baik akan menghasilkan. Setiap flora atau tumbuhan mempunyai banyak manfaat. Contohnya serai. Manfaat serai akan kita bahas sedikit dalam artikel kali ini.

Manfaat Serai Begitu Lengkap

Serai dalam kehidupan sehari-hari ternyata sangat banyak manfaatnya. Daun serai yang wangi ini sebelumnya hanya diketahui sebagai penyedap makanan. Anda mungkin memakainya ketika memasak daging atau ikan agar tidak bau amis.

Manfaat dari serai yang telah banyak diteliti para ahli, antara lain:

1. Mengusir nyamuk

Wangi daun serai tidak disukai nyamuk. Anda dapat mengoleskan campuran serai dengan minyak di beberapa bagian tubuh yang terbuka. Dijamin nyamuk tidak berani hinggap.

Saat ini serai banyak diolah sebagai bahan campuran sabun pencuci lantai. Diharapkan sabun wangi serai akan mengurangi nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

2. Membantu Detoksifikasi

Serai menghilangkan dan mengeluarkan racun dari tubuh. Hal tersebut disebabkan serai mempunyai kandungan bahan deuretik.

Serai dibuat sebagai minuman dengan campuran tertentu. Selanjutnya efek dari detoksifikasi akan menambah volume air seni.

Reaksi detoks akan menghilangkan penyakit asam urat dan memperlancar fungsi berbagai sistem dan organ tubuh seperti pencernaan, ginjal, dan hati.

3. Mencegah dan Mengatasi Infeksi

Serai, seperti halnya bumbu dapur ala Indonesia lain, seperti kunyit dan jahe mengandung antioksidan. Antioksidan berarti anti bakteri dan antimikroba.

Dengan demikian, serai dapat mengatasi berbagai penyakit infeksi seperti demam, batuk, infeksi lambung, infeksi saluran kemih, infeksi usus, dan luka. Selain hal di atas, serai mengatasi rematik, insomnia, dan edema.

4. Memperlancar Haid

Serai yang dibuat sebagai minuman dan dikonsumsi hangat dapat memperlancar haid. Caranya mudah, Anda hanya perlu meminum air seduhan serai yang dimemarkan tiga kali sehari.

5. Bahan Perawatan Kecantikan

Serai mengandung astrigen dan antiseptik, sehingga dapat mengatasi jerawat yang merusak wajah. Jadi,ketika Anda mengoleskan ramuan serai ke seluruh tubuh tidak hanya mengusir nyamuk. Anda sekaligus memperhalus kulit. Serai memperkuat jaringan kulit, mengecilkan pori-pori, dan mensterilkan. Dewasa ini, serai sering digunakan sebagai campuran kosmetika alami.

6. Meningkatkan KekebalanTubuh

Serai yang kecil mengandung zat gizi sangat lengkap. Hal ini berarti serai dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Kandungan serai, antara lain:

  • Vitamin A
  • Potassium
  • Vitamin B1,B2 (riboflavin), B3 (Niasin), B5 (asam pantotenat), B6, dan folat
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Vitamin C
  • Posfor
  • Mangan
  • Tembaga
  • Seng

7. Mengatasi Diabetes Tipe2

Diabetes tipe 2 sering disebut juga diabetes mellitus,di mana kadar gula dalam darah sangat tinggi. Konsumsi serai dapat mengatasi perkembangan penyakit diabetes tipe 2 karena mengandunganti hiperlipidemia, yang membuat seseorang kurang nafsu makannya.

Bahkan, diyakini pula bahwa serai dapat mengurangi HDL atau kolesterol jahat dalam darah dan cocok bagi Anda yang sedang diet.

8. Aroma Terapi

Aroma serai yang wangi sangat tidak disukai nyamuk tetapi disukai manusia. Wangi serai banyak digunakan sebagai aroma terapi untuk menghilangkan kecemasan dan anti stress.

9. Mengatasi Kanker

Cara mengatasi kanker tanpa operasi pengangkatan dan kemoterapi sangat dicari. Anda dapat menyarankan serai sebagai obat alami kepada penderita kanker.

Riset TimUniversity Gurion di Israel menyebutkan bahwa sel berkhasiat untuk berbagai jenis kanker, seperti kanker kulit, kanker hati, dan kanker payudara. Lebih lanjut disebutkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung zat antioksidan yang mengatasi kanker tanpa mempengaruhi sel sehat.

Lebih baik menggunakan serai saat stadium kanker awal karena menghambat perkembangan sel kanker dan mencegah terbentuknya sel kanker baru.

Cara Memperoleh Manfaat Serai

Pada intinya, cara memperoleh manfaat serai adalah mengolahnya menjadi minuman atau diolekan di permukaan kulit. Cara membuatnya mudah, sesuai penjelasan berikut.

1. Rebuslah 100 gram serai dengan 2 gelas air selama 15 menit atau air tinggal setengah. Agar rasanya lebih segar, Anda dapat mencampurkannya dengan gula aren. Untuk mencegah kanker dan memperlancar haid,air rebusan dapat diminum setengah gelas dua sampai tiga kali sehari. Ramuan ini juga dapat digunakan dalam rangka detoksifikasi.

2. Merebus 10 lembar daun salam dan 2 batang serai dengan cara sama dengan di atas diyakini mengatasi asam urat.

3. Serai 1 batang dan beberapa lembar jeruk nipis juga dapat direbus dan diminum airnya. Rebusan ini mengatasi rematik.

4. Untuk mengatasi batuk dan infeksi lain Anda dapat merebus campuran satu batang serai, 1 jempol jahe bakar, Ā½ jari kayu manis,7 biji cengkeh, 7 biji kapulaga,dan 4 gelas air. Tidak lupa agar rasanya lebih enak dapat ditambah sedikit garam dan gula aren.

Ternyata cukup banyak manfaat serai,mulai dari mengusir nyamuk hingga mengatasi kanker. Cara pengolahannya juga mudah. Namun,harus diperhatikan bahwa ibu hamil dan menyusui, serta orang yang mengalami gangguan hati dan ginjal tetap harus hati-hati meski ini obat alami.

Baca juga : Manfaat buah anggur bagi kesehatan tubuh yang wajib kamu ketahui

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!