Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh Apa Saja Ya?

Zat besi merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Fungsi utama zat besi di dalam tuguh adalah sebagai salah satu komponen penyusun darah yang bertugas mengikat oksigen. Selain itu ada beberapa manfaat zat besi lainnya yang wajib kamu tahu, beberapa diantaranya adalah :

Manfaat Zat Besi Membantu Pembentukan Darah

Zat besi di dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan hemoglobin. Hemoglobin merupakan salah satu jenis protein yang terkandung di dalam sel darah merah. Fungsi nya tak lain adalah sebagai pengikat oksigen dari paru-paru yang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Selain itu, hemoglobin juga lah yang mengikat karbon dioksida dari seluruh tubuh untuk dibawa kembali ke paru-paru.

1. Manfaat Zat Besi untuk Meningkatkan Fungsi Otot

Selain dalam darah, keberadaan zat besi pada tubuh manusia juga berperan dalam menjaga kesehatan otot. Zat besi yang terkandung di dalam otot berperan menyediakan asupan oksigen yang cukup. Adanya zat besi di dalam otot pun akan menjaga elastisitas otot.

2. Manfaat Zat Besi untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Otak menggunakan sekitar 20% oksigen dalam tubuh untuk dapat bekerja dengan baik. Maka, keberadaan zat besi pun secara tidak langsung berkaitan erat dengan kesehatan otak. Tercukupinya jumlah zat besi dalam tubuh akan mengoptimalkan pasokan oksigen ke otak. Dengan tercukupinya pasokan oksigen dalam otak, maka jalur syaraf baru pun dapat terbentuk. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit pada otak seperti demensia dan Alzheimer.

3. Manfaat Zat Besi untuk Mengatur Suhu Tubuh

Zat besi juga berperan penting dalam memfasilitasi pengaturan suhu tubuh. Hal ini dikarenakan zat besi dapat mengatir dirinya sendiri sesuai dengan kapasitas penyerapan yang dimiliki tubuh. Dengan suhu tubuh yang stabil, fungsi enzimatik serta metabolism tubuh akan berfungsi secara optimal.

4. Mencagah dan Mengobati Anemia

Siapa yang tak kenal dengan istilah anemia. Penyakit yang diderita hampir seluruh wanita ini disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Sehingga penyebaran oksigen ke seluruh tubuh pun menjadi tidak optimal.

Beberapa gejala yang sangat identic dengan penyakt anemia sering dikenal dengan istilah 5L. Lelah, letih, lesu, lemah dan lunglai merupakan gejala utamanya. Hal ini tentu sangat menganggu aktivitas seseorang dan dapat menurunkan produktivitasnya.

Dalam hal ini, asupan zat besi yang cukup dapat membantu mengobati anemia dengan mengoptimalkan pembentukan sel darah merah. Apabila anemia sudah tertangani, konsumsi zat besi dalam jumlah cukup pun dapat mencegah terjadinya anemia lagi.

5. Manfaat Zat Besi untuk Meningkatkan Konsentrasi

Asupan zat besi dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan kerja kognitif dan meningkatkan konsentrasi. Hal ini dikarenakan zat besi yang cukup dapat mengoptimalkan asupan oksigen ke dalam otak.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Zat besi ternyata juga berperan aktif dalam memperkuat sisitem kekebalan tubuh. Konsumsi zat besi dalam jumlah cukup akan menjadikan tubuh tidak mudah terkena penyakit. Selain itu zat besi juga merupakan komponen penting dalam pembentukan enzim tertentu.

7. Seberapa Banyak Kebutuhan Zat Besi Tubuh?

Walaupun zat besi memberikan segudang manfaat bagi tubuh, tetapi sebenarnya tubuh tidak memerlukannya dalam jumlah yang banyak. Berdasarkan tabel angka kecukupan gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan zat besi pada orang dewasa adalah sebanyak 13 mg per hari untuk pria dan 26 mg per hari untuk wanita. Bagi ibu hamil dan menyusui kebutuhannya meningkat menjadi 39 mg per hari.

Kebutuhan zat besi pada wanita lebih banyak dikarenakan wanita kehilangan darah secara rutin setiap bulannya. Hal ini pula yang menyebabkan kejadian anemia lebih banyak terjadi pada wanita.

Nah, itu tadi beberapa manfaat zat besi bagi tubuh serta berapa jumlah zat besi yang harus dikonsumsi setiap harinya. Kamu dapat memenuhi kebutuhan zat besi dari beberapa jenis bahan pangan seperti sayuran hijau, jenis serealia dan produk hewani seperti daging dan susu. Atau, jika dirasa masih kurang, kamu bisa mengkonsumsi suplemen zat besi yang bisa didapatkan di apotik.

Baca juga : Kesehatan ibu hamil menggunakan air kelapa muda

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

1 Comment

Comments are closed.

error: Content is protected !!