Masak Tanpa Ribet, Siapa Takut!

Ribet, repot dan lamanya waktu yang digunakan untuk memasak sering kali menakutkan bagi sebagian besar orang. Apalagi bagi mereka yang dituntut harus terjun ke dapur demi menyediakan makanan bagi keluarganya. Biasanya, ini terjadi di kalangan ibu muda yang dahulu ketika masih sendiri tak pernah sekalipun menyentuh area dapur. Namun, di jaman sekarang ini masak tanpa ribet itu ga mustahil kok!

Eits, jangan berfikir kalau ga ribet masakannya jadi ga enak ya! Tetap bisa seenak masakan yang dimasak pake ribet! Mau tahu gimana caranya? Yuk simak!

Masak tanpa ribet pakai food preparation

Food preparation atau sering emak-emak kekinian bilang food prep ini adalah suatu metode mempersiapkan bahan makanan hingga siap digunakan. Kegiatan ini bisa dilakukan mulai dari persiapan bumbu, sayur hingga bahan-bahan sumber protein seperti daging sapi, daging ayam dan ikan.

Kegiatan yang dilakukan saat food prep pun tidak sulit, karena hanya mencakup kegiatan yang basanya dilakukan ketika memasak. Waktunya pun dapat disesuaikan dengan waktu luang, seperti misalnya ketika weekend.

Melakukan food prep terbukti dapat menghemat waktu dan tenaga ketika memasak setiap hari. Apalagi bagi ibu-ibu yang bekerja, tetapi tetap ingin menyediakan makanan buatannya untuk keluarga.

Apa yang Dibutuhkan dalam Food Preparation?

Ketika melakukan food preparation, ada beberapa alat yang dibutuhkan. Tenang! Alat nya bakalan gampang kok ditemukan di dapur. Beberapa alat yang perlu dipersiapkan adalah pisau, talenan atau papan potong, baskom, cobek atau blender, food container atau wadah dengan tutup untuk menyimpan bahan makanan.

Memulai Food Preparation

Saatnya memulai food preparation! Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memulai food preparation, diantaranya:

  • Sebelum berbelanja, cobalah untuk membuat rencana menu beberapa hari ke depan

Memang hal ini tidak wajib dilakukan. Namun, dengan membuat rencana menu empat sampai tujuh hari ke depan akan memudahkan ketika menghitung seberapa banyak bahan makanan yang harus dibeli.

  • Sebelum memulai, cucilah tangan dengan sabun

Sikap higienis tentu perlu sekali dilakukan ketika akan melakukan food prep. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalkan terjadinya kontaminasi terhadap bahan pangan. Sangat dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum melakukan nya

  • Cuci juga seluruh bahan makanan

Agar terbebas dari kotoran dan debu, cucilah seluruh bahan makanan sebelum disimpan menggunakan air yang mengalir. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghilangkan berbagai macam zat kimia berbahaya seperti pestisida yang menempel

  • Keringkan semua bahan

Pastikan untuk mengeringkan semua bahan makanan yang sudah dicuci sebelum disimpan. Sebaiknya, jangan menyimpan bahan makanan dalam kondisi basah karena akan menjadikannya mudah busuk dan berjamur.

  • Hindari kontaminasi silang

Ada banyak sekali bahan makanan yang disiapkan ketika melakukan food prep. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya kontaminasi silang antar bahan makanan, terutama dari bahan makanan hewani ke sayur-sayuran.

Jauhkan bahan makanan hewani dengan sayur-sayuran ketika mencuci. Sebaiknya, alat potongnya pun dibedakan. Namun, jika hal tersebut tidak memungkinkan bisa juga dengan mencuci alat tersebut sebelum digunakan untuk memotong bahan lainnya.

  • Simpan dengan benar

Jika semua bahan sudah dibersihkan, maka langkah terakhir adalah menyimpannya. Sebaiknya, sediakan food container atau wadah dengan tutup sebanyak bahan makanan yang dibeli. Hindarkan menyimpan dua atau lebih bahan makanan dalam satu wadah untuk menghindari kontaminasi.

Lebih baik lagi jika dapat menyimpan bahan makanan sesuai dengan jumlah yang akan dimasak per harinya, terutama bagi bahan makanan yang akan disimpan dalam freezer. Tujuannya agar kualitas bahan makanan yeyap terjaga.

Nah, itu tadi beberapa hal penting mengenai food preparation. Dengan melakukannya, kamu bisa masak tanpa ribet. Pastinya bakalan menghemat waktu dan tenaga juga!

Jadi, masak tanpa ribet? Siapa takut!

Baca juga : Kelebihan vitamin c bisa bikin nyawa melayan loh!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!