Me Time Bagi Wanita, Apakah Seharusnya Dilakukan?

Wanita,apa saja profesi yang dijalani dapat dikategorikan sangat sibuk. Terkadang merasa bahwa waktu 24 jam sangat kurang. Apalagi jika Anda termasuk wanita dengan multi peran, ibu rumah tangga, wanita bekerja di luar rumah, dan tokoh masyarakat. Ketiganya harus dijalankan seimbang. Me time menjadi sesuatu yang langka. Anda merasa bersalah jika melakukannya atau tidak ada waktu dan biaya.

Pengertian Me Time

Sebelum membahas lebih jauh tentang waktu untuk diri sendiri, sebaiknya Anda menyamakan persepsi dan definisi. Waktu untuk sendiri sering dianggap sebagai waktu luang.

Me time didefinisikan sebagai waktu khusus yang digunakan wanita untuk menyendiri, menyenangkan diri sendiri, dan melepaskan rutinitas sehari-hari. Bagi wanita bekerja, melepas diri dari kegiatan kantor yang menjenuhkan dan bagi ibu rumah tangga melepaskan diri dari kegiatan mengurus rumah tangga dan anak-anak.

Sebenarnya setiap orang mempunyai rata-rata waktu 1 sampai 2 jam untuk menyendiri seperti disebutkan di atas, termasuk wanita.

Manfaat Me Time

Perlukah? wanita mempunyai waktu luang dan menggunakannya untuk menyenangkan diri sejenak. Rasanya, pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan mengetahui manfaatnya, di bawah ini.

1. Meningkatkan Kebahagiaan

Ketika Anda memutuskan untuk rehat sejenak bukan berarti Anda tidak bahagia dengan kehiduan yang dijalani. Anda hanya membutuhkan sedikit pengalihan waktu untuk keluar dari rutinitas. Hal ini justru meningkatkan kebahagiaan.

Ibu yang selalu penuh emosi akan hilang jika dapat mengatur waktu dengan baik dan menyediakan waktu luang untuk diri sendiri. Kebahagiaan akan meningkat.

2. Membuat Energi Kembali Penuh

Ibarat baterai pada telepon pintar yang discharge, Anda juga demikian. Mengisi waktu luang sejenak dengan menyenangkan diri membuat energi kembali penuh. Anda akan siap kembali bekerja dengan motivasi tinggi dan siap bertemu anak-anak dengan ceria.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Ada saat-saat Anda jenuh dan kehilangan konsentrasi. Isftirahat beberapa saat akan membantu meningkatkannya. Mengapa demikian? Karena pada saat istirahat, otak ikut istirahat. Ketegangan yang sebelumnya memuncak akan lebih terkendali. Pada saat Anda kembali ke dunia nyata, konsentrasi akan meningkat.

4. Mengurangi Stres

Hidup di saat ini semakin terasa sulit bagi sebagian orang. Tekanan hiduo meningkat, bahkan bagi ibu rumah tangga. Tekanan yang diterima ibu rumah tangga, misalnya merasa rumah harus bersih dan anak-anak tidak nakal.

Padahal, namanya anak apalagi di usia balita belum memahamai hal yang dinginkan orang tua. Akibatnya, banyak wanita stress dan anak menjadi sasaran kemarahan yang paling dekat dan mudah.

Berdiam diri sejenak saat akan marah, seperti masuk kamar selama beberapa menit akan membantu mengurangi tekanan yang dirasakan.

5. Meningkatkan Produktivitas

Prsoduktif berbeda dengan sibuk. Anda yang dapat mengatur waktu dengan baik akan mempunyai banyak waktu luang, sementara sibuk adalah definisi kebalikannya.

Saat Anda sedang menyendiri mungkin saja akan banyak ide kreatif muncul. Dari sini hidup Anda akan lebih bermanfaat karena produktivitas yang tinggi.

6. Meningkatkan Hubungan

Hubungan yang datar atau sedang tidak baik akan berubah setelah berpisah sejenak dan berpikir. Ini dapat terjadi pada Anda yang sedang marah dan masuk kamar seperti kisah di atas. Begitu pula hubungan antara suami dan isteri, atau hubungan teman dengan teman yang berbeda jenis..

Cara Me Time yang Dapat Mudah Anda Lakukan

Banyak orang mengira menyendiri untuk sejenak melepaskan beban membutuhkan waktu banyak dan dana yang tidak sedikit. Padahal, waktu untuk diri sendiri tidak demikian. Pemikiran yang salah tersebut akan membuat rasa bersalah timbul pada keluargayang ditinggalkan.

Waktu untuk sendiri tidak harus jauh, berhari-hari, dan menghabiskan banyak dana. Caranya mudah dan mungkin tanpa Anda sadari sudah sering dilakukan.

  1. Mandi
  2. Tidur siang
  3. Membaca buku favorit
  4. Kongkow dengan teman lama
  5. Menonton televisi
  6. Bermain gawai

Jika Anda sudah merasa jenuh, ide tidak muncul-muncul, emosi mudah meluap artinya Anda perlu me time.

Baca juga : Bangga menjadi ibu rumah tangga, mengapa tidak?

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!