Melahirkan Normal Tanpa Jahitan, Apakah Bisa Ya?

Memiliki buah hati memang merupakan sebuah anugerah terinfah bagi para orang tua, terutama bagi ibunda. Banyak bunda pun memimpikan ubtuk dapat melahitkan anaknya dengan normal tanpa operasi. Melahirkan normal memang jadi impian para bunda kan?

Namun, banyak bunda juga merasa takut dengan prosesi persalinan. Rasa sakit luarbiasa, ditambah dengan bayang-bayang robeknya bagian perenium atau darerah antara lubang vagina dengan lubang anus saat mengejan membuat nyali bunda menjadi ciut.

Sebenarnya, dalam persalinan normalarea perineum mampu meregang ketika bayi keluar. Meski demikian, perineum juga berisikomengalami robek akibat mengejan terlalu kencang ataupun karena daerah tersebut kurang elastis. Oleh karena itu, terkadangdibutuhkan tindakan episiotomi atau pengguntingan perineum untuk memudahkan bayi lahir, serta untuk mencegah robekan pada perineum ke arah anus.

Melahirkan normal tanpa jahitan

Sebenarnya, tidak semua perineum yang robek saat melahirkan perlu dijahit kok bun. Jahitan hanya diperlukan jika robekan perineum cukup dalam dan luas hingga mengenai jaringan otot, dinding vagina, saluran kemih, atau hingga mencapai anus.

Ada beberapa langkah yang bisa bunda lakukan agar dapat melahirkan normaltanpa jahitan, yaitu:

1. Menerapkan pola hidup sehat selama hamil

Terapkan pola makan yang sehat selama hamil dan lengkapi dengan olahraga, seperti senam hamil atau yoga untuk ibu hamil, agar tubuh lebih kuat. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga area yang digunakan sebagai jalan lahir menjadi lebih elastis dan dapat meregang dengan baik dan optimal.

2. Melakukan pijat perineum

Pijat perineum dapat dimulai ketika kehamilan berusia 34 minggu, dan cara ini telah teruji efektif mencegah terjadinya robek perineum saat melahirkan normal. Lakukanlah pijat perineum setiap hari selama 5 menit agar mendapatkan hasil yang optimal.

Gerakan memijat pada jaringan di sekitar vagina akan membuatnya lebih fleksibel, sehingga dapat memperbesar kemungkinan melahirkan normaltanpa jahitan. Bunda bisa melakukan pijatan ini sendiri dengan bantuan kaca ataupun dapat dilakukan bersama ayah. Apabila tidak sempat, bunda bisa meminta bantuan bidan ataubperawat saat melakukan kontrol rutin.

3. Memberikan kompres hangat pada perineum

Suhu hangat akan membuat aliran darah meningkat dan melemaskan otot sekitar perineum.bunda bisa melakukan kompres hangat dengan menempatkan handuk atau kain yang dibasahi dengan air hangat di sekitar perineum, pada waktu sebelum melahirkan.

Agar area perwnium tetap elastis selama melahirkan, bunda bisa minta seseorang untuk menekan bagian perineum dengan handuk hangat. Hal ini akan membantu mempertahankan elastisitas perenium sehingga mengecilkan risiko robek ketika kepala bayi terdorong keluar dari jalan lahir.

4. Mengatur regangan otot jalan lahir

Pada waktu persalinan, dokter atau bidan akan memberikan aba-aba kapan bunda harus mengejan. Ketika kepala bayi sudah mulai tampak, biasanya bunda akan diminta berhenti mengejan untuk sejenak beristirahat dan mengatur napas. Sebaiknya, bunda terus mengikutininteruksi tersebut ya.

Dengan mengikuti interuksi dari bidan atau dokter tersebut, bunda dapat menghindari robek perenium. Hal ini dikarrnakan saat bunda beristirahat dan bernapas, kepala bayi akan keluar dengan perlahan, sehingga otot dan kulit perineum dapat meregang tanpa robek. Oleh karena itu, ikutilah selalu apa yang dikatakan bidan atau dokter ya bun.

Itulah beberapa tips melahirkan normal tanpa jahitan yang harus dilakukan sedini mungkin, sejak usia kandungan yang masih muda. Diawali dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan olahraga ringan dengan rutin. Selanjutnya berbagai hal seperti pijat perenium dan kompres handuk hangat, dapat selalu bunda konsultasikan dengan dokter ataupun bidan kepercayaan bunda ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Perawatan pasca melahirkan yang bisa anda coba!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!