Membasmi Kutu Rambut Dari Asalnya Agar Tak Datang Lagi

Kesehatan rambut ditandai dengan kondisi kelembapan yang terjaga, bebas dari ketombe dan juga bebas dari kutu tentunya. Kutu rambut merupakan masalah rambut yang sedikit menjijikkan bagi banyak orang. Dengan alasan itulah membasmi kutu rambut hingga tuntas perlu dilakukan.

Rahasia Membasmi Kutu Rambut Dengan Cepat

Rasa gatal yang ditimbulkan kutu mengganggu penampilan sempurnamu. Kutu rambut bisa datang dari mana saja. Bahkan penularan kutu rambut bisa terjadi dalam waktu satu malam. Untuk itulah, jika kamu ingin membasmi kutu rambut sebaiknya perhatikan dahulu darimana kutu rambutmu berasal.

Selain dari kutu rambut yang kamu bayangkan, ada pula telur-telur kecil kutu rambut yang juga tak kalah gatalnya. Telur tersebut bahkan jika dalam kondisi yang parah akan Nampak berwarna putih di rambut seseorang.

Tak perlu khawatir dan risau. Kutu rambut bukanlah hewan yang tidak dapat dibasmi. Untuk ituah, di bawah ini akan diberikan beberapa cara untuk membasmi kutu rambut di kepalamu agar tak datang lagi.

1. Menggunakan Sisir Kutu

Sisir kutu bisa kamu temukan di berbagai macam toko dan tempat. Bentuk dari sisir ini memiliki gigi yang rapat sehingga benda apapun yang kecil dan menempel pada rambut bisa dikeluarkan.

Untuk hasil maksimal dan kutu tidak datang lagi, gunakan sisir kutu ini setiap 2 kali sehari. Setelah gejala gatal mereda kamu harus pastikan lagi dengan mengecek kondisi kulit kepala. Minta bantuan teman untuk melihatnya.

2. Minyak Zaitun

Fungsi minyak zaitun dalam bidang kecantikan sangat banyak sekali. Dalam proses menghilangkan kutu kamu bisa menggunakan minyak ini sebagai masker rambut. Usapkan minyak zaitun ke kulit kepala.

Setelah memijatkan minyak zaitun hingga merata, tutup kepala menggunakan penutup rambut selama 5 jam atau bahkan dibawa tidur malam. Bilaslah menggunakan air bersih di pagi hari.

3. Minyak Kemiri

Minyak kemiri yang memang bagus digunakan untuk rambut juga bisa membasmi kutu. Sama dengan minyak zaitun yang penggunaannya dipakai sebagai masker, kamu bisa mengaplikasikannya di rambutmu.

4. Obat Kutu

Cara paling ampuh membasmi kutu rambut adalah dengan menggunakan obat kutu itu sendiri. Untuk mendapatkan obat kutu, kamu bisa membelinya di apotik terdekat. Banyak jenis obat kutu yang ampuh dan aman untuk mengusir kutu.

5. Kopi

Bahan dapur yang satu ini sudah pasti tersedia selalu di lemari dapur. Untuk menggunakannya sangat mudah sekali. Kamu bisa menggunakan ampas kopi sebagai masker selama 2 jam.

Jangan lupa untuk membungkus rambut dengan penutup kepala agar butiran bubuk kopi tidak membuat berantakan. Setelah dirasa cukup, bilas kopi di rambut dengan menggunakan air bersih hingga hilang semua butiran kopinya.

Menjaga kebersihan rambut yang benar akan membuat kutu di rambutmu tidak betah dan hilang dengan sendirinya. Namun penularan kutu yang amat mudah, akhirnya bisa menjadi faktor dimana kutu rambut datang kembali tanpa disadari sebelumnya.

Hindari untuk tidur beramai-ramai ketika ingin kutu bisa hilang dengan sendirinya. Selain itu juga telur kutu yang amat kecil sulit dibasmi kecuali dengan mengambilnya secara langsung menggunakan tangan dan bantuan orang lain.

Mungkin akan memalukan jika mengatakan bahwa kamu memiliki kutu pada teman. Namun ada baiknya jika kamu jujur dan meminta temanmu ikut membantu membasmi kutu rambut jika tak kunjung hilang. Jaga terus penampilanmu termasuk juga rambut indahmu agar terbebas dari kutu.

Baca juga : Sunscreen wajah, wajib atau dipakai jika perlu saja?

You May Also Like

About the Author: Sari Asmiatin

error: Content is protected !!