Membersihkan Kaca Agar Selalu Kinclong Sepanjang Waktu

Kaca sepertinya sudah jadi bagian penting dari kehidupan manusia. Rasanya, hampir setiap saat dalam kehidupan, kita selalu bertemu dengan benda yang satu ini. Benda yang mampu menghasilkan bayangan ini pun punya banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Oleh karena itulah, kita perlu tahu soal cara membersihkan kaca dengan baik dan benar agar kaca yang ada di sekitar kita tetap kinclong dan berfungsi dengan baik.

Cara membersihkan kaca dengan benar

Kaca memang sudah jadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Coba deh lihat area di sekitarmu, bisakah kamu menemukan kaca?

Yap, benda yang mampu memantulkan bayangan ini banyak sekali ada di sekitar kita. Apalagi bagi kaum hawa yang setiap hari memandang bayangan dirinya di dalam kaca. Setidaknya sekali dalam sehari. Ya kan?

Nah, membersihkan benda berkilau yang satu ini ternyata tak bisa dilakukan sembarangan lho! Kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar kaca yang kamu miliki tetap kinclong dan berfungsi dengan baik.

1. Jangan bersihkan saat terik

Kebanyakan orang berpikir akan lebih efektif membersihkan kaca saat siang hari dimana cahaya matahari sedang sangat terang dan terik. Namun, tahukah kamu bahwa hal ini tidak dibenarkan?

Membersihkan kaca saat matahari sedang bersinar terang sebenarnya justru akan merugikan mu. Pasalnya, saat matahari sedang bersinar terang, otomatis suhu udara pun akan menjadi panas. Panas tersebut dapat membuat air sabun yang kamu gunakan untuk membersihkan kaca pun menjadi cepat kering.

Jika kamu tidak cepat-cepat membersihkan air sabun dan terlanjur mengering, bukan kaca bersih yang kamu dapatkan. Namun justru noda pada kaca akan semakin bertambah. Noda sabun yang telah menempel pada kaca cukup sulit dipersihkan lho guys!

Jadi, sangat disarankan untuk membersihkannya saat suasana sedang tidak terlalu panas. Kamu bisa melakukannya pada pagi ataupun sore hari ya!

2. Lakukan dengan usapan satu arah

Sering kaliseaeorang akan mengusap kaca bolak balik untuk membersihkannya. Tahukah kamu bahwa hal tersebut tidak dibenarkan?

Membersihkan kaca dengan usapan satu arah akan meringankan pekerjaan mu. Dengan melakukan usapan satu arah, kotoran yang ada pada satu bagian kaca tidak akan kembali menempel pada bagian tersebut kembali.

Berbeda dengan saat melakukannya dengan gerakan bolak balik yang akan kembali membawa kotoran menempel di permukaan kaca.Selain itu, melakukan usapan satu arah akan meminimalkan goresan pada permukaan kaca.

3. Pilih alat pembersih yang tepat

Pemilihan alat pembersih yang tepat juga menentukankebersihan kaca mu. Ada beberapa alat yang efektif untuk membersihkan kaca dan dapat kamu gunakan lho!Tentu saja penggunaan alat yang berbeda akan menghasilkan hasil akhir yang berbeda pula.

  • Wiper

Alat yang satu ini memang dikhususkan untuk membersihkan benda berkilau ini. Bentuk nya yangpipih dan memanjang sangat efektif untuk membersihkan kaca dari berbagai macam kotoran. Selain itu, biasanya wiper dilengkapi bantalan karet di ujungnya untuk melindungi permukaan kaca dari goresan.

  • Kertas koran

Kertas koran memang sudah sejak lama diketahui ampuh sebagai alat pembersih kaca. Hasil akhir nya pun sangat memuaskan karena sangat bersih dan menjadikan kaca tetap kinclong seperti sedia kala.

  • Cotton bud

Nah, kalau yang ini khusus digunakan untuk membersihkan sudut-sudut kaca yang sulit dijangkau. Sering kali, kita kesulitan untuk menjangkau sudut-sudut kaca dengan menggunakan wiper ataupun kertas koran. Maka menggunakan cotton bud menjadi solusinya.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui untuk membersihkan kaca. Dengan memerapkan cara yang benar, kaca pun akan selalu indah dan menyenangkan untuk dipandang.

Baca juga : Membersihkan kerak lantai dengan thiner, bisakah?

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!