Membuat Pupuk Organik, Berikut ini 5 Cara Mudahnya!

Pupuk organik lambat laun mulai tergeser oleh pupuk kimia. Pupuk organik sendiri sebenarnya lebih aman dgunakan ketimbang pupuk kimia. Namun, ketersediaan pupuk organik ini sangat jarang sehingga petani lebih memilih pupuk kimia untuk merawat tanamannya. Tugas kalian sebagai generasi yang mampu menyediakan hasil pangan yang baik adalah membuat pupuk organik untuk kebutuhan tanamanmu.

Nah, bagi kalian yang sadar betul akan penurunan kualitas tanah dan akibat yang ditimbulkan dari seringnya penggunaan pupuk kimia sebaiknya melakukan perubahan segera. Bertani tidak harus tua kok, kalian yang muda juga perlu bertani agar dapat melangsungkan negara ini menjadi neegara agraris. Jadi, jiwa muda seperti kalian ini yang diharapkan dapat mengubah penggunaan pupuk kimia menjadi pupuk organik.

Ya, mungkin orang kota bilang “Susah bikin pupuk organik, kan kita nggak punya hewan ternak yang kotorannya bisa dijadikan pupuk” tak melulu soal kotoran kok, pupuk organik bisa dibuat dari beberapa bahan.

Bahan – bahan yang Dapat Digunakan untuk Membuat Pupuk Organik

Meracik pupuk organik secara mandiri tak sulit loh guys! Tak harus berasal dari kotoran hewan, berikut adalah contoh bahan yang bisa kalian gunakan untuk membuat pupuk ini!

1. Kotoran ternak mamalia

Hewan mamalia seperti kambing, kerbau dan sapi adalah bahan yang paling bagus untuk membuat pupuk organik. Sebab, hewan ternak diatas mengkonsumsi rumput yang merupakan tumbuhan hijau yang alami, sehingga jika digunakan untuk pupuk sangatlah baik.

2. Kotoran ternak unggas

Meskipun kotoran ternak unggas memiliki kualitas di bawah kotoran hewan pemakan rumput, tapi jenis ini juga bisa digunakan sebagai bahan membuat pupuk.

3. Sampah organik

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari tumbuhan seperti daun dan tanaman busuk. Nah, jenis ini sangatlah ampuh dijadikan pupuk organik sebab benar – benar alami. Pupuk ini sangat cocok di produksi oleh ibu rumah tangga. Dari pada sampah daun hanya dibakar, sebaiknya diolah menjadi pupuk.

Itulah tiga bahan yang dapat kalian jadikan pupuk organik. Sekarang bagaimana cara membuatnya? Mudah saja kok!

Cara Membuat Pupuk Organik

Bagi kalian yang hendak praktikmeracik pupuk organik, sebaiknya pahami langkah – langkah berikut ini.

1. Pupuk dari bahan kotoran unggas dan mamalia

Nah, untuk meracik pupuk organik dari bahan ini, kalian harus engolahnya terlebih dahulu loh! Tidak serta merta memberikannya pada tanaman. Bagaimana caranya?

  • Peram kotoran

Setelah kotoran dikumpulkan, langkah pertama adalah memeramnya. Jika jumlanya sedikit kalian bisa memeramnya di dalam drum, namun jika julahnya banyak sebaiknya buatlah kubangan yang cukup lebar! Diamkan kotoran tersebut selama kurang lebih satu minggu.

  • Tutup

Agar proses pemeraman cepat, sebaiknya tutup kubangan atau drum yang kalian gunakan untuk memerah.

  • Campur menggunakan tanah

Saat akan menggunakannya sebagai pupuk, sebaiknya kotoran yang sudah dipertam dicampur dengan sedikit tanah sehingga teksturnya tidak terlalu cair. Setelahnya, pupuk baru siap digunakan pada tanaman.

2. Pupuk dari sampah daun

Saat menyapu pekarangan seringkali ibu – ibu membakar sampahnya. Padahal, sampah ini bisa dijadikan pupuk loh, lantas bagaimana caranya meracik pupuk organik dari bekas bakaran sampah ini?

  • Kumpulkan sampah daun
  • Letakkan pada drum atau tong
  • Beri sedikit air dan biarkan sampai busuk

Atau dengan cara berikut :

  • Kumpulkan sampah daun
  • Buatlah kubangan
  • Kubur sampah daun dan galilah setelah kurang lebih satu bulan, kubangan itu akan berubah menjadi bank pupuk.

Bagaimana guys, mudah bukan cara membuat pupuk organik? Yuk beralih ke yang alami, agar bumi terselamatkan dari polusi kimia! Salam cerdas!

Baca juga : Tanaman hias untuk kantong terbatas serta cara merawatnya

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!