Mendongkrak Semangat Belajar Anak, ini 5 Langkah Mudahnya!

Hai bunda kece? Siapa nih, diantara bunda yang terlampau sering ngomelin anaknya gara – gara anak malas belajar? Mungkin sudah kodratnya kali ya, kalo emak – emak itu cerewet sama anaknya. Udah cerewet, tak digubris pulak! Emh, pastinya sia – sia banget ya Bun? Udah deh, sekarang coba berhenti ngomel. Toh dengan Bunda ngomel tak lantas merubah keadaan si anak yang malas belajar. Sekarang, saatnya Bunda cari kiat mendongkrak semangat belajar anak.

Bagaimana cara mendongkraknya? Tentunya bukan dengan omelan – omelan tak berfaidah yah Bun. Sebab, terlalu sering mengomel justru dianggap remeh sama anak. Jadi, gimana nih cara mendongkraknya?

Cara Mendongkrak Semangat Belajar Anak Menggunakan Metode yang Asyik

1. Beri contoh

Anak – anak sebenarnya belajar pertama kali dengan mencontoh orang – orang di sekitarnya. Jadi, Bunda harus memberi contoh pada anak Bunda. Misalkan ingin anak gemar membaca, paling tidak di sekitar rumahnya ada sosok yang suka membaca pula.

2. Beri pujian

Saat anak mulai mau belajar meskipun sebentar, coba Bunda beri pujian. Hal ini agar dia merasa diperdulikan serta memposisikan dia sebagai figur yang bertanggung jawab. Dengan pujian juga membuat anak merasa senang.

3. Beri hadiah

Nah, cara yang satu ini ampuh banget untuk mendongkrak semangat belajar anak. Dengan memberi hadiah, anak merasa dihargai jerih payahnya. Apalagi saat mereka berprestasi, Memberi hadiah sangat penting dilakuakan.

4. Jangan bandingkan

Agar semangat belajar terdongkrak, jangan sekali – sekali Bunda membandingkan prestasinya dengan anak lain. Sekalipun anak Bunda lebih hebat ataupun lebih rendah prestasinya. Saat anak Bunda dibandingkan dengan anak yang lebih berprestasi, maka Bunda sudah membunuh semangat keberaniannya. Sebaliknya, jika

Bunda membandingkan dengan anak yang lebih rendah prestasinya, maka anak berpotensi untuk menjadikan anak sombong.

5. Libatkan dalam perlombaan

Saat ada kompetisi, coba bunda merayunya agar anak mau mengikutinya. Dengan demikian, Bunda melatih keberanian anak. Selain itu, saat anak diikutkan dalam kompetisi dia akan belajar menanamkan tanggung jawab agar lebih semangat belajar.

Cukup mudah ya Bun? Eits tapi jangan dianggap mudah ya! akan terasa berat jika tidak dipraktekkan. Maka, poin terpenting adalah prakteknya. Seapik apapun Bunda mempersiapkannya tanpa praktek yang kontinue dan konsisten maka tidak akan berjalan juga.

Medongkrak Semangat Belajar Anak dengan Konsisten

Agar semangat belajar anak konsisten, maka Bunda perlu melakukan hal ini!

1. Kontrak dengan ayah, kakak, nenek atau anggota keluarga lainnya

Yang pertama adalah melakukan metode kontrak. Lantas kontrak yang seperti apa? Kontrak atau perjanjian, jika salah satu anggota keluarga harus kompak melaksanakan metode yang sedang diterapkan. Maka, jika anak mulai melenceng dari harapan seluruh anggota keluarga secara serentak memberikan dorongan dan semangat.

2. Bergantian tugas

Anak tentunya bosan jika harus beelajar pada satu sumber, maka dari itu Bunda perlu bergantian tugas dengan anggota keluarga lain. Dengan ditemani belajar oleh lain orang, maka suasananya akan berbeda. Nah, suasana ini akan mencegah bosan pada anak.

3. Suasana belajar yang asyik

Tidak harus melulu mengerjakan ribuan soal, belajar juga bisa dilakukan degan metode yang asyik. Yaitu dengan konsep bermain. Metode ini cocok untuk anak usia TK-SD.

Bagaimana Bunda? Sudah siap dongkrak semangat belajar anak? Yuk persiapkan langkah di atas dan aplikasikan secara konsisten. Agar anak Bunda jadi juara serta berkarakter. Bukankan ini impian Bunda? Jadi, berhentilah memberi nasehat tanpa faidah ya! tapi, beri contoh action yang tepat! Selamat mencoba Bunda ku …!

Baca juga : Mengobati rasa malas perlu dilakukan, berikut alasannya!

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!