Mengenal Fungsi VPN Dan Bagaimana Cara serta Prinsip Kerjanya

Pernahkah kamu mendengar VPN? Jika kamu sudah pernah mendengarnya, sudahkah kamu mengenal fungsi VPN itu? Nah, kalau kamu belum tahu atau bahkan belum pernah mendengar sama sekali tentang VPN, artikel ini bisa membantumu mencari tahu. Jadi, simak artikelnya sampai habis ya!

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Pada jaman dulu, VPN dibuat untuk mengkoneksikan beberapa gedung perkantoran dengan koneksi yang aman. Selain itu, VPN juga memungkinkan penggunanya menggunakan jaringan tersebut dari manapun dan dimanapun.

Saat ini, penggunaan VPN pun telah berkembang. Kini VPN tak hanya sekedar digunakan untuk mengkoneksi jaringan antar gedung saja, tetapi bisa dikatakan layak untuk digunakan sebagai jaringan internet yang aman, privat serta dapat mengakses banyak jaringan.

Kenalan Dulu Sebelum Mengenal Fungsi VPN

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, VPN atau Virtual Private Network ini merupakan layanan yang memberikan konektivitas yang aman sehingga data apapun tidak akan terlihat ke luar. Jadi, kita dapat juga mengatakan bahwa VPN mengkoneksikan gawai dengan server VPN pada suatu tempat dan keadaan yang menghubungkannya ke internet.

Dengan demikian, ketika kita mengatur server VPN tertentu, maka kita dapat mengakeses beberapa website yang tidak dapat diakses menggunakan server VPN lainnya. Sebagai contoh, ketika kita menggunakan VPN untuk negara Indonesia, ada beberapa website yang di blokir sehingga tidak dapat diakses. Namun, dengan mengganti server VPN ke server kainnya, kita akan dapat kembali menikmati konten website tersebut.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

VPN merupakan sebuah konsep jaringan yang menghubungkan beberapa LAN dengan letak yang berjauhan. Media yang digunakan sebagai perantaranya adalah seluruh jarigan public seperti kabel telepon, fiber optic, dan lain sebagainya.

VPN juga memungkinkan kita membuat jaringan di dalam jaringan. Hal ini dikenal dengan istilah tunneling atau membuat jalur ptibadi dengan memanfaatkan fasilitas dari pihak ke tiga. Lalu, bagaimana Cara kerja VPN?

Pertama-tama, VPN memerlukan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar computer. Penghunung yang digunakan bisa berupa computer dengan aplikasi server VPN atau menggunakan router.

Selanjutnya, agar dapat terkoneksi, computer client akan menghubungi server VPN. Server VPN akan memferifikasi data client dan memberikan IP address yang baru bagi client. Jika sudah seperti itu, maka sebuah koneksi baru (tunnel) pun akan terbentuk.

Apabila tunnel telah terbentuk, pengguna computer client dapat mengakses berbagai macam datadi belakang server VPN. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan diantaranya melakukan transfer data, browsing dengan gateway yang diberikan server VPN serta melakukan remote desktop.

Mengenal Fungsi VPN

Sebenarnya, ada banyak sekali fungsi VPN yang bisa didapatkan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu fungsi VPN adalah remote access. Dengan menggunakan remote access, seseorang dapat mengizinkan akses internet dari satu jaringan dimanapun berada. Selain itu, ada beberapa fungsi VPN lainnya, yaitu”

1. Pengamanan data jaringan public

Bagi kamu, pemilik data sensitive atau berbahaya dan menghendaki datamu tetap aman, VPN bisa menjadi jawaban. Saat kamu menggunakan VPN, pertukaran data yang kamu lakukan akan senantiasa terlindungi. Walaupun kamu menggunakan jaringan atau wifi yang tidak terpercaya.

2. By pass

Ketika kamu menghendaki untuk mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah, kamu bisa menafaatkan VPN.

3. Menggunakan nama anonym

Saat menggunakan server VPN keberadaan aksesmu tidak dapat diketahui oleh sembarang orang. VPN akan menyembunyikan data aksesmu secara langsung sehingga saat seseroang akan melacak mu, maka yang terdeteksi hanya alamat server.

Nah, itulah sedikit pengetahuan seputar mengenal fungsi VPN serta bagaimana Cara kerja VPN. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Aplikasi search engine yang gak kalah dari google nih!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!