Mengenal Jenis Kolesterol : Ternyata Tidak Semua Kolesterol Itu Jahat!

Kamu tahu gak sih, ternyata kita selama ini belum mengenal jenis kolesterol dalam tubuh kita. Akibatnya, kita selalu menganggap kolesterol yang ada di dalam tubuh kita ini jahat. Pokoknya semua kolesterol itu jahat. Ya kan?

Ternyata, ada lho jenis kolesterol yang ga jahat. Kolesterol jenis ini justru membantu kita untuk terhindar dari penyakit jantung dan berbagai jenis penyakit pembuluh darah lainnya. Jenis kolesterol baik ini sering dipanggil dnegan sebutan HDL. Yuk kita kenalan dengan si HDL dan rival jahatnya. Semoga dengan lebih mengenal mereka, kita semua bisa lebih berhati-hati dalam memilih makanan apa yang akan kita makan.

Mengenal Jenis Kolesterol

Keneradaan kolesterol dalam tubuh manusia sebenarnya normal. Bahkan, harus ada dengan kadar tertentu untuk menjaga fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik. Tubuh memerlukan kolesterol untuk membuat beberapa jenis hormon seperti hormon testosterone, hormon esterogen dan hormon kortisol. Selain itu, kolesterol juga berperan penting untuk membantu menghasilkan asam empedu.

Sebenarnya, tubuh kita bisa kok memproduksi kolesterol sendiri. Namun produksi kolesterol dalam tubuh dianggap tidak dapat memenuhi kebutuhan kolesterol normal setiap harinya. Oleh karena itulah, sebenarnya kita perlu mengkonsumsi makanna sumber kolesterol. Nah, jenis makanan ini bisa kita dapatkan dalam sumber makanan lemak jenuh dan lemak trans seperti lemak daging, mentega dan gorengan.

Secara umum, kolesteraol sebenarnya terdiri dari tiga jenis yaitu LDL, HDL dan Trigliserida. Ketiganya memiliki fungsi tersendiri di dalam tubuh. Nah selain mengenal jenis kolesterol-nya, berikut kami sebutkan masing-masing fungsinya :

1. LDL

Low density lipoprotein (LDL) inilah yang sering disebut dengan kolesteol jahat. Keberadaan LDL dalam jumlah yang terlalu banyak dalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan lemak di dinding pembuluh darah sehingga lama kelamaan akan menyumbat pembuluh darah.

Mengapa demikian? Karena LDL berfungsi untuk mengedarkan kolesterol ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Ia mengantarkan kolesterol ke setiap bagian tubuh yang membutuhkan. Nah, jika LDL yang beredar terlalu banyak ia akan meninggalkan lemak yang dibawanya di dinding pembuluh darah. Lama kelamaan, tumpukan lemak tersebut akan menebal dan menganggu aliran darah.

Agar kadar LDL dalam tubuh meningkat, kita dapat mengkonsumsi jenis lemak jenuh dan lemak trans. Sumber makanan yang termasuk dalam golongan sumber lemak jenuh dan lemak trans adalah daging berlemak, mentega dan semua jenis makanan yang digoreng.

2. HDL

Ini dia sosok kolesterol baik dalam tubuh kita. high density lipoprotein (HDL) namanya. Berbeda dengan LDL yang menyebarkan kolesterol ke seluruh tubuh, HDL justru mengumpulkan kembali kolesterol yang berceceran di sepanjang pembuluh darah untuk dibawa kembali ke hati dan dirombak. Oleh karena itulah, kita harus memastikan jumlah HDL dalam tubuh lebih banyak daripada jumlah LDL agar kita dapat terhindar dari ancaman penyakit jantung.

Kita dapat meningkatkan kadar HDL dalam darah dengan mengkonsumsi sumber lemak tak jenuh. Beberapa contoh makanan yang tergolong dalam sumber lemak tak jenuh adalah minyak jagung, kacang-kacangan seperti kacang almond, buah-buahan seperti alpukat dan beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, tuna, makarel dan sarden.

3. Trigliserida

Nah, jenis yang satu ini adalah kolesterol yang dibentuk dari kelebihan asupan energi bagi tubuh. Keberadaan trigliserida dalam jumlah cukup sangat diperlukan tubuh sebagai cadangan energi. Namun, jika terdapat dalam jumlah yang terlalu banyak akan berisiko menyebabkan penyakit jantung coroner, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Kadar Kolesterol Normal

Agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit, kita harus terus menjaga kadar kolesterol tetap normal di dalam tubuh. Nah, berikut acuan kadar kolesterol normal dalam tubuh.

  1. Kadar kolesterol total yang baik adalah kurang dari 200mg/dl
  2. LDL yang baik kadarnya adalah kurang dari 100 mg/dl
  3. Kadar HDL yang baik adalah 40mg/dl atau lebih
  4. Dan kadar trigliserida yang baik adalah kurang dari 150 mg/dl

Jadi, setelah mengenal jenis kolesterol dalam tubuh, tak perlu lagi takut ya! Cobalah untuk rutin mengecek kadar kolesterol mu setiap satu tahun sekali atau sesuai rekomendasi dokter agar kesehatan tubuh bisa terpantau dengan baik!

Baca juga : Lemak dalam tubuh dibedakan menjadi 2 jenis, apa saja?

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!