Mengenalkan Budaya Indonesia pada Anak

Menjadi seorang ibu di zaman millenial seperti sekarang ini, rasanya lumayan menantang. Kemajuan teknologi terkadang tidak diimbangi dengan pengenalan budaya dan pengetahuan yang cukup, sering menjadi kendala. Banyak generasi muda yang lebih mengenal budaya asing ketimbang budaya negaranya sendiri. Gempuran budaya asing yang masuk melalui media sosial sering kali tidak disadari oleh para orang tua. Inilah saatnya para orang tua perlu mengenalkan budaya Indonesia pada generasi muda.

Alasan Pentingnya Mengenalkan Budaya Indonesia pada Anak

Mengenalkan budaya Indonesia bisa dimulai saat anak-anak masih kecil. Anak-anak lebih cepat menerima dan akan tertanam di hati dan ingatan mereka hingga besar nanti. Namun tidak menutup kemungkinan, orang tua pun dapat mengenalkan pada anak remaja.

Mengapa penting mengenalkan budaya Indonesia pada anak-anak sejak dini? Beberapa alasannya.

  • Budaya Indonesia menunjukkan tradisi dan moral leluhur yang tinggi budi pekerti.
  • Budaya Indonesia menunjukkan kekayaan negeri yang seharusnya menjadi modal pembangunan nasional dan patut dibanggakan.
  • Bangsa Indonesia dengan dasar dan lambang negara yang ada saat ini merupakan bagian dari budaya yang harus selalu dipegang teguh.
  • Semakin banyaknya pengaruh budaya asing yang masuk pada anak-anak melalui berbagai media dan hanya dapat diatasi dengan memperkenalkan budaya bangsa sendiri.
  • Agar anak sebagai generasi yang akan datang tetap dapat menentukan dan menyikapi dengan benar pengaruh positif dan negatif globalisasi.

Cara Mengenalkan Budaya Indonesia pada Anak Sejak Dini

Mengenalkan budaya pada anak dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, seperti :

1. Mengisi Liburan Keluarga ke Tempat Cagar Budaya

Liburan keluarga tidak harus ke tempat wisata mahal. Wisata ke tempat atau situs-situs budaya seperti candi mempunyai banyak manfaat dan murah. Contohnya, beribur ke Candi Borobudur.

Candi Borobudur adalah salah satu candi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Anak-anak pasti menyukai wisata ini, karena selain dapat berfoto mereka juga dapat mengunjungi beberapa bangunan. Terdapat banyak cerita dibalik berdirinya sebuah candi.

2. Mengunjungi Pagelaran atau Sanggar Seni

Zaman sekarang lebih mengenal tarian asing daripada tarian tradisional. Anda dapat mengajak anak-anak ke sebuah pagelaran tari ataupun sebuah sanggar tari. Anak-anak melihat dan belajar langsung tarian tradisional. Selain itu, anak-anak dapat mencoba alat musik tradisonal.

Contoh tempat yang dapat dikunjungi untuk belajar seni adalah Saung Angklung Udjo di Bandung. Selain ada pementasan menggunakan angklung, di sini para pengunjung juga dapat mencoba memainkan angklung dengan sedikit latihan yang diberikan oleh para pelatih yang ada.

Di Kampung Betawi Jakarta, Anda dapat mengajak keluarga mengunjungi dan melihat bangunan Betawi sekaligus belajar seni.

3. Mengenalkan Sejarah

Cara lain mengenalkan budaya Indonesia pada anak adalah mengajak mereka ke museum. Banyak museum di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi baik oleh anak-anak mapun dewasa. Bahkan ada museum yang sengaja buka pada Sabtu malam. Hal ini bertujuan menarik minat anak-anak dan kaum muda untuk mengisi waktu akhir pekannya di museum.

Museum sekarang ini tidak selalu membosankan dan monoton. Museum telah banyak merubah penampilannya menjadi lebih menyenangkan dan penataan serta sajian atau acara khusus yang menarik banyak pengunjung.

Berwisata ke Museum Kota, Jakarta Anda dapat mengenalkan budaya Indonesia sekaligus dalam tiga bentuk; sejarah, bangunan atau situs sejarah, dan seni di Museum Wayang.

Ternyata tidak sulit bukan mengenalkan budaya Indonesia pada anak-anak? Yuk mengajak keluarga berwisata sejarah dan budaya Indonesia!

Baca juga : Sekolah untuk buah hati, ini 8 cara tepat memilihnya

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!