Menghilangkan Bekas Luka dengan Cara Sederhana

Bagi sebagian orang, adanya bekas luka memang dianggap sangat menganggu penampilan. Oleh karena itulah, banyak orang mengupayakan berbagai macam cara agar dapat menghilangkan bekas luka.

Saat ini memang sudah banyak dan mudah dijumpai tindakan medis baik di rumah sakit maupun klinik kecantikan yang dapat menghilangkan belas luka. Namun, biaya nya memang tergolong masih cukup mahal.

Tindakan medis untuk menghilangkan bekas luka

Nah, pada dunia medis pun ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan untuk menangani bekas luka tersebut agar tak menganggu penampilan. Berikut adalah beberapa jenis nya.

1. Dermabrasi

Tindakan ini biasanya diambil untuk menangani bekas luka yang permukaannya lebih tinggi dibanding kulit sekitarnya. Alat dermabrasi ini bekerja dengan cara mengikis permukaan luka yang menonjol dan merangsang pembentukan lapisan kulit yang baru. Akibatnya, lapisan kulit pada area luka akan menjadi rata, dan lebih halus.

2. Mikrodermabrasi

Cara kerja tindakan ini hampir dama dengan tindakan dermabrasi. Namun, hal yang membedakan adalah mikrodermabrasi ini sering kali digunakan untuk menanfani luka cekung dengan luas permukaan yang lebih kecil. Tindakan medis ini swngat cocok untuk menghilangkan bekas jerawat, garis halus dan bintik-bintik penuaan.

3. Laser

Tindakan medis selanjutnya adalah memanfaatkan laser. Kini, tindakan ini juga sering dikenal dengan laser resurfaceing yang lrbih canggih dibandingkan metode laser sebelumnya.

Cara kerja laser resurfaceing ini adalah dengan merangdang pembentukan kolagen pada lapisan dermis (bagian tengah). Dengan melakukan metode laser ini, akan terlihat lebih cepat dibandingkan metode dermabrasi maupun mikrodermabrasi.

4. Suntik steroid

kalau metode yang satu ini, biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki bekas luka berupa jaringan parut atau keloid. Steroid sendiri dapat melunakkan jaringan tersebut dan memaksanya untuk rata dengan daerah di sekitarnya.

Namun, melakukan metode ini memiliki sedikit kekurangan. Diabtara kekurangan tersebut adalah efek rasa sakit yang teramat sangat dan dibutuhkan waktu yang cukup lama karena harus melakukan suntikan secara rutin.

5. Balut silikon

Metode yang satu ini biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki bekas luka bakar ataupun bekas operasi cangkok kulit. Balut silikon ini akan memberikan efek halus dan merata pada permukaan kulit. Namun, ketika memutuskan untuk menggunakannya, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter ya!

Bahan alami penghilang bekas luka

Selain beberapa tindakan medis tersebut, tenyata ada juga lho beberapa bahan alami nan sederhana yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Nah, ini akan sangat cocok dengan mereka yang lebih menyukai produk-produk alami daripada melakukan tindakan medis. Bahan-bahan alami tersebut pun ternyata ada di sekitar kita dan mudah untuk di dapatkan. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak!

1. Lidah buaya

siapa yang menyangka bahwa tanaman yang banyak dikenal berkhasiat untuk menjaga kesegatan kulit dan rambut ini juga bisa membantu memudarkan bekas luka lho! Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area bekas luka dengan gerakan melingkar hingga gel benar-benar meresap. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air. Agar hasilnya optimal, aplikasikan gel lidah buaya tersebut secara rutin 2 sampai 3 kali sehari.

2. Madu asli

Cairan mains ini memang sudah tak perlu lagi diragukan. Ada banyak sekali mandaat yang bisa diambil dari madu. Salah satu manfaatnya ternyata dapat membantu menyamarkan bekas luka.

Caranya hanya dengan mengoleskan madu pada area bekas luka tersebut dan balut menggunakan kain kasa. Biarkan selama semalaman dan bersihkan pada pagi harinya. Dengan melakukannya secara rutin, diharapkan bekas luka pun dapat tersamarkan.

Nah, itulah beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Mengobati cantengan secara alami begini nih caranya!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!