Menghindari Stress Saat Hamil Pakai Cara-cara Ini!

Hai bumil? Apa kabar? Semoga baik dan sehat terus ya? Kabar kehamilan memang selalu membawa senyum di keluarga kita. Tandanya, personil dalam keluarga akan segera bertambah. Itu mengapa, sebagian orang yang belum juga dikaruniai momongan setelah lama menikah mati – matian untuk mendapatkannya. Bunda sekalian tentunya sangat bersyukur dengan karunia yang tuhan titipkan di perut bunda kan? Maka dari itu, jagalah baik – baik karunia ini ya bun! Bagaimana caranya? Salah satunya adalah menghindari stress saat hamil.

Ibu hamil harus tahu trik dan cara menghindari stress saat hamil

Selain faktor makanan yang memang harus diperhatikan agar kehamilan terjaga dengan baik, ternyata stress saat hamil juga menentukan kesehatan baik ibu maupun janinnya. Ibu hamil yang stress beresiko menularkan stressnya tersebut pada janinnya. Jadi, jika bumil stress janin atau bayi dalam perut bumil akan stress. Sebaliknya, jika bunda dalam kondisi yang bahagia serta sehat sentosa maka si kecil di perut ikut tersenyum – senyum.

Jadi, bagi bunda – bunda yang sedang hamil, pastikan selalu bahagia dan tidak stress ya! Hal ini demi kesehatan bunda sendiri dan juga bayinya. Namun, perlu diketahui juga bahwa tingkat sensitifitas bumil meningkat beberapa persen dari kondisi normal saat tidak hamil. Maka dari itu, bunda yang sedang hamil sangat mudah bersedih dan sensi. Maka dari itu, bunda harus tahu cara menghindari stress saat hamil.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menghindari stress saat hamil? Yuk simak poin – poin berikut!

1. Dengarkan musik / lagu / murotal favorit bunda

Bagi bunda yang senang dengan jenis musik tertentu, bunda bisa sering – sering putar musik atau lagu ini saat sedang melakukan beragai aktivitas. Selain musik dan lagu, murotal atau lantunan ayat suci bagi umat muslim juga bisa dan ampuh banget menetralisir stress. Saat mendengarkan lagu, musik maupun murotal yang bumil sukai terbukti dapat meningkatkan mood alias mood booster.

Selain dapat menetralisir stress, mendengarkan lagu juga dapat merangsang gerak janin dalam perut.

2. Konsumsi coklat, teh hangat atau lemon hangat

Coklat memang sudah terbukti dapat meringankan stress. Dzat yang ada di coklat lah yang mampu memberikan efek meringankan stress. Namun, konsumsi coklat bagi ibu hamil jangan terlalu banyak ya, sebab kandungan gula di dalamnya cukup banyak. Sedangkan ibu hamil dalam mengkonsumsi gula harus diperhatikan agar tidak menjadikan janin obesitas.

Pilihan lain bagi bumil yang tidak suka coklat, bisa dengan meminum air teh hangat dan lemon hangat.

3. Istirahat cukup

Di usia kehamilan yang kian menua, kondisi suhu tubuh ibu hamil semakin meningkat. Hal ini membuat bumil merasa gerah dan panas dengan banyak mengeluarkan keringat. Hal ini juga yang mengakibatkan bumil susah tidur. Oleh karena itu, bumil harus pandai menetralisir rasa panas atau gerah ini dengan berbagai cara yang aman seperti minum yang banyak, menghirup udara segar dan sebagainya.

Dengan kondisi yang sudah stabil, maka bumil akan mudah dan nyaman untuk tidur dan beristirahat. Sebab, kurang tidur juga dapat menjadikan bumil stress dan uring – uringan. Maka jangan sampai kurang istirahat untuk menghindari stress saat hamil.

Itulah beberapa cara yang dapat anda terapkan agar tidak stress saat hamil, semoga bermanfaat!

Baca juga : Persalinan normal dengan 5 langkah persiapan

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!