Mengobati Cantengan Secara Alami Begini Nih Caranya!

Siapa yang pernah merasakan sakitnya cantengan? Atau mungkin saat ini kamu sedang mengalaminya? Bagaimana rasanya? Sakit luar biasa pasti dirasakan ketika cantengan. Bahkan kuku yang cantengan pun akan terasa sangat sakit ketika dipegang lho! Lalu bagaimana ya caranya mengobati cantengan?

Biasanya, cantengan terjadi pada area tepi kuku. Bisa di kuku tangan ataupun kaki, tetapi memang sering kali terjadi pada kuku jempol kaki. Sebenarnya, mengobati cantengan mudah saja dilakukan dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Namun, memang dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran saat melakuaknnya. Beberapa bahan alami di sekitar kita pun bisa digunakan untuk mengobatinya. Penasaran kan, bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit yang satu ini? yuk simak!

Mengobati Cantengan dengan Bahan Alami

1. Rendam air hangat

Jika cantengan baru saja tumbuh di kukumu, kamu bisa merendamnya agar tidak semakin parah. Perendaman kuku yang cantengan menggunakan air hangat ini memang sangat direkommendasikan. Caranya, kamu hanya perlu mencampurkan garam dengan air hangat.

Jangan terlalu panas ya! Selanjutnya, rendamlah kuku tangan atau kakimu yang cantengan selama 15 menit. Untuk mendapatkan hasil optimal, kamu bisa merendam kuku cantengan mu sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

2. Daun pacar kuku

Selain bisa mempercantik kukumu dengan warna orange, daun pacar kuku ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan cantengan lho! Cara penggunaan bahan alami yang satu ini hanya cukup dengan menghaluskan daun pacar kuku bersama gula merah dan satu sendok teh air jeruk nipis.

Pastikan kamu mencuci daun nya sebelum dihaluskan ya! Setelah itu, tempelkan pada bagian yang sakit dan balut menggunakan kain kasa. Kamu bisa menggantinya setiap 3 hingga 4 jam sekali.

3. Jahe

Siapa yang menyangka bahwa rimpang jahe juga berkhasiat mengobati cantengan. Cara menggunakan jahe sebagai obat cantengan pun cukup mudah. Kamu hanya perlu memarut jahe yang sudah dibersihkan dan mencampurkan hasil parutannya dengan minyak kelapa secukupnya. Kemudian, tempelkan hasil parutan jahe tersebut pada area kuku yang cantengan dan balut dengan kain kasa.

4. Bawang merah

Sama seperti jahe, bawang merah juga berkhasiat untuk mengobati cantengan. Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan bawang merah dengan minyak kelapa. Kemudian tempelkan ramuan bawang merah tersebut pada area kuku yang cantengan. Gantilah ramuan bawang putih tersebut setiap 3 sampai 4 jam sekali secara rutin.

Jika yang Alami Tak Membuahkan Hasil

Menyebalkan memang ketika sudah berusaha menggunakan berbagai macam cara alami, tetapi cantengan yang dialami tak kunjung membaik. Biasanya, hal ini akan dialami oleh mereka yang cantengannya sudah sangat parah dan terkadang hingga bernanah.

Sebenarnya, kamu bisa ‘mengoperasi’ sendiri kuku cantenganmu dengan alat-alat sederhana. Yah, walaupun rasanya sangat sakit, dengan melakukan operasi cantengan yang steril dan hati-hati, maka kuku cantengan mu dapat berangsur-angsur sembuh.

Namun, jika masih saja tidak berhasil atau kamu tak sanggup menahan rasa sakit yang teramat sangat, sebaiknya segeralah pergi ke doker. Biasanya, kamu akan diberikan beberapa jenis obat untuk meredakan rasa sakit dan mencegah cantengan mu jadi lebih parah. Apabila cantenganmu tetap saja tidak sembuh, biasanya dokter akan melakukan tindakan operasi dengan cara mencabut kuku cantengan mu. Dengan begitu, kukumu akan tumbuh kembali dengan normal.

Itulah beberapa cara mengobati cantengan dengan bahan alami dan beberapa jenis tindakan medis yang mungkin saja bisa dilakukan. Jadi, tetap jaga kebersihan dan kesehatan kukumu ya, agar cantengan tak datang kepadamu! Semoga bermanfaat!

Baca juga : Purwaceng tumbuhan berkhasiat khas dieng banjarnegara

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!