Meningkatkan Kualitas Diri, Begini Caranya Yang Tepat!

Berapa usia Anda saat ini? Tiga puluh tahun atau bahkan sudah lebih dari empat puluh tahun? Pernahkah merasa bahwa hidup yang jalani belum ada perubahan alias datar? Itu artinya Anda membutuhkan perubahan. Perubahan yang dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas diri.

Wah, sudah usia segini harus meningkatkan kualitas diri? Mungkin Anda berpikir tidak mungkin. Apalagi dengan kondisi daya pikir yang sepertinya sudah terbatas menurut Anda.

Ssst… Anda perlu tahu bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak dapat Anda lakukan. Selama ada keinginan dan kemauan kuat maka ada cara dan solusi terbaik.

Manfaat Meningkatkan Kualitas Diri

Self development atau pengembangan diri penting dalam hidup karena seperti dalam uraian di atas jika kehidupan tidak berubah seseorang akan jenuh. Kejenuhan yang membuat diri merasa tidak berharga. Selain itu,peningkatan kualitas diri mempunyai banyak manfaat, antara lain:

1. Memantaskan Diri

Terkadang orang lain menilai Anda lebih baik dari sebenarnya. Hanya Anda sendiri yang tahu bagaimana sebenarnya diri. Aib tertutupi dengan baik. Itu merupakan keberkahan dari Tuhan.

Namun, tidak selamanya keburukan dapat tertutupi bukan? Dengan self development maka akan memantaskan diri terhadap harapan dan prasangka baik orang lain. Jika orang menganggap Anda ahli ibadah, sebaiknya Anda mewujudkan hal tersebut agar tidak mengalami malu di kemudian hari.

Sebagai orang tua, memantaskan diri berarti juga menyesuaikan diri. Anda ingin anak rajin, tentunya harus dimulai dengan orang tua yang rajin.

2. Lebih Berprestasi

Meningkatkan kualitas diri dan potensi diri akan membuat diri Anda lebih prestasi. Prestasi yang tidak harus selalu dinilai dan dihargai dalam bentuk materi. Jika Anda sebelumnya malas bangun pagi dan berolahraga, dapat bangun pagi berarti peningkatan. Apalagi ditambah dengan ibadah dan olahraga. Kesehatan akan lebih terjaga merupakan prestasi dalam hidup seseorang.

3. Lebih Bermanfaat

Potensi diri lebih meningkat juga membuat Anda lebih bermanfaat. Misalnya, Anda senang sekali dengan ide baru. Kemudian Anda meningkatkan kemampuan menulis. Kemampuan tersebut membuat tulisan Anda dibaca dan bermanfaat bagi mereka.

Cara Meningkatkan Kualitas Diri

Anda tentunya ingin memperoleh manfaat yang disebutkan di atas. Bagi orang mukmin bahkan kualitas diri yang meningkat seharusnya akan menambah amal dan ibadah. Amal dan ibadah yang membawanya manusia menuju surga.

Untuk itu perlu cara meningkatkan kualitas diri yang tepat, seperti:

1. Belajar

Kualitas diri dapat ditingkatkan dengan cara belajar, berapa pun usia Anda saat ini. Hal tersebut akan membawa perubahan pada diri Anda. Pernah bukan mendengar seorang kakek di India yang ikut bersekolah dasar?

Belajar tidak mengenal umur dan waktu. Meski sering dikatakan puncak kesuksesan seseorang di usia sekitar 40 tahun, banyak orang yang berhasil di usia tua. Sebut saja Kolonel Kentucky yang terkenal dengan waralaba ayam crispynya di seluruh dunia.

Dunia digital saat in ikut memudahkan Anda untuk belajar. Banyak training yang diberikan secara online berbayar dan gratis. Tengok juga aplikasi you tube, Anda akan mudah menemukan tutorial apa pun yang ingin dipelajari.

2. Tidak Menyia-nyiakan Waktu

Kerjakan apa yang dapat dilakukan sekarang. Jangan pernah menunda-nunda. Anda tidak tahu masih mempunyai waktu luang atau tidak. Peningkatan kualitas diri dapat dilakukan jika memanfaat semua waktu yang ada untuk hal yang berguna.

3. Banyak Membaca Buku

Membaca buku dan mencintai literasi masih menjadi cara terbaik meningkatkan kerja otak. Meski informasi saat ini dapat diperoleh melalui apa saja di internet,membaca buku tetap lebih baik. Informasi dari buku akan lebih jelas dan lengkap.

4. Berkumpul dengan Teman Baik

Berkumpul dengan teman baik atau komunitas akan memotivasi Anda untuk selalu melakukan hal yang lebih baik. Anda tidak perlu khawatir, teman dan komunitas yang bagus sesuai dengan minat Anda justru akan memudahkan Anda belajar.

5. Menjalankan Hobi baru

Menjalankan hobi baru akan menantang Anda untuk terus belajar. Ini merupakan bagian dari belajar. Ini memungkinkan Anda mengetahui potensi diri yang belum diketahui.

6. Berani

Tidak semua orang mau melakukan hal yang baru dan menantang. Ini butuh keberanian. Keberanian untuk menempuh resiko dari setiap langkah. Keberanian untuk keluar dari zona nyaman. Keluar dari rutinitas sehari-hari. Banyak oraeng yang berani seperti ini menjadi lebih suskes.

7. Mengubah Mindset

Mindset atau pemikiran negartif membuat Anda sulit maju. Mindset negatif yang seringkali mengurung seseorang, antara lain “tidak bisa” dan “tidak mungkin” Kedua kata yang menyelimuti otak,pikiran dan perasaan tersebut harus diubah menjadi ‘bisa” dan “mungkin”. Banyak orang yang meyakini bahwa mindset positif akan membawa perubahan ke arah yang juga positif.

8. Mendengarkan Masukan Orang Lain

Bagian terakhir dari cara menggali potensi diri dan meningkatkannya adalah mendengarkan masukan orang lain. Namun, bukan berarti memasukan semuanya ke dalam hati. Anda harus bisa memilah mana masukan atau saran dan kritik yang membangun dan tidak.

Itulah delapan cara meningkatkan kualitas diri! Sebuah langkah dan tahapan memperbaiki kualitas hidup. Selamat mencoba!

Baca juga : Manfaat komunitas membuat anda bertambah maju

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!