Cara Meningkatkan Performa Mesin Motor Tanpa Tune Up

Sepeda motor di kalangan para bikers sudah menjadi teman bahkan sahabat, Dimana ketika kendaraan anda contohnya mengalami kerusakan ataupun performa mesin sudah menurun pasti ada kurang pas yang anda rasakan ketika berkendara..

Meningkatkan performa mesin! Masalah ini yang sering membuat beberapa kendaraan harus melakukan Tune up. Tune up sendiri adalah dimana kendaraan khususnya motor anda akan mengalami servis terus menerus atau secara berkala..

Jadi, Untuk itu ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin motor anda tanpa harus di tune up!

Cara Meningkatkan Performa Mesin Motor Tanpa Tune Up

Mungkin ketika anda sedang berkendara sepeda motor kesayangan ada rasa kurang nyaman seperti  gangguan pada mesin! Yang ada dalam benak anda pasti kenapa seperti ini?? meningkatkan-performa-mesin

Nah hal tersebut yang banyak membuat beberapa orang untuk melakukan servis bahkan tune up sekalipun! Padahal banyak alternatif lain atau cara yang bisa anda lakukan sendiri tanpa harus ke bengkel..

Berikut Contoh Yang Bisa Di Lakukan Pada Sepeda Motor Kesayangan Anda..!!

Lanjut.. Beberapa contoh atau cara meningkatkan performa mesin motor di bawah ini sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri pada kendaraan anda, Sebagai Berikut..

1.Rutin Mengganti Komponen Pengapian (Busi)

Busi, Untuk meningkatkan performa mesin ternya busi motor juga sangat berperan penting khususnya pada bagian pengapian..

Dimana alata ini bekerja untuk menghasilkan percikan api/listrik untuk menyalakan mesin motor anda, Untuk itu lakukan pemeriksaan rutin dan ganti busi ketika pengapian motor anda mulai lemah!

2.Mengganti Knalpot

Untuk penggunaan knalpot sendiri bukan hanya sekedar meningkatkan performa mesin motor anda saja! Tapi juga sangat membantu dalam tarikan motor lebih kencan dan bertenaga..

Pemakaian knalpot sendiri, usahan yang masih standar dan tetap mematuhi peraturan lalu lintas.. Seperti gunakan knalpot yang suaranya tidak terlalu keras..

3.Setting Karburator

Cara ini cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri, seperti untuk settingan karburator usahakan untuk meningkatkan asupan udaralebih tinggi lagi atau terbuka sampai 50% sampai 60%..

Dengan begitu performa mesin akan lebih meningkat lagi, cara ini biasa di lakukan pada motor balap! Yang menjadi masalah dalam cara ini adalah penggunaan bahan bakar akan lebih boros di banding sebelumnya..

4.Ganti Gear/Gir

Hal ini lebih kepada penggunaan gear yang lebih besar lagi, Di mana cara ini dapat meningkatkan performa mesin lebih makasimal dan resfonsip lagi..

Caranya dengan menaikan satu mata dari ukuran standard. Contohnya, jika ukuran gear standard motor anda 37 mata maka ganti dengan 38 atau 39 mata sesuai dengan lingkaran dan ukuran ban motor anda..

5.Permuda Udara Masuk

Disini yang lebih berperan adalah piston, Ketika piston meluncur mundur atau turun pada langkah hisap, hambatan udara bisa langsung mengambil tenaga dari mesin..

Hambatan udara ini dapat dikurangi dengan modifikasi serius, untuk itu hati-hati untu meningkatkan performa mesin dengan cara ini sebab kesalahan sedikit saja dapat berakibat fatal bagi mesin motor anda..

Mungkin cukup melakukan modifikasi pada saluran pemasukan silinder sperti porting, Saat memperbesar volumenya juga anda harus memperhatikan geometri porting supaya lebih terarah dan aliran udara menjadi lembut untuk keluar masuk..

6.Penggunaan Bahan Bakar

Untuk meningkatkan performa mesin motor anda juga bergantung pada bahan bakar yang anda gunakan ..

Banyak dari pengendara sendiri kurang teliti dalam penggunaan bahan bakar, Seperti seringnya menggunakan bahan bakar/ bensin botolan..

Cara ini sebenarnya salah, Mungkin sebagian dari and sudah ada yang tapi masih menggunakannya. Bensin botolan untuk sekarang ini telah banyak yang di campur atau oplosan..

Hal tersebut juga sangat berpengaruh bagi performa motor anda, jadi usahakan untuk menggunakan bbm yang murni..

Nah.. Mau meningkatkan performa mesin tanpa tune up? Cara di atas solusinya bagi kendaraan kesayangan anda.. Semoga Bermanfaa..!!

You May Also Like

About the Author: Remal Lintong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!