Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Cara Ini!

Berbagiai kemudahan teknologi untuk mendukung pekerjaan kita saat ini sudah banyak didapatkan. Namun, seringkali pekerjaan justru sulit sekali untuk diselesaikan. Bukan karena tingkat kesulitannya yang tinggi, tetapi karena kurangnya produktivitas kerja kita. Itulah sebabnya, kita perlu meningkatkan produktivitas kerja kita.

Dengan meningkatnya prduktivitas kerja seseorang, maka pekerjaannya pun akan cepat selesai, sekaligus ia dapat menyelesaikan tidak hanya satu pekerjaan, tetapi beberapa pekerjaan sekaligus. Dengan demikain, waktu bekerja pun akan lebih cepat karena dengan produktivitas kerja yang tinggi, seseorang akan lebih fokus.

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas kerja kita? sebenarnya hal ini tidak sulit. Hanya membutuhkan niat dan kemauan saja dari diri kita. mau tahu caranya? Yuk simak ulasan berikut!

1. Siapkan tempat kerja

Sebelum memulai pekerjaan, siapkan terlebih dulu tempat kerjamu. Tempat kerja yang bersih,. rapi dan nyaman dapat membantumu lebih fokus ketika bekerja. Selain itu, kamu pun akan lebih mudah mencari barang, atau data yang kamu butuhkan sehingga menyingkat waktumu untuk mencari.

Sebaiknya, kamu hanya meletakkan barang-barang yang dibutuhkan saja diatas meja kerjamu. Selebihnya, kamu bisa menyimpannya di laci atau almari dengan tetap rapi ya! Semakin banyak barang di mejamu, maka akan semakin cepat mejamu menjadi berantakan dan tak terkendali.

2. Hindari hal-hal penganggu konsentrasi

Konsentrasi penuh terhadap pekerjaan adalah kunci utama dalam meningkatkan produktivitas kerja. Maka, jika ingin pekerjaan mu cepat selesai, jauhkan hal-hal yang dapat menganggu konsentrasimu.

Salah satu hal yang dapat menganggu konsentrasimu adalah HP. Jika menghendaki pekerjaan cepat selesai, ada baiknya kamu mematikan notifikasi HP mu, atau kamu bisa menyimpannya saja agar lebih aman. Hal lain seperti youtube dan musik sebenarnya juga berpotensi menganggu. Namun, soal yang satu ini sangat tergantung individunya karena ada beberapa orang yang justru lebih fokus ketika bekerja dengan musik.

3. Buat to do list

Agar membuat pekerjaan mu lebih terorganisir, kamu bisa membuat to do list sendiri. Terutama bagi kamu yang pelupa, to do list dapat sangat membantumu mengingat hal apa yang harus kamu kerjakan. Jangan sampai ada pekerjaan mu yang terlewat!

Kamu bisa meletakkannya di meja kerja mu, atau menempelnya di dinding agar kamu mudah melihat dan membacanya.

4. Perhatikan kenyamanan

Saat kamu bekerja, factor kenyamanan dianggap sangat penting untuk diperhatikan. Dengan kamu merasa nyaman berada di tempat kerjamu, maka kamu pun akan lebih mudah fokus pada pekerjaan.

Jika kamu bekerja di depan computer sepanjang hari, pastikan kamu menggunakan tempat duduk yang nyaman, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Apabila ada, kamu sebaiknya menggunakan kursi khusus meja computer dengan roda dan sandaran yang empuk agar kamu tetap bisa bergerak bebas.

Jika kamu adalah pekerja lapang, pastikan pakaian yang kamu gunakan nyaman dan aman. Pastikan untuk menggunakan sepatu dengan bantalan yang empuk agar kakimu tidak mudah lelah saat berdiri atau berjalan terlalu lama.

5. Beristirahat sejenak

Saat bekerja, kamu butuh beristirahat sejenak. Melepaskan beban pekerjaan mu untuk mengembalikan kesegaran otakmu. 15 menit rasanya cukup untuk mengembalikan otakmu menjadi segar kembali. Dengan demikan, kamu pun akan kembali merasa segar dan semangat untuk kembali bekerja

Produktivitas Kerja dan Gaya Hidup Sehat

Walaupun kamu sudah membuat lingkungan kerja yang nyaman, tetapi ada satu hal penting yang harus kamu perhatikan, yaitu gaya hidup sehat. Cobalah untuk melakukan olah raga secara teratur, mengkonsumsi makanan sehat, dan beristirahat yang cukup. Hal-hal tersebut dipercaya juga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Sibuk dan produktif ternyata berbeda Lho! Kamu Termasuk yang Mana?

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!