Merawat Jas Hujan agar Berumur Panjang

Hayo, siapa yang setiap musim hujan tiba harus kembali merogoh kantong untuk membeli jas hujan baru karena jas hujan yang lama sudah rusak dan tidak dapat digunakan? Sayang sekali ya, padahal jika kamu tahu cara merawat jas hujan yang benar, kamu tidak akan kehilangan uang setiap kali musim hujan datang.

Mengapa Harus Merawat Jas Hujan?

Bagi kamu dengan kondisi keuangan yang pas-pasan, tentu akan berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang demi membeli jas hujan baru tiap kali musim hujan tiba. Kamu juga pasti akan mengusahakan untuk tetap menggunakan jas hujan yang ada, walaupun sudah sobek sana sini. Tentu tidak nyaman, karena kamu akan tetap basah walaupun terlihat menggunakan jas hujan.

Merawat jas hujan yang kamu miliki dengan baik lah satu-satunya cara. Dengan jas hujan yang terawat, kamu tidak lagi harus mengeluarkan uang dan berbasah-basah ketika musim hujan selanjutnya tiba.

Nah, buat kamu yang tidak keberatan mengeluarkan uang untuk membeli jas hujan baru tidak ada salahnya lho merawat jas hujan kamu. Jas hujan yang sudah rusak biasanya akan dibuang begitu saja. Padahal, jas hujan kebanyakan terbuat dari plastik yang jika tidak diolah dengan baik bisa mencemari lingkungan. Merawat jas hujan dengan baik, bisa jadi satu langkah kecil dari kamu untuk melestarikan lingkungan!

Langkah Tepat Merawat Jas Hujan

Jangan dibayangkan merawat jas hujan dengan baik itu ribet ya! Sebenarnya, merawat jas hujan dengan baik dan benar itu mudah kok, tinggal kamu mau atau tidak melakukannya. Nah, kira-kira apa saja suh yang perlu dilakukan untuk merawat jas hujan agar awet dan tahan lama? Yuk simak!

Jangan buru-buru dilipat

Sehabis digunakan, jangan buru-buru melipat jas hujan mu karena dapat merusak lapisan perekat atau sealant pada area jahitan. Jika lapisan ini rusak, air akan dengan mudah merembes dan jas hujan pun tak dapat berfungsi dengan baik.

Ada baiknya untuk mengeringkan jas hujan terlebih dahulu sebelum kembali dilipat. Caranya bisa dengan mengangin-anginkan nya atau dikeringkan dengan menggunakan lap khusus.

Rutin dicuci

Banyak dari kita yang sering lupa atau bahkan tidak perduli dengan kebersihan jas hujan yang kita miliki. Padahal, menjaga kebersihan jas hujan juga bisa menjadikannya berumur lebih Panjang. Jas hujan yang dibiarkan kotor terus menerus dapat memicu tumbuhnya jamur yang menjadikannya rapuh sehingga mudah sobek.

Waktu yang tepat untuk mencuci jas hujan adalah sesaat setelah digunakan. Jika kamu sibuk dan tidak sempat segera mencucinya, sempatkan waktu sekali dalam seminggu untuk mencuci jas hujan kamu. Dengan begitu, jamur tak akan pernah tumbuh dan jas hujan pun terhindar dari bau tak sedap.

Simpan dengan baik

Setelah digunakan, simpanlah jas hujan kamu dengan cara yang baik. Pastikan kamu melipatnya dengan benar agar area jahitan pada jas hujan tetap terjaga. Sebelum disimpan pastikan juga jas hujan kamu benar-benar kering untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bau tidak sedap.

Setelah musim hujan berakhir, pastikan kamu menyimpan jas hujan di tempat yang kering, namun tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jas hujan yang terpapar panas terus menerus cenderung menjadi rapuh dan mudah sobek.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawat jas hujan agar . Semoga bermanfaat dan silahkan anda praktekkan jika memerlukan.

Baca juga : Penyebab ac mobil tidak dingin serta cara mengatasinya

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!