Merawat Kabel Data Agar Tidak Cepat Rusak Dan Konslet

Kabel data atau kabel charget merupakan jenis barang yang cepat rusak jika tidak dirawat dengan benar. Ketika kabel datamu rusak, pengisian baerai pada gadgetmu juga akan terganggu. Gangguan tersebut misalnya pengisian yang butuh waktu lama, arus yang sering putus, dan gangguan lain. Maka dari itulah, penting untuk kamu selalu merawat kabel data agat tidak cepat rusak.

Kesalahan Yang Harus Dihindari Untuk Merawat Kabel Data Tetap Awet

Kemungkinan kerusakan pada kabel data bukanlah persoalan yang tidak dapat dihindari. Awetnya kabel data juga tergantung bagaimana cara pemakaianmu selama ini. Banyak yang memperlakukan kabel data secara asal dan mulai menyadari kesalahannya ketika kabel telah rusak.

Sebenarnya merawat kabel data merupakan persoalan yang mudah dan sederhana. Namun, banyak kesalahan kecil yang berakibat fatal untuk kabel data itu sendiri. Berikut ini akan diberikan beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam meggunakan dan menyimpan kabel data.

1. Menggulung Kabel Data

Saat membereskan kabel datamu, maka akan Nampak lebih rapi jika kabel tersebut digulung. Namun tahukah kamu ketika kabel data digulung, maka kemungkinan kabel halus di dalamnya putus lebih besar.

Jika memang ingin menggulungnya, gulunglah dengan kondisi kabel tidak ada yang terlipat. Sesuaikan cara penggulungan dengan bagaimana gulungan pertama kamu saat membeli kabel data. Jika memang ada kamu bisa menggantungkan kabel data tanpa harus menggulungnya. Cara ini dirasa lebih aman.

2. Menggunakan Sambil Mengecas

Penggunaan gadget ketika proses pengecasan berlangsung tidak dianjurkan. Proses pengecasan membuat baterai akan berkurang sedangkan proses pengisian juga terus dilakukan. Maksimalnya fungsi charger ini yang akhirnya membuat konslet kabel data dan bahkan baterai smartphone.

3. Menarik Ujung Kabel Dengan Kuat

Kesalahan merawat kabel data selanjutnya adalah terlepasnya ujung kabel dan terlepas. Bagian ujung kabel yang dekat dan berhubungan langsung dengan baterai sangat sensitive. Ketika mencabut atau memasukkan bagian ini hendaklah dengan sangat hati-hati. Kamu juga bisa membeli pelindung ujung kabel agar menjaganya tetap awet.

4. Membiarkan Charger Berada Di Terminal

Lupa ataupun malas mencabut charger yang masih terhubung dengan listrik akan membuatnya cepat rusak. Dengan terpasangnya charger ia akan terus mengalir ke kumparan dan membuatnya cepat rusak.

5. Mengisi Di Mobil Dan Arus Yang Tidak Stabil

Bepergian jauh biasanya membutuhkan baterai ekstra. Dalam hal ini kamu bisa saja melakukan pengisian baterai di mobil, bis ataupun kendaraan lainnya. Namun ada bahaya yang mungkin terjadi yaitu gangguang pada baterai dan charger. Arus yang tidak stabil pada kendaraan akan mempengaruhi dua benda tersebut.

6. Menaruhnya Asal

Kamu pasti tidak terlalu memperdulikan tempat untuk meletakkan dan menyimpan charger gadgetmu. Penyimpanan yang salah akan memudahkan kabel rusak karena ia dipakai dengan sembarang orang dan tidak tahu bagaimana perawatannya. Maka sediakan tempat khusus kamu menyimpan kabel datamu sendiri.

Kabel data sangat penting dimiliki setiap orang terlebih ketika ia memiliki smartphone sendiri. Meminjam kabel data atau malah charger milik teman bisa berakibat buruk karena tidak sesuai dengan daya baterai smartphonemu.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kabel data bisa tetap awet. Kesalahan yang terjadi pada perawatan kabel di atas harus dihindari. Meskipun ada banyak penjual kabel data namun menemukan kabel data yang original biasanya lebih mahal dan sulit. Untuk itu, jaga kabel datamu agar awet ya.

Baca juga : Menarik pesan whatsapp, menguntungkan atau merugikan?

You May Also Like

About the Author: Sari Asmiatin

error: Content is protected !!