Merawat Rambut Kering dengan Benar, Pakai Saja Cara Ini!

Rambut adalah mahkota bagi seluruh kaum hawa. Entah bagi mereka yang berhijab ataupun tidak, kesehatan rambut sangat berarti. Namun, banyaknya polusi dan berbagai factor lain menebabkan rambut menjadi mudah rusak. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh rambut wanita di negara tropis seperti Indonesa adalah rambut kering. Jika sudah seperti ini, kita harus bisa merawat rambut kering dengan benar agar tidak semakin parah.

Rambut yang kering tentu tidak enak dipandang karena terlihat kusam dan tidak bercahaya. Selain itu, rambut kering juga menjadikan rambut kita mudah rontok. Hal ini tentu sangat menganggu ya! Apalagi jika tidak tertangani dengan benar, bisa-bisa kerontokan yang terjadi makin parah lho guys!

Kenali Penyebab Rambut Kering

Nah, sebelum kita melangkah ke tahap-tahap yang dapat dilakukan untuk merawat rambut kering dan rontok, ada baiknya kita kenali dulu apa penyebab rambut kering tersebut. Pada dasarnya, rambut kering terjadi akibat kurangnya produksi minyak rambut yang menjaganya tetap lembap. Beberapa faktor ini pun diyakini dapat mengurangi atau menghambat produksi minyak rambut.

1. Cara keramas

Siapa yang suka keramas setiap hari? Memang tujuannya baik ya, untuk menjaga rambut tetap bersih setiap hari. Namun, ternyata keramas setiap hari juga bisa bikin rambut kering lho! Hal ini dikarenakan penggunaan sampo yang terlalu sering dapat menghilangkan kelambapan alami dari rambut. Selain itu, penggunaan sampo yang tidak sesuai jenis rambut pun dapat menghilangkan minyak alami pada rambut.

2. Sering styling rambut

Alat styling rambut seperti hair dryer, alat catok, dan pengeriting ternyata bisa bikin rambut kering jika digunakan terlalu sering. Hal ini dikarenakan alat tersebut membuat kandungan minyak dalam rambut mengering, sehingga tidak ada lagi yang dapat mengontrol kelembapannya.

3. Mewarnai

Nah, siapa yang suka menggonta-ganti warna rambut? Kamu perlu waspada ya jika suka mewarnai rambut. Pasalnya, pewarna rambut ternyata memiliki bahan kimia yang cukup keras dan dapat menyerap minyak alami rambut.

4. Kurang air putih

Kamu juga harus tahu kalau kesehatan rambutmu sangat bergantung pada seberapa banyak kamu mengkonsumsi air putih. Minum cukup air putih dapat menghidrasi sel-sel tubuh, termasuk rambut. Apabila hal ini terpenuhi, maka rambut pun akan terhindar dari kekeringan.

Merawat Rambut Kering dengan Benar

setelah mengetahui penyebab dari rambut kering, tentu kita bisa mengambil langkah tepat untuk merawatnya. Dengan perawatan yang tepat, rambut kering pun dapat kembali sehat dan berkilau. Beberapa bahan ini bisa kamu lakukan untuk merawat rambut kering.

1. Alpukat

Ternyata buah kaya lemak ini punya manfaat juga untuk mengembalikan kelembapan rambut lho guys! Caranya dengan menghaluskan satu buah alpukat matang jingga menjadi bubur. Kemudian oleskan bubur alpukat tersebut pada kulit kepala dan batang rambut secara merata. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang terkenal ampuh menangani berbagai permasalahan rambut, termasuk masalah rambut kering ini. cara penggunaannya cukup mudah kok. Kamu hanya perlu mengoles-oleskan lender di bagian dalam daun lidah buaya ke kulit kepala dan batang rambut secara merata. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Apabila kamu kerepotan dan kesulitan mendapatkan lidah buaya, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya yang sudah banyak dijual di pasaran.

Selain menggunakan bahan tersebut, kamu juga harus kelakukan beberapa hal ini untuk merawat rambut kering.

  • Hindari mencuci rambut terlalu sering
  • Kurangi penggunaan alat styling yang menggunakan panas
  • Gunakan sisir bergigi lebar
  • Memotong ujung rambut secara rutin untuk menghilangkan rambut bercabang

Nah, itu tadi beberapa hal yang wajib kamu tahu soal merawat rambut kering. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Membasmi kutu rambut dari asalnya agar tak datang lagi

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!