Minuman Ibu Menyusui Yang Rasanya Lezat Dan Sehat

Hello bunda? Wah… asyiknya nih moment menyusui si kecil. Tahukah bunda, fase menyusui si kecil sangat ampuh dijadikan alat untuk komunikasi yang erat bagi anda dan buah hati loh. Oleh karena itu, lakukan komunikasi, dekatkan wajah bunda ke si kecil saat menyusui. Tentunya ASI bunda yang kurang segar menjadikan dedek enggan menyusu ya? Agar ASI terasa segar untuk si babby, sebaiknya bunda meminum minuman ibu menyusui yang sehat.

Apapun yang dikonsumsi ibu menyusi, tentunya berimbas pada si kecil. Sebab si kecil dengan usia 0 – 6 bulan hanya meminum susu ibu. Oleh karena itu, konsumsilah makanan dan minuman yang sehat bagi busui. Lalu, seperti apakah makanan dan minuman yang sehat bagi bunda menyusui?

Kriteria makanan dan minuman ibu menyusui yang sehat

1. Tidak mengandung terlalu banyak gula

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula, beresiko menjadikan anak atau bayi memiliki berat badan berlebih.

2. Tidak mengandung pewarna buatan

Lain dengan warna makanan alami seperti warna orange pada wortel, warna ungu pada ubi dan warna lain pada buah dan sayur yang terbukti mengandung banyak betakarotin, pewarna buatan atau sintesis justru mengandung senyawa berbahaya yang dapat mengaktifkan sel – sel kanker. Itu mengapa, sebaiknya bunda menghindari makanan dan minuman dengan kandungan pewarna sintesis.

3. Tidak berbau berbau menyengat

Apa saja contoh makanan yang dan minuman yang berbau menyengat? Jengkol, petai, durian dan lain sebagainya. Mengapa sebaiknya menghindari makanan – makanan tersebut? Sebab asi yang bunda produksi biasanya juga akan berbau mirip makanan tersebut. Bagi bayi yang peka, dia akan gumoh atau muntah. Selain itu, ompol yang dihasilkan si kecil juga akan menjadi bau.

Nah, setelah mengetahui beberapa kriteria makanan dan minuman ibu menyusui yang sehat, kini saatnya bunda tahu minuman yang sehat yang wajib busui konsumsi.

Contoh minuman ibu menyusui yang sehat :

1. Susu khusus ibu menyusui

Ini jamak diminum oleh kebanyakan busui. Sebab, kandungan pada susu khusus busui ini sangat lengakap. Oleh karena itu, susu ini cocok dijadikan minuman ibu menyusui. Namun, ternyata tak semua bunda suka dengan rasa susu ini. sehingga banyak pula dari mereka yang enggan mengkonsumsi susu ini. jangan khawatir, makanan yang lengkap gizi juga bisa menggantikan susu ini kok. Yang peting bunda harus lengkap gizi dan seimbang yah!

2. Beras kencur

Minuman yang terbuat dari bahan beras dan tanaman kencur ini diyakini turun temurun dapat melegakan perut kembung. Oleh karena itu, agar busui dan bayinya terhindar dari perut kembung, sering – seringlah konsumsi minuman ini.

3. Air sayur bening kencur

Nah, mungkin sebagian awam dengan jenis ini. sebenarnya ini jenis sayur bening dsengan bumbu kencur, namun kuahnya yang segar dan nikmat bercampur gurih yummi bisa banget diminum lebih banyak agar bunda dan babby menjadi segar.

4. Kunyit asam

Kunyiit asam dipercaya dapat menetralisir bau amis. Jadi, jika bunda habis makan ikan laut dan sejenisnya yang konon bisa memicu gumoh si bayi, bisa di netralisir dengan meminum kunyit asam. Jadi, makanan berprotein tetap masuk, ASI pun tetap segar.

5. Air putih

Air putih merupakan pokok sumber cairan. Jadi bunda jangan sampai melewatkan meminum air putih secara rutin.

Selamat mencoba ….!

Baca juga : Lancar menyusui, bayi kenyang bunda pun senang

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!