Mitos Penyebab Kanker yang Perlu Kamu Ketahui Faktanya

Katanya, menggunakan deodorant bisa bikin kamu kena kanker lho! Eits, jangan percaya begitu saja dan langsung panik membacanya ya. Kamu perlu mencari kebenarannya terlebih dahulu karena bisa jadi itu termasuk dalam mitos penyebab kanker yang justru banyak diyakini orang awam lho!

Kanker sendiri diketahui terjadi akibat adanya mutasi DNA dalam sel tubuh. Mengapa bisa terjadi mutase DNA dalam sel? Hal ini memang belum dapat diketahui secara pasti. Oleh karena itu, banyak orang menduga bahwa ada beebrapa benda di sekitar yang dapat memicu terjadinya mutase DNA tersebut.

Namun, sebagian besar dari dugaan tersebut dianggap tidak benar oleh dunia medis. Nah, kira-kira apa saja ya yang merupakan mitos penyebab kanker yang popular di masyarakat? Yuk simak ulasan berikut ini.

Deodorant atau Antiprespiran Mitos Penyebab Kanker Payudara

Banyak orang menganggap bahwa deodorant mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Beberapa bahan yang dianggap berbahaya yaitu parabens dan alumunium. Kedua bahan ini diyakini oleh sebagian besar orang dapat meicu terjadinya kanker payudara jika masuk ke dalam tubuh.

Namun, faktanya sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan secara pasti hubungan penggunaan deodorant dengan terjadinya kanker payudara. Nah, jika kamu merasa masih ragu dan khawatir, tetapi rishi dengan bau badan mu, kamu bisa menggunakan deodorant alami seperti tawas.

Plastik dalam Microwave juga Bisa Bikin Kanker

Kalau yang satu ini, memang tergantung plastic yang digunakan ya. Jika kamu menggunakan plastik khusus yang diperbolehkan digunakan dalam microwave, kamu tak perlu khawatir makanan mu akan terkontaminasi.

Namun, jika kamu menggunakan plastic biasa, kamu perlu khawatir karena plastic yang tidak diperbolehkan digunakan dalam microwave dapat meleleh dan mengkontaminasi makanan mu.

Jadi jika ingin memasukkan wadah plastic ke dalam mocriwave, pastikan wadahmu memiliki label microwave-safe. Kamu bisa mengetahuinya dengan mengamati kode segitiga dan lambing keamanan microwave pada bagian bawa wadah plastikmu.

Penggunaan Telpon Genggam

Ada yang pernah mendengar kabar soal menggunakan telepon genggam dapat menyebabkan kanker? Hal ini dikarenakan adanya gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio yang dikeluarkan oleh telepon genggam kita.

Namun, faktanya hingga saat ini belum ada cukup bukti yang membenarkan teori tersebut. Bahkan, sampai saat ini hasil penelitian masih menyatakan bahwa tidak ada perubahan sel normal menjadi sel kanker akibat frekuensi yang ditimbulkan telepon genggam.

Saluran Listrik Bikin Kanker, Benarkah?

Ada beberapa orang yang meyakini bahawa keberadaan stop kontak dapat memunculkan kanker akibat energi magnet yang dihasilkan. Namun, sampai saat ini hasil penelitian menunjukkan bahwa energi magnet yang dihasilkan oleh stop kontak sangat rendah dan pada umumnya tidak menyebabkan kerusakan pada DNA manusia. Bahkan, energi magnet dari stop kontak ini sangat mudah dilemahkan oleh benda lain termasuk dinding.

Pewarna Rambut juga Masih Jadi Mitos Penyebab Kanker

Hayo, siapa yang suka mewarnai rambut nya? Nah, beredar kabar bahwa zat yang digunakan untuk mewarnai rambut dapat menyebabkan kanker lho. Namun, hal ini perlu diteliti lebih lanjut karena pada umumnya, zat pewarna rambut tidak akan membahayakan jika hanya digunakan sesekali.

Walaupun demikian, ternyata ada penelitian yang menyatakan bahwa seorang penata rambut yang sering terpapar bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut ini memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker kandung kemih.

Itulah beberapa hal yang masih dianggap sebagai mitos penyebab kanker di masyarakat. Walaupun masih merupakan mitos, tiada salahnya untuk tetap berhati-hati. Selain itu, terus melakukan gaya hidup sehat pun dapat membantumu mencegah kanker. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Manfaat serai, dari pengusir nyamuk hingga kanker

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!