Nyaman Saat Haid dengan Makan Beberapa Jenis Makanan Ini!

Ketika haid datang menyapa tiap bulannya, sudah pasti rasa tak nyaman akan mengikuti. Mood mu yang tiba-tiba tak stabil, perut kram, punggung yang serasa mau copot bercampur jadi satu di tubuhmu. Sudah pasti hal ini menganggu aktivitas mu. Lalu, mungkinkah kamu bisa dapat merasakan perasaan nyaman saat haid atau datang bulan?

Sebenarnya, hal-hal tersebut diatas memang wajar dialami ketika haid. Hal ini dikarenakan ketika kamu sedang haid, tubuhmu mengalami perubahan hormon. Jika perasaan tidak nyaman tersebut masih dalam tahap wajar, tentu tidak akan jadi masalah. Namun, jika sudah sampai ke tahap yang sangat menganggu, tentu segala aktivitas dan kegiatan mu pun akan ikut terganggu.

Tentunya kamu akan mencari cara untuk mengurangi perasaan tak nyaman pada dirimu kan? Nah, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang bisa membantumu mengurangi rasa tidak nyaman ketika sedang haid. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut!

Makanan yang Bantu Kamu Nyaman Saat Haid

Seperti yang sudah disampaikan sebelumya bahwa saat haid, tubuh mu mengalami beberapa perubahan hormon sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan. Agar hal tersebut tidak terlalu mengganggu mu, para pakar kesehatan sangat menyarankan seorang yang sedang haid menjaga pola makannya tetap sehat. Hal ini dikarenakan, sebenarnya saat sedang haid, tubuh membutuhkan beragam nutrisi.

Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat membantumu meredakan rasa tak nyaman saat haid, diantaranya:

1. Telur

Makanan sumber protein yang ramah di kantong ini rasanya tak boleh terlewat untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan telur mengandung beberapa zat gizi seperti vitamin B6, vitamin D dan vitamin E yang diyakini dapat menjadikan mu nyaman saat haid.

2. Pisang

Pisang diketahui sangat kaya akan vitamin B6 dan Kalium. Kedua zat gizi ini dipercaya dapat meringankan kram perut yang sering dialami saat haid. Selain itu, pisang juga dipercaya dapat mengatasi rasa kembung.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, pakcoy, dan kangkong mengandung beberapa mineral seperti zat besi dan magnesium. Zat besi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, apalagi ketika sedang haid dan mengeluarkan darah.

Tubuh membutuhkan asupan zat besi yang cukup untuk menjaga mu tetap terhindar dari anemia.Magnesium dipercaya dapat mengatasi perasaan gelisah saat menstruasi. Selain itu, magnesium juga dapat mengatasi nyeri punggung dan kram yang sering dirasakan ketika sedang haid. Sehingga, sebaiknya kamu mengkonsumsi sayuran hijau ini supaya nyaman ketika datang bulan.

4. Daging merah

Kalau makanan yang satu ini, tak perlu diragukan lagi khasiatnya. Sudah banyak orang tahu bahwa daging merah seperti daging sapi dan kambing ini sangat kaya akan zat besi jenis heme yang beik bagi tubuh. Fungsi zat besi heme ini adalah untuk membantu prodiksi sel darah merah sehingga akan menghindarkan tubuh dari anemia.

5. Yoghurt

Yoghurt dipercaya dapat menghindarkan tubuh dari rasa tidak nyaman selama haid. Selain itu, mengkonsumsi yoghurt sebagai cemilan saat haid juga sangat baik buat kamu.

Tetap Jaga Gaya Hidup Sehat

Walaupun ada jenis makanan yang bisa membuatmu nyaman saat haid, tetapi kamu juga harus tetap menjaga gaya hidup sehat. Kamu juga harus rutin berolahraga dan menghindari makanan-makanan yang berlemak tinggi saat haid. Hal ini dikarenakan banyak mengkonsumsi makanan berlemak tinggi akan membuat organ-organ pencernaanmu bekerja lebih keras dan membuat mu tidak nyaman.

Jika kamu mengalami mual ataupun begah ketika makan, jangan lantas tak makan. Cobalah untuk memperkecil porsi makan mu dengan menambah waktu makan. Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat tetap memenuhi kebutuhan zat gizi dalam tubuhmu. Sehingga nantinya bisa nyaman ketika datang bulan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu agar tetap nyaman saat haid. Ingatlah untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat selama haid. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Mitos penyebab kanker yang perlu kamu ketahui faktanya

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!