Pakai Panci Anti Lengket (Teflon) Buat Masak Apakah Berbahaya?

Siapa sih bunda yang ga pernah pakai Panci anti lengket buat masak? Secara, peralatan masak yang satu ini memang banyak banget kasih kemudahan buat masak kan? selain punya kelebihan anti lengket yang memudahkan bunda untuk menggoreng dan menumis, Teflon juga gampang banget buat dicuci.

Karena kemudahan yang ditawarkan itulah banyak bunda pada akhirnya mengidolakan si alat masak yang satu ini. Pokoknya masak pake panci anti lengket. Apa-apa harus pakai panci anti lengket.

Eh, tapi bunda pernah dengar ga sih kalau ada isu yang bilang kalau pakai panci anti lengket ternyata tidak baik untuk kesehatan? Nah, untuk memperjelas isu tersebut, coba yuk bun simak beberapa ulasan ini biar makin yakin!

Sebelum Memutuskan Pakai Panci Anti Lengket Buat Masak, Yuk Kenalan Lebih Dalam Sama Teflon!

Sebagian besar bunda pasti menyebut wajan atau penggorengan anti lengket dengan sebutan teflon. Hal ini ternyata salah lho bun! Tahu ga sih kalau ternyata teflon itu adalah suatu paten produsen terhadap bahan pelapis yang digunakan di berbagai alat industrial maupun peralatan komersial. Nah, bahan pelapis bernama teflon inilah yang memberikan kelebihan anti lengket dan mudah dibersihkan.

Teflon yang digunakan untuk melapisi peralatan masak memiliki bahan kimia utama bernama polytetrafluoroethylene atau PTFE. Penggunaan teflon untuk melapisi alat masak mulai marak dikenalkan kepada masyarakat pada awal tahun 1960an.

Nah, yang menarik adalah sebenarnya, tidak semua peralatan memasak anti lengket itu menggunakan bahan teflon. Saat ini ada beberapa peralatan memasak yang menawarkan kelebihan anti lengket dengan pelapis keramik. Bahan pelapis ini dianggap lebih aman dibandingkan dengan teflon.

Soal harga, tentu akan sedikit lebih tinggi dibandingkan alat masak yang pakai teflon sebagai pelapis. Namun, hal itu rasanya sebanding dengan lebih kecilnya risiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan.

Trus, Apa Sih Bahayanya Pakai Teflon Buat Masak?

Sebenarnya peraltan masak yang dilapisi dengan teflon tidak diperuntukkan sebagai alat masak dengan suhu tinggi. Idealnya, peralatan masak berlapis terflon ini akan aman jika tidak digunakan melebihi suhu 350oC.

Apabila dipanaskan lebih dari itu, teflon akan mengeluarkan gas beracun yang jika dihirup terlalu banyak dapat membahayakan nyawa. Terlebih jika ventilasi yang ada pada dapur tidak memadahi sehingga sirkulasi udaranya menjadi tidak baik.

Selain itu, jika dipanaskan secara berlebihan lapisan teflon ini akan mudah sekali terkelupas. Senyawa fluoroethylene yang ada dalam lapisan teflon tersebut ternyata bersifat karsinogenik. Apabila dikonsumsi oleh tubuh, fluoroethylenedapat menungkatkan risiko tumbuhnya tumor bahkan kanker di dalam tubuh. Selain itu, fluoroethylene juga dapat merusak sisitem kekebalan tubuh, membawa pengaruh negative terhadap sistem hormone, bahkan dapat merusak sistem syaraf.

Setelah Tahu Bahayanya Pakai Teflon Buat Masak, Tidak Ada Salahnya Untuk Lebih Berhati-Hati

Walaupun demikian, bukan berarti bunda tidak boleh menggunakan peralatan masak berlapis teflon lagi lho ya! Kan sayang peralatan masak berlapis teflon di rumah yang masih baik jika harus dipensiunkan lebih dini.

Nah, ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan agar tetap aman dan sehat ketika menggunakan peralatan masak berlapis teflon yaitu:

  • Jangan menggunakan teflon untuk memasak pada suhu yang terlalu tinggi. Sebaiknya bunda hanya menggunakan teflon untuk menumis, atau memanggang saja. Hidari menggunakan teflon untuk melakukan teknik deep fraying atau menggoreng dengan minyak yang banyak karena dapat merusak lapisan teflonnya.
  • Jangan membiarkan teflon dipanaskan tanpa isi, apalagi sampai berasap.
  • Sebaiknya gunakan spatula kayu atau plastic agar lapisan teflon tidak tergores.
  • Saat mencuci teflon, tunggu hingga dingin terlebih dahulu sebelum merendamnya untuk menjaga lapisan teflon tetap tahan lama.
  • Usahakan untuk menggunakan peralatan mencuci yang lembut.
  • Jika sudah terlihat goresan pada teflon, sebaiknya segeralah untuk menggantinya dengan peralatan yang baru.

Nah, itulah beberapa hal yang bunda harus ketahui soal pemakaian panci anti lengket, terutama yang menggunakan lapisan teflon. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Masak tanpa ribet, siapa takut!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!