Pakaian Kusut Bikin Setres? Begini Cara Mengatasinya!

Mencuci, menjemur dan menyetrika memang sudah jadi tugas harian bunda ya. Kegiatan tersebut memang rasanya cukup menguras waktu dan tenaga, apalagi bagi bunda yang tidak menggunakan mesin cuci di rumah. Duh, pasti capek deh! Lebih bikin capek lagi jika pakaian yang sudah bunda cuci dan setrika masih saja jadi pakaian kusut walaupun sudah digosok-gosok sedemikian rupa!

Sebenarnya, bunda bisa meminimalkan pakaian kusut jika bunda melakukan prosesi mencuci menjemur hingga menyetrika dengan tepat. Apalagi untuk beberapa jenis kain yang kalau sudah kusut, beuh.. susah bener dirapihin lagi seperti kain satin dan polyester. Nah, berikut ada beberapa tips mencuci sampai dengan menyetrika secara tepat agar pakaian terbebas dari kusut. Yuk simak bun!

Hindari Pakaian Kusut dengan Tepat Saat Mencuci

Langkah awal untuk membebaskan pakaian dari kusut sebenarnya adalah saat proses mencuci. Bunda perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini ketika mencuci baik saat mencuci dengan tangan maupun menggunakan mesin cuci.

1. Hindari menumpuk pakaian terlalu banyak

Jika bunda mencuci dengan mesin cuci, bunda sebaiknya menghindari mencuci terlalu banyak pakaian. Jangan sampai bunda menjejalkan terlalu banyak pakaian ke dalam tabung cuci. Hal ini dikarenakan jika bunda menjejalkan cucian terlalu banyak, ruang tabung pun akan semakin sempit sehingga pakaian akan lebih sulit bergerak. Akibatnya, pakaian pun akan saling bertautan dan menyebabkan kusut di mana-mana.

Ini juga berlaku bagi bunda yang mencuci secara manual. Sebaiknya jangan biarkan cucian menumpuk terlalu banyak dan lama ya karena dapat menyebabkan lipatan-lipatan yang akan sangat sulit dihilangkan. Selain itu, bunda juga akan hemat tenaga ketika mencuci pakaian tidak terlalu banyak, ya kan?

2. Pakai cairan pelembut

Setelah mencuci menggunakan sabun, bunda bisa menambahkan cairan pelembut lho ke dalam cucian bunda. Cairan pelembut ini berfungsi melapisi serat-serat kain sehingga nantinya permukaan pakaian akan menjadi lebih licin dan mudah disetrika.

3. Jangan dibiarkan terlalu lama

Kebiasaan buruk yang masih banyak bunda lakukan adalah mendiamkan cucian terlalu lama. Terkadang bunda bahkan sampai lupa dengan cuciannya. Jika bunda menghendaki merendam cucian bunda terlebih dahulu, bunda bisa memasang pengingat pada HP bunda agar tidak lupa.

Selain membuat pakaian bunda menjadi kusut, merendam pakaian terlalu lama juga dapat membuat pakaian beraroma kurang sedap meskipun sudah dicuci dengan sabun.

Bagi bunda yang menggunakan mesin cuci, sebaiknya segera keluarkan pakaian yang sudah selesai bunda cuci dari tabung mesin cuci. Hal ini juga dimaksudkan agar pakaian tidak kusut.

Mengeringkan dan Menjemur Pakaian

Proses mengeringkan dan menjemur pakaian juga memegang peran penentu apakah pakaian bunda akan menjadi kusut atau tidak. Ada beberapa hal yang harus bunda lakukan untuk meminimalkan kusut pada pakaian bunda ketika di jemur.

1. Jangan terlalu diperas

Jika bunda mencuci dengan tangan, bunda harus ingat untuk tidak memeras pakaian terlalu keras. Hal ini dimaksudkan agar pakaian bunda tidak kusut saat kering nanti. Sebaiknya, bunda hanya menekan-nekan pakaian saja untuk mengurangi kandungan air di dalamnya.

2. Dikibas-kibaskan

Ada baiknya bunda mengibas-kibaskan pakaian sebelum dijemur. Selain untuk mengurangi kandungan air di dalam pakaian, megibas-kibaskan pakaian ini juga berfungsi untuk mengurangi kusut pada baju. Pada jenis-jenis kain tertentu yang tidak mudah melar, bunda juga bisa sedikit menarik-nariknya sesaat setelah dijemur.

Menyetrika Anti Kusust

Bunda sebenarnya tidak perlu menyetrika semua pakaian lho. Beberapa jenis pakaian dapat rapi dengan sendirinya jika sesaat setelah diambil dari jemuran, bunda langsung melipatnya dengan rapi. Nah, untuk pakaian-pakaian yang memang butuh disetrika, bunda bisa melakukan beberapa hal ini agar menyetrika lebih mudah.

1. Periksa label

Agar suhu setrika yang digunakan tepat, bunda bisa memeriksa label pada pakaian. Dengan demikian, bunda akan mengetahu berapa suhu yang tepat untuk menyetrika pakaian tersebut.

2. Setrika sisi dalam

Agar hasil setrikaan bunda tidak mengkilap, sebaiknya bunda menyetrika di sisi bagian dalam pakaian. Selain itu, bunda juga bisa menggunakan kain pelapis agar setrika tidak bersentuuhan langsung dengan permukaan pakaian.

3. Gunakan alas

Agar menyetrika lebih mudah, bunda bisa menggunakan alas yang empuk. Bunda bisa membuatnya dengan tumpukan beberapa kalin tebal atau dapat membeli alas setrika yang sudah banyak dijual di pasaran

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu bunda tahu untuk menangani pakaian kusut. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Symbol perawatan pakaian harus diperhatikan, kamu sudah paham?

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!