Payment Gateway, Kenali Manfaatnya Bagi Pengguna

Tren masyarakat Indonesia dalam perdagangan mengalami perubahan. Belanja secara online lebih banyak dipilih. Ini dikarenakan kemudahan yang diberikan. Pembeli tidak perlu pergi ke toko atau pasar untuk membeli produk barang atau jasa. Bagi penjual ini juga menguntungkan. Modal dan biaya operasional menjadi lebih hemat. Dalam digital marketing, akibatnya perusahaan payment gateway bermunculan.

Pengertian Payment Gateway

Istilah payment gateway mungkin belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Namun, sebenarnya cara ini sudah dilakukan dalam banyak transaksi online.

Payment gateway adalah sebuah metode pembayaran semua transaksi online dalam satu gerbang. Dalam pelaksanaannya, pembeli dan penjual tidak lagi terikat dengan bank tertentu untuk melakukan transaksi.

Melihat kebutuhan yang ada dan gaya hidup instan yang semakin berkembang, banyak perusahaan pembayaran ini didirikan. Cara transaksi yang ditawarkan menguntungkan bagi penjual dan pembeli.

Manfaat Payment Gateway Bagi Penjual

Seberapa sering Anda melakukan transaksi online? Perhatikan cara pembayarannya. Jika Anda membeli produk atau jasa dari pedagang atau e-commerce yang menjalankan payment gateway, pembayaran tidak perlu dikonfirmasi. Hanya beberapa menit Anda melakukan pembayaran, aplikasi toko sudah mengonfirmasi secara otomatis.

Penjual merupakan orang yang paling merasakan keuntungan dari cara ini. Manfaat tersebut, antara lain:

1. Menjamin Keamanan Transaksi

Dalam dunia digital, setiap transaksi bermodalkan saling percaya. Namun, tidak semua orang dapat dan mau menjaga kepercayaan. Tidak adanya tatap muka membuat penipuan dapat terjadi.

Konsumen dapat saja mengonfirmasi pembayaran yang belum dilakukan. Kartu kredit menjadi pembayaran yang sering disalahgunakan. Toko online atau pedagang tidak dapat menyadarinya secara langsung. Apalagi jika transaksi yang terjadi jumlahnya puluhan hingga ratusan.

Sistem pembayaran satu pintu yang baru dikenal, pembayaran sistem terpadu menjamin transaksi yang terjadi. Semua masuk terlebih dahulu dalam aplikasi perusahaan dan langsung terkoneksi dengan bank. Kesalahan data dan penipuan akan mudah terdeteksi.

2. Mempermudah Transaksi

Jika sebelumnya seorang penjual harus mempunyai berbagai rekening bank untuk memudahkan konsumen, saat ini tidak perlu lagi. Sebagai penjual, Anda hanya perlu satu rekening bank. Semua dikelola satu pintu.

3. Meningkatkan Penjualan

Selanjutnya, toko yang menggunakan sistem modern ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Hal ini penting agar pembeli kembali bertransaksi di toko yang sama. Akhirnya penjualan akan meningkat.

4. Memudahkan Pendataan

Tidak hanya kemudahan pembayaran dan transaksi manfaat yang diperoleh, melainkan juga pendataan. Payment gateway biasanya mempunyai sistem API atau Aplication Programing Interface. Aplikasi ini memudahkan segala pendataan mulai dari transaksi harian, database konsumen, hingga untung dan rugi penjualan.

Manfaat Payment Gateway Bagi Pembeli

Pembeli adalah raja memang merupakan pepatah lama. Namun, hal tersebut masih berlaku sampai saat ini. Di mana-mana, pembeli sebagai konsumen menyukai kemudahan.

Nah, adanya sistem pembayaran satu gerbang juga menguntungkan pembeli, antara lain:

1. Menjamin Keberhasilan Transaksi

Keberhasilan transaksi lebih tinggi jika membeli di toko yang menggunakan jasa pembayaran terpadu Indonesia. Dana yang sudah disetorkan tidak langsung masuk ke penjual. Uang akan diterima sebagai pembayaran jika barang sudah sampai ke tangan pembeli.

2. Memudahkan Pembayaran

Anda sering kesulitan melakukan pembayaran karena ATM atau bank jauh dari rumah atau koneksi internet macet? Payment gateway memberikan solusi. Pembayaran semua transaksi dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk melalui toko retail yang sudah bekerja sama. Selain itu, pembayaran tidak perlu lagi dikonfirmasi dengan mengirimkan foto bukti transfer. Hanya dalam hitungan detik sampai beberapa menit, pembayaran langsung terbaca oleh sistem penjual.

Itulah sekilas tentang payment gateway dan manfaatnya. Sebuah sistem yang berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Keinginan pelanggan yang harus anda tahu

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!