Pengaruh Game Online Yang Membahayakan, Ternyata Mengerikan!

Dizaman modern saat ini, segala sesuatu akan sangat mudah untuk diperoleh menggunakan alat teknologi yang canggih. Termasuk segala jenis hiburan baik untuk anak-anak, orang dewasa, bahkan lansia. Game online adalah salah satu jenis hiburan yang mudah sekali untuk diperoleh. Namun ternyata pengaruh game online ini sendiri memiliki dampak buruk bagi kesehatan terlebih lagi bagi pecandu game online.

Pengaruh Game Online Terhadap Kesehatan

Asyik memang, kapan saja dan dimana saja kita bisa memainkan game online. Tidak mengenal tempat dan waktu juga tidak perlu mengeluarkan tenaga yang akan menguras keringat berlebih kita sudah bisa terhibur dengan adanya game online. Namun ternyata game online ini bisa membuat seseorang menjadi kecanduan, terlebih lagi saat ini sudah banyak sekali jenis dan ragam dari game online.

Dibalik keseruan dari game online ternyata memiliki dampak yang mengerikan, apalagi untuk mereka yang sudah kecanduan. Berikut adalah bahaya game online untuk kesehatan bagi pecandu game online.

1. Insomnia

Penyakit insomnia/kurang tidur ini kerap kali terjadi pada gamer. Mereka yang sudah terlalu asyik dengan gadget/Laptopnya akan melupakan waktu kapan mereka harus beristirahat. Padahal tidur yang terlalu larut malam sangat berbahaya untuk kesehatan. misalnnya saja berat badan naik, diabetes, sulit konsentrasi, kerusakan pada kulit dan lain-lain.

2. Kerusakan mata

Bahaya game online yang kedua adalah radiasi yang di pancarkan dari sinar gadget/laptop mu ternyata berbahaya untuk kesehatan matamu loh. Apalagi jika pemakaian gadget yang terlalu sering dan berlebih akan menyebabkan mata lelah, merah, gatal dan bahayanya lagi bisa menyebabkan kanker mata. Ingat guys! matamu juga butuh waktu untuk istirahat.

3. Sindrom Carpal Tunner

Sindrom carpal tunner atau yang kita ketahui dengan cedera otot tangan ditandai dengan rasa kesemutan, kelemahan, mati rasa pada pergelangan dan jari-jari tangan. Para gamer pasti pernah merasakan sindrom ini!.

4. Menurunnya metabolisme tubuh

Pengaruh game online juga akan berdampak pada menurunnya metabolisme tubuh. Para gamer jika sudah kecanduan bermain game, biasanya posisi tubuh atau tempat akan seperti itu saja tidak berubah-ubah, sehingga aktivitas fisik akan berkurang. Berkurangnya aktivitas fisik ini akan menyebabkan metabolisme tubuh menurun, akibatnya tubuh akan tentan terhadap penyakit dan virus-virus jahat.

5. Masalah pencernaan

Karena terlalu keasyikan bermain game, sampai-sampai jam makanpun terlewatkan, hal ini akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan mu. Lambung yang dibiarkan kosong tanpa terisi makanan sedangkan kerja lambung terus menggiling akan menyebabkan luka pada dinding lambung, hal inilah yang menyebabkan seseorang terserang penyakit maag.

Untuk para gamer, hendaklah jangan terlalu berlebih bermain game online. game online yang menyenangkan mu itu sebenarnya dapat menyiksa dirimu sendiri jika tidak tepat dalam penggunaannya. Bermain sesuai waktu dan kebutuhan merupakan pilihan yang tepat

6. Radiasi

Radiasi dari gadget/laptopmu tidak hanya berbahaya untuk kesehatan mata saja, parahnya lagi pengaruh game online dapat berbahaya pada tumbuh kembang otak. Untuk para remaja dan anak-anak khususnya dampak dari kecanduan terhadap game online satu ini tentunya akan merusak kualitas pendidikanmu, maka bijak dan berhati-hatilah.

Itulah pengaruh game online yang akan terjadi apabila gamer sudah kecanduan dengan game online. Untuk anda pecinta game online sebaiknya bijaklah mengatur waktu kapan anda bisa bermain, dan kapan anda harus berhenti. Sayangi dirimu sebelum bahaya game online merusak tubuhmu.

Baca juga : Main game ternyata ada manfaatnya untuk anak

You May Also Like

About the Author: Sari Asmiatin

error: Content is protected !!