Pengaruh Kurang Tidur Cukup Besar Loh. Ini Buktinya!

Tidur meskipun hal sederhana namun dapat berdampak luas pada kehidupan. Pengaruh kurang tidur pada seseorang lebih memicu kearah negative. Tidak menutup kemungkinan, anak-anak sampai orang dewasa akan mendapatkan dampaknya. Untuk itulah, menjaga pola tidur serta kualitasnya penting kamu lakukan.

Dampak Buruk dari Pengaruh Kurang Tidur Bagi Seseorang

Terlalu banyak tidur atau bahkan kurang tidur sama-sama memiliki dampak buruk yang harus dihindari. Alasan kurangnya tidur seseorang didasari oleh banyak hal. Bisa karena pekerjaan dan deadline, stress, atau bahkan karena mengidap insomnia.

Sebenarnya sesibuk apapun kamu, aturlah waktu sebaik mungkin untuk memenuhi apa yang dibutuhkan tubuhmu. Bersikaplah adil dalam memberikan hak tubuh untuk bekerja dan beristirahat. Berikut ini akan diberikan dampak buruh dari pengaruh kurang tidur.

1. Wajah Kusam

Ketika tidur malam kulit akan melakukan regenerasi. Ketika kamu memiliki jam tidur minim di malam hari, regenerasi kulit tidak akan berjalan dengan baik dan mengakibatkan wajahmu kusam. Mungkin make up bisa menutupi wajah kusammu sementara, namun dalam jangka panjang make up tidak akan berfungsi optimal menutupi kusam di wajahmu lagi.

2. Sulit Fokus

Meskipun kamu menyelesaikan deadline pekerjaan di malam hari agar esok bisa bekerja lebih baik, namun pengaruh kurang tidur bisa menjadikan seseorang tidak fokus. Akibat lelahnya aktivitas yang kamu lakukan di malam hari secara berlebihan akan menurunkan fungsi otak.

3. Mengantuk di Siang Hari

Kasus yang paling sering terjadi pada seseorang yang kurang tidur malam yaitu merasa mengantuk di siang hari. Begitu kamu menuruti mata untuk tidur, maka dipastikan kamu akan sulit tidur di malam harinya. Ubahlah pola tidurmu dengan mencoba menahan kantuk di siang hari agar malam bisa tidur dengan nyenyak.

4. Rentan Terhadap Penyakit

Udara malam tidak baik untuk dihirup. Maka dari itulah alangkah baiknya jika kamu memanfaatkan waktu ini untuk istirahat. Penyakit seperti flu, sakit kepala, dan penyakit lain bisa lebih mudah menyerang ketika kamu terkena angina malam.

5. Menyebabkan Kantung Mata

Berkaitan dengan penampilan kembali, kantung mata menjadi gangguan wajah yang paling dikhawatirkan. Jika kamu memiliki kantung mata, untuk kembali membuat matamu segar sangat sulit. Untuk itulah sebelum kamu memiliki kantung mata sebaiknya jaga keindahan kulitmu.

6. Masuk Angin

Mungkin awal dari tujuan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Namun tahukah kamu bahwa kurang tidur di malam hari akan membuat kamu mudah masuk angin. Dengan terserangnya kamu dengan penyakit ini maka kamu tidak akan bisa beraktivitas dengan baik di pagi harinya.

7. Mudah Menghayal

Pengaruh kurang tidur yang sedikit menyeramkan adalah mudah menghayal. Terlebih ketika malam hari dan tidak ada siapapun yang bisa kamu ajak berinteraksi secara langsung. Dengan begitu sebaiknya jika memang tidak ada keperluan untuk apapun di malam hari, segeralah tidur.

Alasan seseorang kurang tidur bisa bermacam-macam dan bahkan banyak yang kurang tidur tanpa alasan. Jika kamu kesulitan tidur malam coba konsultasikan dengan dokter. Jangan langsung membeli obat tidur di apotik yang tidak bisa sembarang digunakan dan bisa menimbulkan efek ketergantungan.

Itulah bukti yang diberikan mengenai dampak buruk dari pengaruh kurang tidur. Kualitas tidur seseorang juga menjadi prioritas utama selain waktu tidur yang diperlukan. Jadikan tidurmu sebagai tidur berkualitas agar manfaat tidur bisa kamu rasakan. Penuhi kebutuhan tidurmu agar kamu bisa beraktivitas dengan baik.

Baca juga : Tidur siang berlebihan tidak dianjurkan karena ada dampak buruknya!

 

You May Also Like

About the Author: Sari Asmiatin

error: Content is protected !!