Penyakit Mata Ikan, Kenali Penyebabnya dan Obati dengan Tepat!

Penyakit mata ikan atau yang dalam dunia medis disebut dengan istilah clavus merupakan sebuah kondisi penebalan lapisan kulit akibat adanya tekanan dan gesekan yang berulang-ulang. Namun, mata ikan sangat berbeda dengan kapalan. Pada mata ikan, penebalan kulit tersebut memiliki inti keratin.

Penyakit penebalan kulit ini memiliki dua jenis, mata ikan keras dan lunak. Mata ikan keras merupakan jenis mata ikan yang paling sering dialami.seperti namanya, mata ikan keras memiliki permukaan yang keras. Biasanya mata ikan keras akan disertai dengan pembengkakan dan rasa nyeri.

Sebaliknya mata ikan lunak memiliki permukaan yang lunak dengan warna keputihan. Mata ikan jenis ini juga mrnimbulkan rasa nyeri dan sangat rentan terkena infeksi bakteri. Agar kamu lebih mengerti dan dapat memastikan jenis mata ikan yang kamu alami, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab penyakit mata ikan

Pada umumnya, mata ikan memang disebabkan oleh tekanan pada daerah tubuh tertentu sehingga mengakibatkan penebalan lapisan kulit. Namun, ternyata ada beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya mata ikan.

Diantara penyebab mata ikan adalah faktor kebersihan lingkungan yang kurang baik, kebiasaan berjalan tanpa alas kaki, kulit kaki yang kering dan pecah-pecah serta sistem kekebalan tubuh yang lemah. Seluruh faktor tersebut dapat meningkatkan risiko tubuh terinfeksi virus HPV yang merupakan penyebab penyakit mata ikan.

Virus tersebut masuk ke dalam lapisan kulit melalui luka terbuka pada kulit. Jika sudah berada di dalamnya, HPV dapat merangsang pertumbuhan sel dengan cepat di permukaan kulit.

Mengobati mata ikan

Agar mata ikan tak lagi menganggu kenyamanan aktifitas harian, maka penyakit ini harus segera diobati. Beberapa langkah ini dapat dilakukan untuk mengobati mata ikan.

1. Rendam kaki

Agar kulit mata ikan menjadi lunak dan mudah ditangani, kamu bisa merendamnya menggunakan campuran air hangat dan garam. Rendamlah kaki yang terkena mata ikan selama 10-15 menit. Dengan melakukan perendaman, diharapkan penyakit mata ikan ini dapat diatasi

2. Gunakan batu apung

Batu apung dikebal dapat menghaluskan dan mengikis sel-sel kulit mati. Kamu juga bisa memanfaarkan batu apung yntuk mengobati mata ikan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggosokkan batu apung pada daerah mata ikan sesaat setelah direndam. Perwndaman akan melunakkan kulit dan memudahkan batu apung mengikis bagian-bagian mata ikan.

3. Gunakan obat-obatan

Agar lebih aman, sebaiknya datanglah ke dokter jika ingin menggunakan obat-obatan untuk mengobati mata ikan. Namun sebenarnya, ada beberapa jenis obat mata ikan yang banyak dijual di apotek. Beberapa jenis obat mata ikan yang dapat dibeli secara mandiri di apotek adalah asam salisilat, amonium laktat, dan urea.

Agar mata ikan tak kembali lagi

Setelah mengetahui penyebab mata ikan dan bagaimana cara mengatasinya, tentu kita tahu bagaimana cara agar mata ikan tak kembali menyerang bagian tubuh. Intinya, setelah mata ikan berhasil disembuhkan sangat dianjurkan bagi kamu untuk terus menghindari penyebab mata ikan. Hal ini dikarrnakan, risiko terkena mata ikan lebih tinggi pada orang yang sudah pernah menderita penyakit mata ikan ini.

Lalu hal utama yang harus diperhatikan adalah soal kebersihan dan penggunaan alas kaki yang tepat.selain itu sangat dianjurkan untuk mengenakan kaos kaki ketika menggunakan sepatu. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan kaki dari gesekan yang terlalu banyak pada dinding sepatu hingga mengakibatkan lecet.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang penyebab, cara menangani dan langkah pencegahan agar penyakit mata ikan tak kembali muncul. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Mengobati cantengan secara alami begini nih caranya!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!