Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Serta Cara Mengatasinya

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Serta Cara Mengatasinya

Ketika anda dalam perjalanan menggunakan mobil di saat siang hari tentunya sangat membutuhkan yang namanya AC. Yah alat ini adalah salah satu souvenir pelengkap mobil. AC mobil sangat dibutuhkan untuk menyejukkan tubuh ketika berada di dalam mobil. Tapi pernahkah anda pernah mengalami kepanasan meski telah menyalakan AC mobil anda? Penyebab AC mobil anda tidak dingin bisa jadi terletak pada filternya yang tersumbat atau ada hal lain yang jadi penyebabnya. Sebelum membahas lebih jauh mengenai penyebab AC mobil anda tidak dingin, mari kita lihat dulu bagaimana sistem kerja AC mobil itu

baca juga tips memilih air radiator sesuai tipe kendaraan mobil

  1. Kompresor. Komponen utama AC yang bekerja sebagai alat yang mensirkulasikan freon ke seluruh sistem AC dengan cara menaikkan tekanan freon. Kompresor sendiri memiliki dua saluran, yaitu saluran hisap dan saluran buang. Saluran hisap Kompresor terhubung dengan evaporator dan merupakan sisi tekanan rendah. Sedangkan saluran buang terhubung dengan kondensor dan merupakan sisi tekanan tinggi.
  2. Kondensor. Berfungsi menyerap panas pada freon yang telah dikompresiikan. Kondensor juga bertugas mengubah freon dalam bentuk gas menjadi cair (Alat penukar kalor / Heat Exchanger).
  3. Filter dryer. Komponen ini berguna untuk memfilter atau menyaring. Filter dryer berfungsi sebagai penampung sementara freon yang telah menjadi cair oleh kondensor sekaligus penyaring dan pengering uap air di dalam sistem AC mobil
  4. Evaporator. Berfungsi sebagai penampung dingin dari freon yang sudah berubah wujudnya menjadi uap. Didalam evaporator yang hampa udara, freon akan menguap dan mengambil panas pada pipa-pipa yang berada pada evaporator. Karena proses tadi pipa menjadi dingin dan menghembuskan dinginnya kedalam kabin melalui kisi-kisi atau grill dengan hembusan dari motor blower. Akhirnya terciptalah udara yang terasa dingin dan nyaman.

Lantas Apa Yang Menjadi Penyebab AC Mobil Tidak Dingin?

mari kita lihat apa-apa saja penyebabnya

  1. Filter AC tersumbat. Seprti yang saya bilang tadi, filter AC adaah komponen yang sangat penting, yang befungsi menyaring debu atau kotoran. Apabila anda jarang membersihkannya, maka aliran udara di filter ini akan tersumbat.
  2. Freon habis atau kurang. Pada dasarnya freon tidak akan habis, kecuali terjadi kebocoran pada bagian sistemnya. Hal ini terjadi karena berbagai hal misalnya, beberapa komponen karet yang lama atau kerusakan pada bagian lain.
  3. Kondensor bocor. Setiap komponen pada AC mobil rentan terhadap kebocoran, termasuk kondensornya. Kebocoran yang ada biasanya terjadi pada bagian pipa sambungan yang menghubungkan kondensor dengan AC mobil itu sendiri. Akibatnya, proses penyaluran udara di dalam AC tidak maksimal sehingga suhu udara yang berhembus terasa panas walaupun ac diputar pada suhu tertinggi sekalipun.
  4. Evalporator kotor. Evaporator berbentuk ruang yang berliku liku dan lembab yang membuat kotoran lebih mudah mengendap, apalagi jika filter kabin tanpa disadari mengalami robek sehingga kotoran masuk ke dalam evaporator. Pengendapan kotoran pada evaporator dapat menyebabkan masalah-masalah pada AC mobil anda.

Cara Mengatasi Kerusakan Pada AC Mobil

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada AC mobil anda. Jika kerusakannya terletak pada bagian Filternya, anda bisa membersihkannya sendiri dengan cara mengambil alat saring tersebut lalu mencucinya memakai sabun. Lakukan perawatan ini setiap sekali seminggu agar kerusakan tidak terjadi lagi. Akan tetapi jika masalahnya terjadi pada bagian lain itu akan sulit untuk anda perbaiki sendiri, sebaiknya anda membawa di tempat service khusus perbaikan AC.

Sebenarnya kerusakan tidak akan terjadi apabila dilakukan perawatan dengan rutin. Lakukan perawatan Sebelum AC mobil anda mengalami kerusakan.

baca juga Cara Meningkatkan Performa Mesin Motor Tanpa Tune Up

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

error: Content is protected !!