Perawatan Pasca Melahirkan Yang Bisa Anda Coba

Hay buntik… si bunda cantik? Senangnya yang habis punya babby. Upps… setelah babby lahir ternyata lambat laun bunda menyadari tubuh bunda mulai mencuat kemana – mana. Hee… kalo orang jaman dulu bilang, “gembrot.” Jangan khawatir, bunda hanya kurang perawatan pasca melahirkan.

Sebelum kita bahas tentang apa saja perawatan pasca melahirkan, yuk ketahui dulu penyebab bunda terlihat sepet dipandang mata saat sehabis bersalin!

Hal – hal yang terjadi akibat kurang perawatan pasca melahirkan

1. Kulit kusam

Setelah melahirkan, kulit bunda bisa kusam. Hal ini diakibatkan karena banyaknya cairan yang keluar saat bersalin. Sehingga berimbas pada kesehatan kulityang akhirnya terlihat kurang segar. Tak hanya itu, kekurangan cairan juga dapat mengakibatkan hal – hal lain yang lebih fatal. Maka dari itu, mengkonsumsi air putih dan nutrisi yang cukup harus diperhatikan.

2. Badan melar

Ini nih, yang sangat dan kerap atau terlalu sering dialami kebanyakan bunda – bunda saat melahirkan. Sebenarnya tidak masalah, selagi tidak berlebihan atau mendekati obesitas. Namun, sebagian wanita ingin tetap terlihat langsing pasca bersalin. Asupan makanan yang dikonsumsi bunda dan aktifitas bunda lah yang menjadi sebagian sebab badan melar.

3. Rambut rontok

Banyak yang bilang, rambut rontok dikarenakan bawaan orok. Namun, logisnya kerontokan rambut yang dialami ibu yang habis melahirkan dikarenakan kurang nutrisi dan kondisi kulit kepala yang selalu berkeringat.

4. Sembelit atau susah BAB

Nah, jika bunda sudah merasa benar dan seimbang dalam mengkonsumsi makanan termasuk serat yang cukup, tapi masih mengalami ini berarti sugesti bunda yang bermasalah. Bunda beranggapan jika BAB miss V kita akan sakit dan takut keluar sesuatu. Padahal, jika posisi jongkok / duduk kita benar tidak apa – apa.

Macam dan jenis perawatan pasca melahirkan agar tetap sehat dan cantik

Seperti yang sudah dibahas di atas, perawatan pasca melahirkan sangat diperlukan agar bunda selalu tampil cantik dan sehat. Perawatan seperti apa saja itu?

1. Hair and body spa

Perawatan hair and bdy spa perlu dilakukan oleh bunda usai melahirkan. Langkah ini dilakukan agar daki yang menempel pada kulit bunda yang juga susah dijangkau oleh tangan bunda saat mandi menjadi bersih. Selain itu, body spa juga bisa melancarkan peredaran darah. Hair spa sendiri dilakukan agar kulit kepala bunda menjadi bersih dan menghindari rambut rontok. Sebab, kulit kepala yang berkeringat akan memudahkan kuman maupun debu menempel yang akhirnya akan memicu kerontokan rambut.

2. Minum jamu kunyit asem

Nah, untuk yang satu ini harus benar – benar diperhatikan dan sebaiknya meminta pendapat petugas medis seperti bidan atau dokter. Jamu sendiri memberikan kesegaran untuk ASI dan baik untuk kebugaran tubuh bunda.

3. Ratus V

Setelah melahirkan dan berhenti nifas, ratus V sangat perlu dilakukan untuk membersihkan lendir yang tersisa. Selain itu, agar miss V tidak bau. Sehingga, keintiman bunda dengan suami juga terjaga.

4. Senam ringan

Senam juga penting dilakukan. Senam yang dilakukan dipilih yang paling ringan agar tidak mengganggu pemulihan luka baik di perut maupun di miss V. Senam dimaksudkan agar berat badan bunda stabil meskipun bunda mengalami banyak peningkatan nafsu makan. Lebih bagus lagi bunda melakukan senam payu dara agar ASI menjadi lancar.

Demikian tadi perawatan pasca melahirkan yang bisa bunda lakukan usai bersalin. Semoga bermanfaatan.

Baca juga : Menghindari stress saat hamil memakai cara-cara ini

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!