Pergi Ke Psikolog, Bukan Berarti Kamu Gila Kok! Tapi. .

Hah? Psikolog? Ngapain pergi ke psikolog? Aku kan ga gila!

Eits, jangan salah! Walaupun sebagian besar orang masih menganggap bahwa berkonsultasi dengan psikolog hanya dilakukan oleh orang gila, tetapi sebenarnya hal itu bukan berarti kamu gila kok. Kamu sebenarnya bisa mengkonsultasikan banyak hal dengan para psikolog ini.

Sebagai kaum milenial, udah ga jamannya lagi takut atau malu dong berkunjung ke psikolog. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang sebenarnya mengharuskan kamu untuk datang ke psikolog. Oleh karena itu, kamu juga harus tahu nih, kapan saja seseorang butuh untuk bertemu dengan psikolog.

Kamu Wajib Pergi Ke Psikolog Pasca Mengalami Kejadian Traumatis

Setelah mengalami kecelakaan hebat, tertimpa bencana alam, sedang sakit keras, dipecat dari perusahaan tempatmu bekerja ataupun perceraian merupakan peristiwa-peristiwa traumatis yang bisa saja terjadi. Jangan dianggap remeh!

Jika kamu merasa masih saja bersedih setelah beberapa waktu kejadian tersebut berlalu, atau mungkin peristiwa tersebut sangat menganggu mu hingga kamu tidak bisa berpikir jernih, maka segeralah pergi ke psikolog.

Yah, walaupun kamu juga tidak akan bisa sepenuhnya menghilangkan ingatan traumatis mu terhadap suatu kejadian. Namun setidaknya kamu berusaha, dan siapa tahu dengan begitu kamu akan merasa lebih baik.

Ketika Masalahmu Menganggu Aktivitas Harianmu

Namanya orang hidup, pasti akan menemui masalah. Walaupun begitu, ketahanan seseorang ketika berhadapan dengan masalah berbeda-beda. Kamu harus tahu seberapa kuat kamu menghadapi masalahmu.

Coba perhatikan dan tanya kepada dirimu sendiri. Apakah rutinitasmu dan hubungan mu dengan orang lain sangat berpengaruh pada emosimu? Kemudian apakah ketika kamu meng hadapi satu masalah kamu merasa sangat sedih? Apakah masalah yang kamu hadapi ini membuatmu stress berlebihan dan depresi? Secara ekstrim, apakah masalah yang kamu hadapi menjadikan mu putus asa dan menjadikan mu mudah sakit?

Jika iya, tiada salahnya kamu datang ke psikolog untuk berkonsultasi. Tak perlu malu menceritakan masalahmu. ingat! Ketahanan seseroang menghadapi satu masalah berbeda-beda. Belum tentu masalah yang orang lain anggap enteng itu juga enteng buatmu. Pun berlaku sebaliknya.

Kamu Merasa Orang Lain Di Sekitarmu Menjauh Karena Terganggu Dengan Perilakumu

Menurutmu tidak ada yang aneh dengan perilakumu. Kamu merasa, semuanya baik-baik saja hingga suatu ketika orang-orang mulai menjauhimu. Katanya, mereka menjauh karena terganggu dengan sikap dan perilakumu terhadap mereka. Tak perlu panik karena justru akan menjadikanmu semakin depresi. Sebaiknya, segeralah datang ke psikolog untuk berkonsultasi.

Menemukan Jalan Buntu Untuk Masalah Yang Sedang Kamu Hadapi

Kamu mungkin sedikit gengsi ketika sedang menghadapi masalah untuk meminta bantuan dan pertimbangan dari orang lain. Tak masalah selama kamu bisa menemukan solusinya. Namun, tak jarang juga lho kamu bertemu jalan buntu. Kalau sudah begitu, masalahmu pun tak akan cepat selesai.

Solusinya, kamu mungkin perlu melepaskannya sejenak. Menghirup udara dalam-dalam, jalan-jalan santai berkeliling daerah sekitar rumah mu atau sejenak berlibur untuk merefresh kembali pikiran mu. Namun, jika hal tersebut tak juga membuatmu lebih baik, cobalah untuk datang ke psikolog. Siapa tahu dengan begitu, kamu dapat menemukan jalan keluar dari masalah pelik mu.

Kamu Merasa Tiada Orang Yang Mengerti Dirimu, Mungkin Psikolog Bisa Mengerti

Interaksi dengan orang-orang terdekat memang bisa melegakan hati ketika sedang tertimpa masalah. Namun, terkadang kesibukan dan keterbatasan orang-orang di sekitar kita menjadikan mereka cukup sulit untuk mendengarkan den memahami. Hal tersebut bagi sebagian orang bisa menjadi masalah besar bahkan menjadikannya depresi. Agar tidak berlarut-larut, cobalah datang ke psikolog. Siapa tahu mereka bisa memahami mu.

Jadi, ingat ya! Jika kamu mengalami satu atau lebih hal-hal tersebut, tidak ada salahnya untuk mengagendakan pergi ke psikolog. Toh, dengan berkonsultasi dengan psikolog, belum tentu kita gila kan?

Baca juga : Bahaya televisi bagi anak anak, anda harus tahu!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!