Persyaratan Dan Persiapan Menjelang Hari Pernikahan

Persiapan menjelang pernikahan adalah hal yang paling penting bagi ke dua calon pengantin. Mereka harus mempersiapkan segala persyaratan dan juga persiapan menjelang hari pernikahan mereka. Pernikahan adalah suatu hal yang sangat diidam-idamkan bagi setiap orang.

Pernikahan bukanlah hal yang biasa, memilih calonpun jangan asal-asalan. Memilih calon suami/istri harus dengan pertimbangan yang matang. baca Tips memilih pasangan hidup

Ikatan pernikahan memiliki makna yang sangat dalam bagi setiap pasangan. Tujuan pernikahan bukan hanya untuk menjalani kehidupan bersama tapi juga untuk membangun komitmen bersama pasangan.

Persyaratan Dan Persiapan Menjelang Hari Pernikahan

Banyak orang yang tentunya ingin pernikahan mereka bukan hanya sekedar pernikahan, tapi mereka ingin pernikahan mereka terlihat romantis, mewah dll. Terutama perempuan, bagi mereka pernikahan adalah sesuatu yang sangat berarti dalam hidup mereka, makanya mereka sangat ingin pernikahan mereka berjalan dengan sempurna.

Tapi pernikahan itu tidak seperti pacaran yang cuma bermodalkan coklat atau bunga untuk mengikat pasangan  kalian. Banyak hal-hal yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan. Bukan hanya persiapan tapi juga syarat-syarat untuk menikah.

Persyaratan Pernikahan

Menjelang hari pernikahan, syarat yang utama yaitu pernikahan kalian harus diakui oleh hukum. yaitu mendaftarkan diri Kantor Urusan Agama(KUA). Kalian harus bersabar dalam pengurusan ini yah karena prosesnya agak rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar jadi saya sarankan untuk mengurus semuanya sebulan sebelum hari pernikahan kalian.

Syarat Pengurusan Di KUA

  1. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) 4 lembar untuk masing –masing pengantin wanita dan pria.
  2. Fotocopy Kartu Keluarga, 4 lembar untuk masing –masing pengantin.
  3. Pas Foto kedua calon pengantin, masing –masing berukuran 2×3 4 lembar, 3×4 masing –masing 4 lembar. atau anda bisa siapkan lebih untuk antisipasi saja.
  4. Bagi calon pengantin yang berstatus duda atau janda, lampirkan surat cerai atau talak dari pengadilan agama.
  5. Surat dispensasi dari pengadilan agama untuk calon pengantin yang akan menikah kurang dari 19 tahun bagi laki –laki dan 16 tahun bagi wanita. Surat ini juga berlaku bagi yang akan melakukan poligami.
  6. Untuk anggota Sipil TNI/POLRI dan TNI/POLRI harus mempunyai izin kawin dari atasan atau komandan.
  7. Pendidikan Ijazah terakhir, Berlaku hanya untuk KUA tertentu saja.
  8. Materai kurang lebih 6 lembar.

Persiapan Menjelang Pernikahan

Jika anda ingin memberikan kesan pada pernikahan kalian, sebaiknya anda mempersiapkan segala hal yang berguna untuk memperlancar pernikahan kalian seperti di bawah ini

1. Gedung Resepsi Pernikahan

Sebelum anda melangsungkan hari pernikahan anda, sebaiknya disuksikan terlebih dahulu kepada pasangan anda sebesar apa gedung yang akan kalian pakai. Usahakan besar gedung seimbang dengan jumlah tamu undangan. Anda juga bisa menggunakan tema ala-ala barat ciee.. seperti resepsi di pinggir pantai. Dan banyak juga orang yang melangsungkan resepsi mereka dengan memakai tenda di depan rumah, tapi cara ini adalah cara tempo doloe.

2. Resepsi Baju Pernikahan Dan Seragam Keluarga

Persiapan yang satu ini adalah sesuatu yang sangat penting. Anda ingin menggunakan baju pengantin model traditional atau modern dan juga sewa atau buat sendiri itu terserah dari anda sendiri. Pastikan anda menyesuaikan baju pengantin anda dengan konsep pernikahan anda. Oiya jangan lupa memberikan seragam bagi keluarga kalian, biasanya orang membagi-bagikan seragam batik kepada keluarganya.

3. Persiapan Konsep Dekorasi

Setelah menyiapkan persiapan di atas, selanjutnya anda mengatur konsep dekorasi apaa yang anda ingin pakai. Anda bisa menambahkan nuansa-nuansa traditional atau modern di gedung pernikahan anda. Biasanya orang memakai jasa wedding organizer dalm mempersiapkan hal ini.

4. Persiapkan Jenis Makanan dan Catering

Makanan sangat penting untuk menjamu para tamu undangan anda. Pastikan makanan yang anda pilih enak dan murah. Anda juga bisa menyesuaikan jenis makanan dengan tema pernikahan anda. Contohnya tema pernikahan anda adalah garden dimana lokasi pernikahan yang bertempat di taman. Anda bisa menambahkan menu makanan seperti ice cream dan juga cake agar tema dan jenis makanan di pernikahan kalian balance.

5. Jasa Make Up

Anda ingin tampil cantik dan ganteng di pernikahan anda bukan? Maka dari itu sebaiknya anda memilih jasa make up yang cocok dan pastinya tidak mengecewakan. Make up adalah sesuatu hal yang sensitif, jika salah sedikit saja pasti akan membuat percaya diri anda menurun.

6. Kartu Undangan

Kartu undangan berguna untuk mengundang kerabat dan keluarga anda. Persiapkan kartu undangan anda mulai dari warna,desain dan juga siapa-siapa saja yang ingin anda undang. Sebenarnya hal ini adalah persiapan yang terpenting tapi saya tempatkan di urutan paling akhir, karena saya berharap anda jadi orang yang terakhir bagi pasangan anda amiiin 😀

 

Sekian persyaratan dan persiapan menjelang pernikahan anda. Semoga pernikahan anda dilancarkan dan menjadi pasangan yang bahagia sampai akhir. AMIN

 

 

 

 

You May Also Like

About the Author: Eka Yuliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!