Prestasi Sederhana yang Bisa Diraih oleh Siapa Pun!

Selama ini kita selalu diteror dengan istilah prestasi. Siswa berprestasi atau mahasiswa berprestasi. Padahal kini makna berprestasi tak lagi sesempit dulu. Karena prestasi sederhana justru lebih mengena.

Berprestasi selalu diidentikkan dengan kemampuan akademik. ‘Duh anak itu pintar ya! Juara di kelas. Bisa ikutan olimpiade tingkat kabupaten hingga nasional.’ Dan ungkapan-ungkapan lain.

Padahal prestasi tidak sesempit itu. Hal sederhana yang dilakukan secara konsisten pun sudah termasuk prestasi.

Apalagi bila mampu memberi manfaat bagi orang lain. Apa makna sebuah prestasi bila itu hanya bermanfaat bagi dirimu sendiri?

Jadi jangan kecil hati bila di rumahmu taka da piala-piala berjajar. Itu bukan pertanda kesuksesan sejati.

Inilah Prestasi Sederhana yang Bisa Dibanggakan

Kamu sudah sepakat kan kalau prestasi itu tidak selalu berwujud piala? Jadi mari kita pilah kira-kira hal sederhana mana yang bisa dikategorikan sebagai prestasi.

Di zaman ini tak perlu berpikir muluk-muluk. Ambisi boleh selalu dipegang, tetapi tak perlu hingga mengorbankan berbagai hal.

Kini semua orang bisa memulai langkah dan strategi miliknya sendiri. Perkembangan zaman mampu mewadahi itu semua.

Tapi yang terpenting dari semua itu ialah sikap konsisten dan pantang menyerah. Nah, kira-kira apa saja yang bisa masuk ke dalam prestasi sederhana? Cek di bawah.

1. Konsisten Bangun Pagi

Kamu sudah sangat hebat bila selalu bia bangun pagi setiap harinya. Ini sebuah pencapaian penting lho! Beneran, tidak main-main.

Produktivitas seseorang dinilai sejak ia bangun pagi. Tentu mereka yang bangun pagi akan melakukan kegiatan lebih awal.

Bandingkan yang masih terbuai dalam mimpi, sudah pasti tim bangun pagi lebih unggul. Bila kamu sudah bisa bangun pagi, kamu keren. Tinggal mengisinya dengan aktivitas positif saja supaya makin baik.

2. Konsisten Sedekah Sebulan Sekali

Tak melulu soal diri sendiri, menurut saya prestasi sesungguhnya ialah ketika bisa bermanfaat untuk orang lain.

Satu langkah paling sederhana ialah dengan bersedekah. Tidak harus dengan jumlah besar. Mulailah dengan jumlah kecil dulu.

Tapi setelah itu usahakan untuk meningkatkan jumlahnya ya! Karena kamu tidak akan tahu doa siapa yang akan dikabulkan ketika kamu menolong banyak orang. Yang terpenting, sedekah itu akan baik untuk dirimu sendiri kelak.

3. Kerjakan Tugas Tepat Waktu

Tidak masalah kamu memiliki gaya mengerjakan di awal selagi luang atau dikebut saat mepet deadline. Yang penting ialah tugasmu kelar tepat waktu.

Dan tentu saja dengan hasil terbaik sesuai target. Tidak boleh mengerjakan sesuatu asal-asalan. Ini menunjukkan keseriusan kamu lho!

Jadi jangan suka menunda pekerjaan. Suka menunda pekerjaan itu bisa menunda rezeki dan jodoh lho!

4. Konsisten dalam Beribadah

Hai, jangan sepelekan ibadah ya! Ini adalah bentuk tanggung jawab kamu sebagai manusia yang beragama. Orang religius itu memiliki pesona tak tertandingi. Tuhan saja selalu ia dahulukan. Maka urusan lain pasti tak ketinggalan. Inilah sebuah prestasi sederhana yang harus kamu lakukan.

Kumpulkan Piala Kebaikan

Kamu tak harus berambisi memiliki piala penghargaan di lemari rumah. Tapi cukup kumpulkan piala kebaikan.

Kebaikan itu bisa untuk dirimu sendiri dan untuk orang lain. Pasti semua hal akan terasa lebih indah. Jangan terlalu memikirkan diri sendiri. Bahkan hingga menjatuhkan orang lain demi dirimu. Jangan!

Malahan kamu harus lebih bisa bersimpati dan empati. Kedua bekal ini sungguh penting dalam menunjang kesuksesan hidupmu kelak.

Jadi yang memiliki piala penghargaan itu tak selalu akan sukses di masa depan. Tetapi, kamu yang senantiasa melakukan prestasi sederhana demi mengumpulkan piala kebaikan justru bisa jadi sukses.

Baca juga : Mendongkrak semangat belajar anak, ini 5 langkah mudahnya!

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!