Pria Berjerawat, Atasi dengan Cara Ini! Dijamin Manjur

Katanya, pria termasuk orang yang tidak pernah memperhatikan penampilan. Mungkin ada benarnya jika dibandingkan dengan kaum hawa. Namun, bukan berarti tidak peduli. Kulit pria cenderung lebih berminyak lho dibandingkan wanita! Pria berjerawat sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Satu yang sama dengan wanita, ketika hal tersebut terjadi banyak pria tidak percaya diri.

Penyebab Pria Berjerawat

Sebaiknya sebelum mencoba berbagai perawatan wajah, Anda mengetahui penyebab jerawat. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengatasi jerawat dari akarnya. Penyebab pria berjerawat, antara lain:

1. Paparan Sinar Matahari Langsung

Pria cenderung lebih menyukai aktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, pria lebih mudah terkena paparan sinar matahari langsung. Paparan matahari menghasilkan radikal bebas. Radikal ini menyebabkan kulit cepat rusak dan mengalami penuaan dini. Ini tidak hanya berlaku bagi wanita, pria juga akan merasakan akibat yang sama.

2. Polusi

Udara dan lingkungan sekitar saat ini rata-rata sudah tercemar. Pencemaran paling banyak terjadi pada udara yang disebut polusi udara. Polusi ini mempunyai akibat yang sama dengan sinar matahari. Polusi membawa radikal bebas yang mengganggu kesehatan kulit.

3. Stres

Stres menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. Mengapa demikian? Karena saat stres banyak kegiatan baik tidak terlaksana, seperti pola makan tidak teratur, kurang istirahat, dan lain-lain. Stres mengganggu produksi hormon. Kelenjar keringat juga dapat berlebih diproduksi. Jerawat dapat muncul kapan saja.

4. Begadang

Pria termasuk senang begadang dengan berbagai alasan. Hal yang paling umum dijadikan alasan adalah main games, nonton pertandingan sepak bola, dan kumpul dengan teman.

Jika Anda sering begadang, kesehatan dan keseimbangan hormon terganggu. Fungsi organ tubuh tidak bekerja optimal.

5. Rokok dan Alkohol

Para ahli kesehatan sudah meneliti rokok dan alkohol sejak dahulu. Hasil penelitian sudah membuktikan bahwa keduanya mengandung banyak racun. Racun dapat dikeluarkan dalam bentuk jerawat.

6. Wajah Kurang Bersih

Wajah merupakan bagian kulit yang paling terbuka. Sepanjang hari ketika Anda melakukan kegiatan, banyak debu dan kuman yang menempel. Debu dan kuman tidak langsung hilang hanya dengan diusap dengan air bersih. Perlu cara membersihkan wajah tepat agar jerawat tidak muncul.

Cara Mengatasi Jerawat Pada Pria

Anda pria? Sudah tahu bukan bahwa pria berjerawat mungkin saja terjadi? Jadi, seharusnya Anda tidak menunggu jerawat timbul baru melakukan tindakan. Cegah dan atasi sejak dini. Cara mengatasi jerawat pada pria, antara lain:

1. Rajin Membersihkan Wajah

Wajah yang terkena polusi dan paparan matahari harus dibersihkan secara teratur, minimal menggunakan air mata air yang dijamin bersih. Air mineral juga dapat digunakan.

Jika Anda mempunyai waktu agak luang, sesekali merawat wajah dengan pembersih khusus wajah lebih baik. Sesuaikan sabun pembersih wajah dengan jenis kulit.

Anda dengan kulit dengan pori-pori besar, biasanya mempunyai kulit wajah berminyak. Sementara, jika minyak banyak ditemui di bagian pipi, rahang, dan bawah dagu, kulit Anda berarti kering atau kurang lembab. Selain ciri tersebut, jenis kulit yang dimiliki termasuk normal.

2. Minum Air Cukup

Minum air cukup antara 8 sampai 10 gelas sehari sangat baik untuk kesehatan. Air dapat megeluarkan racun dalam tubuh dan melembabkan kulit yang kering berjerawat.

3. Olahraga

Saat Anda berolahraga, banyak keringat yang dikeluarkan bersama racun tubuh. Olahraga juga merangsang fungsi organ tubuh lebih baik. Bagi beberapa prang olahraga juga menghilangkan stress.

4. Mengatasi Stres

Telah disebutkan sebelumnya bahwa stress dapat mneyebabkan hormon tutubuh itdak seimbang. Salah satu akibatnya adalah jerawat yang muncul di wajah pria.

Jika Anda merasa bahwa stress merupakan penyebab alami stress yang diderita maka mengatasinya hanya dapat dilakukan dengan memgurangi tekanan tersebut. Olahraga, rekreasi, me time, dan sebagainya adalah beberapa cara mengurangi stress.

5. Mengubah Gaya Hidup

Olahraga, rokok, alcohol, begadang merupakan gaya hidup. Jika Anda mempunyai gaya hidup yang merusak tubuh lebih baik dtinggalkan mulai kini.

6. Mengatasi dengan Bahan Alami

Pria juga dapat mengatasi dan mencegah jerawat dengan cara alami. Cara tersebut misalnya,dengan masker lemon, masker kopi, meletakkan air dingin di atas jerawat berulang-ulang selama beberapa menit, dan lain-lain.

Tidak perlu waktu lama untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Bahkan, secara keseluruhan cara di atas sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca juga : Makanan berkolagen menjaga kulitmu agar tetap segar dan kencang

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!