Pulau Seribu, Wisata Alam Nan Indah di Utara Jakarta

Penduduk Jakarta umumnya jika libur panjang akan menyerbu kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Beberapa di antaranya memilih ke Yogyakarta atau Malang. Padahal, di Jakarta ada lho tempat wisata indah yang tidak kalah dibandingkan tempat lain! Namanya Pulau Seribu. Sebuah kepulanan di Utara Jakarta yang terdiri dari banyak pulau kecil tidak terhitung.

Mau tahu asyiknya berwisata ke kepulayan yang termasuk wilayah propinsi Jakarta ini? Yuk, simak uraian berikut.

Ada apa di Pulau Seribu?

Seperti wisata kepulauan yang lain, Kepulauan Seribu juga banyak menyajikan pantai dan laut. Namun, karena Jakarta secara keseluruhan merupakan dataran rendah, pemandangannya akan sedikit berbeda. Di wisata alam ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, antara lain:

1. Berkemah

Jika Anda ingin berkemah alam dekat di Jakarta, pulau-pulau di Kepulauan Seribu tempat yang direkomendasikan. Masih banyak pulau tidak berpenghuni di sini yang cukup aman dan luas untuk berkemah keluarga,sekolah, dan kelompok.

2. Menyusuri Hutan Mangrove

Kepulauan Seribu telah lama menjadi wisata hutan mengrove. Hutan ini menyejukkan wilayah pantai yang cenderung panas.

3. Makan di Seafood Terapung

Makan seafood mungkin sudah biasa Anda lakukan. Namun, seafood terapung hanya ada di sini. Jika Anda dapat menikmati makanan laut sambil merasakan sensasi restoran yang sedikit bergoyang.

4. Mengelilingi Pulau Speedboat

Speedboat menjadi kegiatan khas wisata pantai. Demikian juga di pantai sini. Dengan menggunakan speedboat yang disewa Anda dapat mengelilingi lingkar luar beberapa pulau.

5. Mengamati Konservasi Penyu

Penyu merupakan hewan langka yang keberadaannya dilindungi. Kondisi pantai Kepulauan Seribu sangat cocok untuk konservasi atauperlindungan dan perkembangbiakan penyu. Anda mau melihatnya? Berkunjunglah ke sini!

6. Berkeliling di dalam Pulau Menggunakan Sepeda

Sepeda merupakan kendaraan tradisional tanpa mesin. Di wilayah Jakarta Utara, sepeda memang masih menjadi transportasi umum. Di pulau, sepeda dapat disewakan untuk Anda menjelajah.

7. Menyelam

Pantai identik dengan menyelam bagi yang menyukainya. Keindahan bawah laut pantai Utara sangat indah, sayang untuk dilewatkan.

Pulau-Pulau yang Ada di Kepulauan Seribu

Sudah disebutkan di atas bahwa Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau. Setiap pulau memiliki kekhasan sendiri yang pasti akan menarik untuk Anda kunjungi.

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan pulau yang paling dekat dengan pantau Utara Jakarta. Itu sebabnya pulau ini paling dikenal dan paling banyak dikunjungi. Untuk keperluan wisata, di Pulau Tidung sudah banyak didirikan fasilitas wisata, seperti hotel dan restoran.

Di beberapa bagian pulau terdapat tempat penyewaan sepeda dan speedboat untuk berkeliling pulau. Sepeda untuk mengelilingi dan menjelajahi pulau, sedangkan speedboot untuk mengelilingi pulau dari luar.

2. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka sedikit lebih jauh dibandingkan Pulau Tidung. Namun, fasilitas yang ada di sini jauh lebih lengkap. Pulau yang termasuk Kecamatan Panggar, Jakarta Utara ini sudah menyediakan fasiliats kesehatan lengkap.

Di Pulau Pramuka Anda dapat berkemah. Siswa yang berkegiatan ekstrakuler Pramuka paling sering berkemah di tempat ini. Itu sebabnya orang menyebutnya Pulau Pramuka.

Mengunjungi Pulau Pramuka dan berkemah, Anda dapat sekaligus mengunjungi hutan mangrove dan konservasi penyu. Yang paling unik, di sini terdapat restoran seafood terapung.

3. Pulau Kelapa Dua

Pulau ini sebenarnya sama dengan pulau lain di Kepulauan Seribu, terdapat hutan mangrove dan pantai yang mempunyai banyak pulau kelapa. Bedanya, di tengah pulau terdapat sebuah jembatan yang seakan membelah pulau menjadi dua bagian. Anda dapat melihat indahnya matahari terbenam dengan berdiri di puncak jembatan menjelang malam hari.

4. Pulau Genteng Kecil

Pulau ini tidak berpenghuni. Wilayah kedalaman laut di sekitar pulau ini tidak kalah indah dengan Laut Bunaken di Sulawesi. Anda yang menyukai kegiatan menyelam pasti akan menyukai petualangan bawah laut di pulau ini.

Itulah sekilas tentang Pulau Seribu, wisata alam indah di Utara Jakarta. Jadi, bagi Anda warga Jakarta dan sekitarnya, tidak perlu jauh dan macet menghabiskan liburan. Kunjungilah pulau ini,dijamin liburan Anda tidak akan terlupakan.

Baca juga : Wisata murah bandung namun tidak murahan yang wajib dikunjungi

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!