Racikan Kopi Terbaik dan Terenak! Kamu Pernah Coba yang Mana?

Kopi adalah salah satu minuman yang cukup banyak digemari. Tidak hanya di Indonesia, penggemar kopi bahkan ada di seluruh dunia. Rasanya yang sedikit pahit dengan aroma khas nya memang sangat menggoda untuk di cicipi. Nah, semakin banyaknya orang yang menggemari minuman satu ini, semakin banyak pula racikan kopi yang diciptakan demi memenuhi hasrat ngopi banyak orang.

Racikan Kopi Mantap Yang Mendunia

Sebenarnya, jenis minuman berbahan dasar biji kopi ini sangat banyak jenisnya. Setiap negara atau bahkan tiap daerah punya jenis racikannya tersendiri. Namun, ada beberapa jenis minuman kopi yang dikenal sangat enak hingga dikenal di kancah internasional. Beberapa jenis racikan kopi tersebut antara lain:

1. Espresso

Kamu pasti pernah mendengar tentang espresso. Minuman kopi ini pertama kali dikenalkan di Italia. Seperti namanya, espresso berarti kopi yang disajikan dengan sangat cepat. Espresso dikenal dengan rasanya yang pahit karena konsentrasinya yang sangat pekat. Biasanya espresso hanya disajikan one shot saja menggunakan gelas kecil.

Espresso dibuat dengan mengalirkan air dengan tekanan tinggi pada biji kopi yang sebelumnya sudah digiling. Metode pembuatan kopi espresso ini membuat seluruh ekstrak biji kopi dapat keluar bersama air yang mengalir. Biasanya, orang menikmati espresso setelah makan siang atau makan malam.

2. Cappuccino

Jenis racikan kopi yang satu ini juga punya banyak penggemar lho! Cappuccino memiliki beberapa kompinen utama yaitu susu, espresso, foam atau busa dan coklat bubuk sebagai topping. Biasanya, cappuccino memiliki ketebalan busa yang cukup tebal. Busa yang terletak pada permukaan minuman ini memiliki ketebalan sekitar hampir 2 cm.

3. Macchiato

Pernah mendengar namanya? Buat kamu pecinta kopi, sudah pasti pernah mendengar nama minuman yang satu ini. macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit sus uke dalam espresso tanpa diaduk.

Ada dua jenis minuman macchiato yang terkenal, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam espresso. Latte macchiato adalah kebalikannya, yaitu menambahkan sedikit espresso ke dalam susu.

4. Mochaccino

Kebanyakan orang sering susah ya membedakan mochaccino dengan cappuccino. Padahal sebenarnya kedua minuman ini sangat berbeda lho! Jika cappuccino menggunakan campuran espresso, susu dan foam, mochaccino justru menggunakan campuran espresso, susu dan coklat. Nah, buat kamu yang juga menyukai coklat, minuman ini pasti cocok deh di lidah kamu!

5. Latte

Ini nih, yang sedang digemari banyak orang. Latte adalah minuman kopi yang mencampurkan espresso dengan susu. Perbandingan antara espresso dan susu dalam latte adalah 3:1.

Minuman ini menjadi terkenal karena keindahan lukisan-lukisan yang dibuat oleh para barista di atasnya. Lukisan ini dibuat menggunakan sedikit busa susu yang dituangkan secara teratur ke dalam gelas latte.

6. Long black

Racikan kopi yang satu ini sangat popular di Australia. Long black biasanya juga dikenal dengan istilah espresso encer karena cara pembuatannya adalah dengan menuangkan espresso ke dalam gelas yang sudah berisi air panas. Biasanya, long black dibuat dengan menggunakan biji kopi arabica asal Ethiopia ataupun dari Sumatra.

7. Hammerhead

Penikmat kopi garis keras pasti tahu dan pernah merasakan sensasi hammerhead. Racikan hammerhead adalah espresso yang disajikan dalam takaran cangkir regular dan kemudian diisi beberapa tetes kopi.

Walaupun Nikmat, Minum Kopi Jangan Berlebihan

Kopi memang nikmat diminum panas ataupun dingin. Apalagi dengan berbagai variasi racikannya yang sangat menggoda selera. Namun, jangan berlebihan saat meminumnya ya! Kontrol dirimu sendiri, karena mengkonsumsi terlalu banyak kopi juga dapat membahayakan kesehatanmu.

Demikianlah beberapa jenis racikan kopi tebaik dan terenak yang pernah dibuat. Kamu sudah coba yang mana?

Baca juga : Manfaat kopi hitam selain sebagai minuman lezat

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!