Rumah Subsidi Murah, Sayang Jika Anda Lewatkan!

Rumah adalah impian setiap orang terutama bagi pasangan yang telah menikah. Namun tidak semua orang dapat memiliki rumah idaman. Hal ini dikarenakan nilai rumah yang terus menanjak naik. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh pemerintah bekerjasama dengan pihak developer adalah rumah subsidi murah. Program rumah bersubsidi ini, diperuntukan bagi warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu.

Syarat Mendapatkan Rumah Subsidi

Rumah bersubsidi adalah rumah yang telah dipotong harganya sekian persen,sehingga harganya di bwah normal. Sisa harga normal yang tidak dibayarkan ditanggung oleh pemerintah atau developer dengan mengambil bagian dari keuntungan penjualan rumah nonsubsidi.

Telah disebutkan di atas bahwa rumah bersubsidi hanya dapat diperoleh orang tertentu. Syarat untuk mendapatkannya, antara lain:

  1. WNI berumur minimal 21 tahun atau telah menikah.
  2. Belum memiliki rumah.
  3. Maksimal pendapatan 4 juta per bulan.
  4. Melampirkan fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir.
  5. Menyisipkan fotokopi KK, KTP, NPWP.
  6. Melampirkan fotokopi surat nikah (jika sudah menikah).
  7. Membuat surat keterangan belum memiliki rumah.
  8. Membuat surat keterangan belum pernah menerima fasilitas kpr subsidi.

Memilih Rumah Subsidi

Mudah bukan syarat memperoleh rumah subsidi? Namun, walaupun persyaratannya mudah tetap harus memperhatikan hal-hal lainnya. Saat melakukan survey ke komplek perumahan subsidi yang Anda inginkan, akan lebih baik untuk meneliti kualitas dan fasilitas yang ada. Hal ini dilakukan agar saat telah melakukan akad kredit, Anda tidak kecewa dengan kondisi rumah.

Rumah subsidi murah, tidak berarti kualitasnya pun murahan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengajukan kpr bersubsidi :

1. Spesifikasi Bangunan

Seharusnya yang dimaksud rumah bersubsidi adalah rumah dengan spesifikasi normal. Jika spesifikasi bangunan tidak layak, maka memang rumah tersebut berharga murah tidak perlu subsidi. Spesifikasi bangunan yang perlu diperhatikan, misalnya lantai, bahan tembok, kondisi atap, dan sebagainya.

2. Ketersediaan Sumber Air

Ketersediaan sumber air yang layak untuk digunakan sehari-hari sering kali menjadi masalah saat membeli rumah. Tidak hanya rumah bersubsidi. Ketersediaan dapat dilihat langsung saat Anda survey atau bertanya pada penghuni yang telah lebih dahulu tinggal.

3. Akses Angkutan Umum

Akses angkutan umum penting diperhatikan karena akan mnempermudah semua kegiatan Anda.

4. Sekolah Terdekat

Jika Anda mempunyai anak usia sekolah, perhatikan sekolah yang ada di lingkungan rumah. Ini penting khususnya bagi anak usia TK dan SD. Mereka sebaiknya sekolah di tempat yang letaknya terjangkau.

5. Fasilitas Tempat Ibadah

Anda yang beragama Islam wajib memperhaftikan fasilitas yang satu ini, mengingat kewajiban salat 5 kali sehari. Meski salat dapat dilakukan di rumah, alangkah lebih baik dilaksanakan berjamaah. Minimal di perumahan terdapat mushola.

6. Fasilitas Bermain Anak dan Olahraga

Untuk fasilitas yang satu ini memang sering kali disatukan tetapi lebih baik daripada tidak ada. Fasilitas ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Beberapa developer rumah subsidi murah belum menyediakan fasilitas seperti yang tercantum pada brosur yang tersedia. Namun sebagai calon pembeli, kita harus cermat memilih. Utamakan fasilitas terpenting telah tersedia, sedangkan fasilitas lainnya biasanya dibangun seiring dengan pembangunan rumah subsidi. Jangan sampai tergiur oleh murahnya DP dan cicilan, sehingga tidak memperhatikan hal-hal penting lainnya.

Banyak orang tergiur harga murah, DP dan cicilan yang terjangkau tanpa memikirkan jarak yang harus ditempuh tiap hari saat akan bekerja. Pada akhirnya banyak rumah yang tidak ditempati. Bahkan ada pula yang akhirnya di over kredit pada pihak lain.

Hal di atas jelas melanggar aturan dari KPR bersubsidi. Jangan sampai pada akhirnya fasilitas subsidi dicabut oleh pihak bank dan Anda tak mempunyai rumah hingga tua.

Pemerintah telah memberi kemudahan, saatnya Anda menjadi konsumen cerdas. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Beli produk lokal yuk, kualitasnya tak kalah keren kok

You May Also Like

About the Author: Nani Ana

error: Content is protected !!