Saluran Air Mampet, Coba Deh Atasi dengan Cara Berikut!

Saluran air mampet memang sangat menganggu. Selain menimbulkan genangan air kotor yang sangat tidak sedap untuk dipandang, sering kali seluran air yang mempet ini juga mengeluarkan bau tak sedap.

Saluran pembuangan di wastafel dapur lah yang sering kali mengalami kemampetan. Hal ini disebabkan karena berbagai macam kotoran dari peralatan masak dan peralatan makan yang dapat menempel di dinding-dinding saluran air tersebut. Apabila dibiarkan, lama kelamaan kotoran-kotoran tersebut dapat menumpuk dan menghambat aliran air sehingga wastafel pun mudah tergenang air.

Mengatasi Saluran Air Mampet

Sebenarnya, saat mendapati saluran air wastafel yang mampet, kamu tak perlu risau dan panik karena kamu bisa mengatasinya sendiri. Nah, beberapa metode ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi saluran air mampet di rumahmu.

1. Pembersih kimia

Saat ini sudah banyak sekali pembersih kimia khusus untuk membersihkan pipa pembuangan air yang dijual bebas di pasaran. Cara kerja bahan kimia tersebut adalah dengan melarutkan lemak yang menempel pada dinding-dinding pipa pembuangan air sehingga saluran air pun kembali lancar.

Beberapa merk bahan kimia pembersih tersebut pun dilengkapi dengan bahan anti bakteri yang sekaligus dapat membunuh bakteri penyebab bau tak sedap.

Cara penggunaan bahan ini pun berbeda-beda pada setiap merek nya. Sebelum mulai menggunakannya, pastikan kamu membaca petunjuk penggunaannya agar pembersih kima tersebut dapat berfungsi dengan optimal.

2. Pembersih alami

Beberapa orang memang lebih memilih bahan-bahan alami ketimbang bahan kimia karena alasan pencemaran lingkungan. Termasuk ketika mengatasi saluran air yang mempet ini. Nah, bagi kamu yang lebih menyukai menggunakan bahan alami, langkah berikut dapat kamu terapkan untuk mengatasi saluran air mampet.

  • Pastikan saluran air dalam keadaan kering. Kamu bisa melakukannya pada malam hari ketika saluran pembuangan air sudah tidak digunakan.
  • Tuangkan sati cangkir soda kue ke dalam saluran air yang mempet
  • Kemudian segera tuangkan dua cangkir air mendidih ke dalam saluran pembuangan tersebut dan diamkan selama beberapa menit.
  • Masukkan kembali satu cangkir soda kue ke dalam saluran pembuangan yang mempet tersebut dan langsung diikuti dengan satu cangkir cuka
  • Setelahnya, biarkan soda kue dan cuka bereaksi membersihkan saluran air mampet tersebut dari lemak-lemak yang menyumbat. Biasanya akan terdengar suara gemuruh dan muncul buih-buihhasil reaksi. Kamu tak perlu panik karena suara tersebut menandakan bahwa bahan-bahan tersebut sedang bekerja.
  • Tunggula sampai suara gemuruhnya menghilang dan buih sudah tak muncul di saluran air tersebut dan kemudian bilaslah menggunakan dua cangkir air mendidih.
  • Cobalah untuk mengalirkan air ke dalamnya dan lihat apakah saluran masih mampet atau tidak.
  • Apabila saluran air masih mampet, kamu bisa mengulangi metode tersebut hingga saluran air benar-benar bersih.

Menghilangkan Bau Tak Sedap

Sering kali, saluran air yang mempet juga akan mengeluarkan bau tak sedap. Hal ini dikarenakan pada umumnya penyebab dari mempetnya saluran air tersebut adalah sisa-sisa makanan yang menempel dan menumpuk pada dinding saluran air. Akibatnya, banyak bakteri yang juga menempel dan melakukan aktifitas pembusukan di sana.

Sebenarnya, jika kamu membersihkan wastafel dan saluran air secara rutin, kasus mampet dan bau ini bisa dihindari. Kamu bisa memanfaatkan aneka bahan alami seperti soda kue dan cuka yang ternyata juga diketahui ampuh membunuh kuman.

Atau, kamu bisa membeli bahan-bahan antiseptic khusus yang kini banyak dijual di pasaran. Jadi, tiada salahnya kan rutin melakukan bersih-bersih wastafel agar saluran air mampet tidak menghantui kehidupanmu. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Membersihkan kaca agar selalu kincong sepanjang waktu

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!