Sebelum Menikah, Tuntaskan Beberapa Hal Ini Terlebih Dahulu

Pernikahan ialah sebuah ikatan suci antara sepasang manusia. Yang mana setelah terikat, ia harus bisa bertahan selamanya. Menikah itu perkara besar, maka sebelum menikah kamu harus benar-benar sudah mempersiapkan segalanya.

Nikah itu jangan asal modal nekat. Permasalahan pasca menikah itu luar biasa pelik. Kamu tidak bisa asal kabur seperti saat pacaran dulu.

Kalau tidak cocok ya udah putus saja! Itu tidak akan berlaku dalam pernikahan. Masa’ iya kamu akan mengajak cerai usai cekcok dengan suami/istrimu? Tidak bisa begitu kan?

Maka perlu kedewasaan saat akan menikah. Dan sikap seperti ini hanya akan dimiliki oleh orang yang benar-benar siap menikah.

Tuntaskan Ini Sebelum Menikah

Mau sendirian atau menikah itu sebenarnya tetap ada sisi bahagianya. Tinggal sesuai kebutuhan saja. Terkadang orang menganggap orang single alias jomblo itu pastilah ngenes. Padahal tidak selalu begitu lho! Bahkan justru banyak orang single lebih bahagia daripada yang sudah berkeluarga.

Bisa jadi yang sudah berkeluarga tetapi tak bahagia itu dikarenakan ia belum menuntaskan segala urusan saat ia masih sendirian. Sehingga ia merasa belum bisa menemukan arti kebahagiaan. Maka sebelum terlanjur menikah, pastikan untuk menuntaskan berbagai hal berikut ini:

1. Selesaikan Dulu Studimu

Meski menikah saat masih kuliah itu diperbolehkan dan tidak melanggar aturan, tapi alangkah lebih baik bila urusan kuliahmu diselesaikan dulu. Percayalah, setelahnya jodoh akan tetap ada.

Ada banyak orang menikah ketika masih kuliah, yang terjadi adalah pasti salah satu urusan tidak beres. Entah urusan pernikahan maupun kuliah.

Sebenarnya hal ini tidak mutlak, karena tergantung dari yang melakukan. Tetapi lebih baik bila menyelesaikan studi dulu. Barulah merencanakan pernikahan.

2. Nikmati Momen bersama Keluarga

Terlalu lama fokus dengan studi dan karir terkadang membuatmu kurang dekat keluarga. Tentu saja karena terlalu banyak waktu tersita.

Maka sebelum melangkah ke jenjang serius, nikmati kebersamaan dengan keluarga dulu. Habiskan waktu bersama ayah, ibu, dan saudara-saudari.

Kelak ketika kamu sudah memiliki keluarga sendiri, pasti rasa kangen akan keluarga akan meluap-luap. Maka saat masih sendiri, maksimalkanlah.

3. Capai Target Pribadimu

Meski tak muluk, pasti kamu punya target hidup dong! Sebelum menikah, raihlah target itu sekuat tenaga terlebih dahulu.

Berjuanglah hingga apa yang kau inginkan tercapai. Maka kamu pun kan sadar arti dari sebuah perjuangan.
Kelak ketika sudah menikah pun kamu harus terus berjuang. Dengan pencapaian yang telah kamu dapatkan, kamu tak akan lagi asing dengan beratnya sebuah perjuangan.

4. Nikmati Masa Sendirimu!

Sendiri itu tak selalu sepi. Percayalah, kelak kamu akan sangat merindukan masa-masa ketika sendirian.
Kamu akan merindukan berbelanja sepuas hati, kamu akan merindukan tawa canda bersama teman-teman. Dan juga kamu akan kangen menghabiskan waktu membaca buku tanpa ada gangguan.

Itu semua tak bisa kamu lakukan dengan leluasa saat sudah menikah. Dan ini memang sebuah kenyataan.

Nikmati Selagi Bisa

Pernikahan itu memang membahagiakan. Tetapi definisinya tetap berbeda dengan kebahagiaan ketika sendirian.

Maka selagi kamu masih bisa menikmati kesendirian, nikmati saja. Tidak perlu memedulikan pendapat orang lain yang menjatuhkan.

Segala mimpi yang masih sekadar mimpi, wujudkanlah. Agenda-agenda yang belum terlaksana, segera laksanakan.

Bila masih bisa hangout dengan teman, ya ajaklah teman-teman. Karena momen seperti ini akan sangat mewah bila kamu sudah dalam ikatan sah.

Tidak usah bersedih bila kamu masih sendirian. Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan sebelum menikah. Ayo maksimalkan!

Baca juga : Hantaran pengantin unik dari berbagai macam kreasi

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!