Sedekah Tanpa Uang yang Bisa Kamu Lakukan Guys!

Satu indikator milenial berkualitas ialah yang mau berbuat hal untuk kebaikan orang lain. Jadi tidak melulu memikirkan diri sendiri. Nah, ini ada beberapa referensi sedekah tanpa uang yang bisa kamu contek.

Banyak orang menunda untuk bersedekah karena belum kaya. Atau masih minim jumlah uangnya. Kalau menunggu menjadi kaya, lantas kapan sedekahnya?

Padahal di luar sana ada banyak orang menunggu uluran tangan. Mereka benar-benar terjerat dalam kemiskinan. Serta dalam ketidakberdayaan.

Sementara kamu masih dengan kegiatan sehari-hari sembari membeli online. Apakah kamu tega membiarkan orang-orang tetap dalam kondisi demikian?

Tentu kamu bukan orang seperti itu. Daripada terus menunda, mengapa kita tak mencoba sedekah dengan cara sederhana? Bahkan tanpa mengeluarkan uang sedikit pun.

Sedekah Tanpa Uang, Memang Bisa?

Oh, tentu saja bisa. Semua itu tak melulu tentang uang kok. Tenang saja.

Meski kita ini sama-sama sobat misqueen, tetapi ini tak menghalangi untuk berbuat kebaikan. Lagipula kebaikan itu tak dinilai dari nominal, melainkan ketulusan niat.

Siapa tahu kebaikanmu ini kelak akan sangat bermanfaat bagi orang-orang. Kamu tak tahu kebaikan ini kapan akan kembali kepada dirimu. Yang pasti, tetaplah yakin.

Karena menanam kebaikan itu tidak pernah membuat rugi. Meski terkadang tak selalu berbuah sesuai harapan sih. Nah, inilah referensi sedekah tanpa uang yang bisa kamu lakukan.

1. Sedekah Baju Bekas Layak Pakai

Kalau bajumu sudah sangat menggunung dan jarang kamu pakai, mengapa tak disedekahkan saja? Tapi pastikan yang masih layak pakai ya!

Meski sedekah ini sangat remeh, tapi sangat bermanfaat lho! Karena ada orang di luar sana yang memakai pakaian cuma itu-itu saja.

Mereka tak seberuntung kamu yang bisa membeli pakaian tiap bulan. Boro-boro, tiap lebaran pun belum tentu bisa beli.

Jadi pilih pakaian bekas layak pakaimu, lalu sumbangkan ya!

2. Sedekah Botol Bekas

Botol sisa sabun, parfum, sampo, dan skin care mu bisa bermanfaat buat orang lain lho! Jangan buru-buru membuangnya ya!

Kamu bisa menyumbangkan kepada orang-orang membutuhkan. Atau berikan secara cuma-cuma kepada pemulung yang biasa melintasi daerah tempat tinggalmu.

Semoga bekas botol itu bisa menjadi jalan rezeki. Dr. Gamal memulai hal ini pula lho. Dengan bermodal botol bekas, pasien sudah bisa berobat kepada dr.Gamal. Sungguh mulia ya!

3. Sedekah Buku Bekas

Buku-buku pelajaran atau bacaan yang sudah tidak kamu baca, boleh kok disumbangkan. Pasti bermanfaat, apalagi ini buku.

Buku itu bisa dimanfaatkan untuk orang tak mampu supaya bisa membangun taman baca. Bisa jadi minat baca Indonesia rendah itu bukan karena malas membaca, melainkan karena kurang sarana prasarana.

Nah, dengan menyumbangkan buku bekas, kamu bisa membantu dalam upaya meningkatkan minat baca.
Kumpulkan buku bekasmu dan segera sumbangkan.

4. Sedekah Mukena dan Sarung

Kalau memiliki mukena dan sarung bekas dan layak pakai, alangkah lebih baik disumbangkan untuk masjid. Akan lebih berguna lho!

Tidak harus yang bekas, kalau kamu mau menyumbangkan yang baru pun makin bagus. Jadi segera siapkan saja!

Sedekah itu Mudah

Tidak berat kok untuk sedekah. Selama ini banyak orang hanya menunda dengan mengatakan bahwa akan sedekah bila sudah kaya.

Kalau seperti itu terus kapan pula bisa sedekah? Sedangkan bila orang-orang semacam kita ini yang hanya bisa sedekah harta sedikit. Tapi semua konsisten mau sedekah.

Pasti akan terkumpul banyak pula. Sehingga banyak orang akan tertolong.

Jadi jangan lagi tunda. Segera tunaikan sedekah dengan caramu atau cara di atas ya. Karena sedekah tanpa uang itu bukanlah masalah. Asalkan dengan niat baik.

Baca juga : Manfaat sedekah yang mungkin tidak pernah anda duga

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!