Sehat Ala Rasul Ini Harus Kamu Terapkan Lho! Khususnya Muslim

Ada begitu banyak tips-tips sehat di internet. Yang bila diterapkan pasti membuat sehat. Tetapi terkadang ada saja halangan untuk melakukannya. Nah, paling tidak terapkan hidup sehat ala rasul sebagai langkah minimal.

Nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan baik untuk seluruh umat manusia. Bukan untuk muslim saja sebenarnya. Misalnya mengenai pola hidup.

Beliau terkenal memiliki pola hidup sehat. Sehingga segala aktivitas dakwah maupun kegiatan harian bisa dilakukan dengan lancar.

Dalam riwayat, beliau jarang mengalami sakit terkecuali ketika akan wafat. Apa sajakah rahasia pola hidup sehat ala beliau? Kalau ingin tahu, harus simak artikel hingga tuntas dong!

Hidup Sehat Ala Rasul

Kamu tidak perlu diet super ketat untuk memiliki tubuh sehat. Cukup melakukan hal-hal sederhana saja sebenarnya sudah cukup.

Selain itu, kamu pun harus konsisten dalam melakukan berbagai tips di bawah ini. Sudah siap untuk konsisten? Tentu sudah kan.

Tak perlu berlama-lama, simak beberapa poin di bawah ini ya!

1. Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Wah apa maksud dari poin ini? Yakni supaya kita tidak berlebihan ketika makan. Nah, kamu dianjurkan makan sebelum lapar. Karena bila terlalu lapar bisa meningkatkan asam lambung.

Selain itu, dengan tidak makan secara berlebihan kamu akan lebih nyaman dalam melakukan aktivitas. Yakin deh!

2. Jangan Suka Meniup Makanan

Kebiasaan kita dari kecil nih kalau makan makanan terlalu panas pasti selalu meniupnya. Hayo ngaku? Hehe. Hal itu memang lumrah dilakukan tetapi itu tidak sehat lho! Saat kamu meniup makanan panas maka kamu meniupkan udara kotor ke dalam makanan.

Karena udara yang kamu tiup itu mengandung karbondioksida. Dan gas ini tidak dibutuhkan oleh tubuh. Jadi jangan lagi meniup makanan ya!

3. 1/3 Makanan, 1/3 Minuman, 1/3 Udara

Ini adalah rumus sehat ala rasul selanjutnya. Ketika makan, kita tidak boleh sembarangan. Kalau suka, lantas makan sebanyak-banyaknya. Hingga kapasitas perut penuh dan kamu susah untuk beraktivitas. Ini sama sekali bukan tuntunan rasul.

Nah, beliau menganjurkan untuk menggunakan rumus sepertiga. Sepertiga untuk makanan, sepertiga minuman, dan sisanya udara. Dengan begitu, kamu tidak akan kekenyangan. Dan bisa terhindar dari kegemukan.

4. Rutin Berolahraga

Siapa bilang Rasulullah hanya sibuk berdakwah? Beliau pun tak pernah lupa untuk berolahraga. Bahkan dikatakan bahwa fisik beliau prima dan memiliki otot kotak-kotak. Alias sixpack. Itu tidak akan didapat tanpa melakukan olahraga. Lantas apa olahraga yang biasa dilakukan beliau?

Yakni berenang, berkuda, bergulat, dan memanah. Keempat jenis olahraga ini paling sering beliau lakukan. Pastikan kamu untuk melakukannya juga ya!

Suri Tauladan Baik

Rasulullah memang benar-benar teladan baik. Dari segala aspek kehidupan, beliau selalu memberikan contoh terbaik.

Entah dalam urusan akhlak, perilaku, bahkan pola hidup. Beliau pun mahir dalam berdagang dan berperang. Kurang baik apa coba?

Jadi kalau ingin hidup lebih berkualitas, kamu bisa meniru hidup ala rasul. Dan meniru pola hidup rasul itu tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Kamu dianjurkan supaya makan tidak berlebihan. Dianjurkan pula untuk makan beraneka sayuran yang harganya jelas lebih murah. Dan diperintah agar teratur berolahraga.

Kalau melakukan semua hal itu, jelas nanti tubuh akan lebih bugar. Dan buat para cowok, akan bisa sixpack pula seperti beliau. Wah, menarik sekali bukan?

Jadi kalau mau sehat selalu, pastikan untuk mengikuti pola hidup sehat ala rasul. Tidak perlu keluar banyak uang, terbukti ampuh pula. Kamu harus lakukan sendiri.

Baca juga : Tips memiliki tubuh sehat agar lancar beraktifitas

You May Also Like

About the Author: Rafiah

error: Content is protected !!