Startup Unicorn, Istilah Terbaru Yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah tahu belum tentang istilah terbaru yang satu ini? Yap, startup unicorn. Istilah ini mulai viral di Indonesia setelah sesi debat capres periode 2019 putaran ke-2 beberapa waktu lalu. Nah, kira-kira apakah kamu juga sudah tahu tentang istilah ini?

Unicorn yang dimaksud bukanlah kuda magis seperti pada kisah mitologi lho guys. Maksud dari istilah statrup unicorn ini adalah gelar bagi suatu startup dengan nilai valuasi sebesar lebih dari satu miliyar dolar Amerika. Indonesia sendiri sudah memiliki empat startup bergelar unicorn lho!

Mengapa Disebut Startup Unicorn?

Istilah startup unicorn ini pertama kali dikenalkan oleh pendiri Cowboy Ventures, Aileen Lee pada tahun 2013. Inspirasi istilah tersebut memang terispirasi dari jenis kuda magis pada kisah mitologi. Hal ini merepresentasikan bahwa startup dengan gelar unicorn sangat langka dan sulot dicapai, seperti halnya kuda unicorn yang langka.

Pada saat itu, Aileen Lee telah mengidentifikasi ada sekitar 39 startup di seluruh dunia dengan gelar unicorn dan akan terus bertambah. Sampai saat ini, rupanya sudah banyak startup yang berkembang dengan pesat. Nyatanya, kini sudah ada lebih dari 300 startup di seluruh dunia yang bergelar unicorn.

Dengan semakin banyaknya startup bernilai valuasi satu miliar dolar Amerika, investor pub semakin senang memberikan suntikan dana kepada startup-startup tersebut. Oleh karena itulah kini telah muncul istilah baru dalam dunia startup yaitu decacorn dan hectocorn.

Unicorn Di Indonesia

Rupanya, Indonesia juga memiliki startup dengan gelar unicorn lho. Kira-kira, startup yang mana ya yang sudah bergelar unicorn di Indonesia? Saat ini, tepatnya ada empat startup Indonesia yang telah menyandang gelar tersebut, yaitu Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak.

1. Go-Jek

Siapa yang tidak kenal dengan startup yang satu ini. Go-Jek mengawali sepak terjangnya dari layanan jasa transportasi berbasis sepeda motor yang dipesan melalui sebuah aplikasi (ojek online). Namun, seiring perkembangannya Go-Jek memperluas jangkauannya dengan menjadikan aplikasi nya menjadi aplikasi one-stop service application.

Go-Jek berkembang pesat selama lima tahun terakhir. Ia pun pada akhirnya mendapatkan gelar unicorn di usia 6 tahun setelah berdiri dengan nilai valuasi 9,5 miliar dolar Amerika.

2. Tokopedia

Marketplace tokopedia mendapatkan gelar unicorn nya pada usia ke-6 setwlah berdiri dengan nilai valuasi 7 miliyar dolar Amerika. Tokopedia merupakan salah satu dari marketplace terpopular di indonesia. Data dari SimiliarWeb menyatakan bahwa Tokopedia merupakan perangkat terpopuler ke-2 yang digunakan pada ponsel berbasis android di Indonesia.

3. Traveloka

Merupakan penyedia layanan pembelian tiket online pertama di Indonesia, Traveloka berhasil menyandang gelar unicorn setelah 5 tahun berdiri. Saat ini, Traveloka memiliki nilai valuasi sebesar 4,1 miliyar dolar Amerika.

Traveloka tercatat sebagai aplikasi ticketing terpopuler di Indonesia. Tercatat bahwa sampai saat ini sekitar 10,5 juta orang telah mengunjungi situs website Traveloka. Angka tersebut jauh melampaui situs sejenis bahkan melampaui situs resmi maskapai penerbangan di Indonesia.

4. Bukalapak

Kemudian ada bukalapak yang merupakan startup di indonesia bergelar unicorn dengan nilai valuasi terendah, yaitu sebesar 1 miliyar dolar Amerika. Marketplace yang dikelola oleh Ahmad Zacky, Muhammad Fajrin Rasyid, dan Nugroho herucahyono ini telah berhasil mendapatkan gelar unicorn pada tahun ke tujuh setelah berdiri si tahun 2010.

Decacorn Dan Hectocorn

Nah, kemudian mari kita kenalan juga dengan istilah lanjutan dari unicorn, yaitu decacorn dan hectocorn. Decacorn merupakan gelar lanjutan setelah unicorn. Gelar ini diberikan pada startup dengan nilai valuasi sebesar lebih dari 10 miliyar dolar Amerika.

Saat ini, perusahaan yang tercatat menyandang gelar decacorn belum begitu banyak. Beberapa diantara startup tersebut didominasi oleh startup asal Amerika Serikat dan Cina. Grab merupakan satu-satunya startup asal asia tenggara bergelar decacorn dengan nilai valuasi sekitar 11 miliar dolar Amerika.

Hectocorn berada di aras decacorn. Gelar ini diberikan pada startup dengan nilai valuasi lebih dari 100 miliar dolar Amerika.

Nah, itulah beberapa informasi seputar startup unicorn yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Aplikasi search engine yang gak kalah dari google nih!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!