Sunscreen Wajah, Wajib atau Dipakai Jika Perlu Saja?

Sunscreen wajah adalah lotion yang dikuhususkan untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Bagi sebagian orang, sunscreen digunakan hanya saat akan ke luar rumah. Namun, bagi sebagian orang lagi wajib dipakai setiap hari setelah mandi.

Sunscreen sendiri mempunyai manfaat lebih dari lotion biasanya. Formula yang terkandung di dalamnya mampu melindungi dari sinar UV yang sangat berbahaya bagi kulit. Saat sinar matahari terpapar langsung dikulit, maka akan menimbulkan beberapa bahaya. Oleh karenanya, seseorang wajib melindungi kulitnya dari sinar UV. Terlebih bagian wajah. Sebab wajah tidak tertutupi kain, lain halnya dengan bagian tubuh lain yang tertutupi pakaian.

Bahaya Sinar UV Bagi Kulit yang Tidak Dilindungi Sunscreen Wajah

Bahaya sinar Ultra violet bagi kulit yang terpapar secara langsung memang cukup fatal. Berikut adalah contoh bahaya sinar UV :

1. Kulit kering

Kulit kering adalah efek paling ringan dari dampak terpapar sinar matahari. Namun demikian, seringan apapun itu kita harus tetap menjaganya. Sebab, kulit kering merupakan tanda bahwa kulit tidaklah sehat.

2. Kulit mengelupas

Saat cuaca panas dan kita tidak mengenakan suscreen wajah, bahayanya dapat berupa kulit wajah mengelupas saking panasnya. Tentunya anda tak ingin bukan, kulit anda mengelupas? Sebab kulit wajah yang mengelupas akan membuat kita tidak PD

3. Dehidrasi

Ternyata kulit juga bisa dehidrasi loh. Sebab, dengan terpaparnya kulit oleh sinar UV akan menjadikan banyak keluar keringat. Sehingga jika keringat terlalu banyak yang keluar dapat menyebabkan kulit kekurangan susunan cairan dan akan tampak kisut atau keriput.

4. Kanker

Ini bahaya yang paling fatal. Ternyata, paparan sinar matahari langsung bisa menyebabkankanker kulit.
Di atas adalah contoh bahaya yang ditimbulkan oleh sinar UV. Maka dari itu, anda harus melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari langsung.

Alasan Wajib Mengenakan Sunscreen Setiap Akan Keluar Rumah

Alasan yang paling mendasar kita wajib mengenakan sunscreen saat keluar rumah, sudah terpapar pada poin – poin di atas. Tentunya agar kita terhindar dari bahaya – bahaya di atas. Sebab, semua orang menginginkan kesehatan bagi dirinya.

Alasan lainnya adalah tampil cantik tanpa masalah kulit. Bagi sebagian orang tampil sempurna adalah sebuah keharusan. Dia ingin tampil perfect dengan tidakada cela masalah kulit sedikitpun di wajahnya. Biasanya, orang tipe ini sangat memperhatikan faktor – faktor yang membuat kulitnya ini menjadi tidak apik. Termasuk faktor sinar UV. Orang tipe ini, biasanya akan rajin sekali menggunakan sunscreen wajah saat keluar rumah atau kegiatan out door lainnya.

Memang tidak ada salahnya dan sah – sah saja jika seseorang menjaga kesehatan kulitnya dengan menggunakan sunscreen sebagai pelindungnya. Namun penggunaan sunscreen juga harus dibatasi dan disesuaikan dengan kebutuhannya saja. Jadi, apakahsunscreen wajah wajib atau dipakai jika perlu? Ini dia jawabannya:

1. Gunakan sunscreen wajah jika perlu

Kapan anda memerlukannya? Saat keluar rumah.

2. Formula yang ada pada sunscreen

Kandungan formula yang ada pada sunscreen jika digunakan berlebihan justru akan menimbulkan efek iritasi. Jadi, gunakan juga seperlunya.

3. Sunscreen wajah sebagai pelindung

Sunscreen wajah sebagai pelindung kulit muka, bukan sebagai pelembab. Jadi, gunakan seperlunya.

Nah, dari poin di atas sudah jelas bukan. Jika sunscreen itu bukan wajib setiap saat melainkan wajib digunakan saat keluar rumah. jadi, gunakan seperlunya saja. Nah, jika sudah tahu kapan harus memakai sunscreen wajah, coba cek kebiasaanmu dalam menggunakan barang yang satu ini ya! Pastikan kamu sudah benar menggunakannya. Salam sehat …!

Baca juga : Eyliner bawah mata, yuk kenali jenisnya agar anda cantik menawan!

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!