Susah Tidur Malam? Atasi Saja Dengan Cara Berikut Ini!

Banyak orang yang mengalami sulit tidur karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang sering ditemukan adalah banyak pekerjaan yang sulit diselesaikan sehingga membutuhkan waktu yang lama. Ketika seseorang terbiasa dengan jam tidur berantakan maka kerap orang tersebut akan mengalami susah tidur malam bahkan sampai pagi.

Tips Mengatasi Susah Tidur Malam Agar Bisa Cukup Istirahat

Insomnia malam hari mengakibatkan efek buruk ketika bangun di pagi harinya. Efek buruk tersebut bukan hanya kepada bentuk fisik yang kurang bersemangat namun juga pada kesehatan. Ada baiknya kebiasaan susah tidur malam ini kamu cari solusinya.

Sebagian besar susah tidur malam sebenarnya lebih dikarenakan ulah manusia itu sendiri yang tidak teratur terhadap jam tidurnya sendiri. Untuk kamu yang sering mengalami insomnia malam hari berikut akan diberikan beberapa tips mengatasinya.

1. Kurangi Jam Tidur Siang

Jika kamu merasa tipe yang suka dengan tidur siang maka segera kurangi kebiasaan tidur siangmu tersebut. Untuk orang dewasa tidur siang selama 40 menit sudah cukup dan bahkan ini merupakan jam yang lama. Lakukan kegiatan di siang hari yang akhirnya membuatmu melupakan jam tidur siang.

2. Hentikan Memainkan Gadget

Gadget dan cahaya yang ditimbulkannya membuat kamu akan sulit tidur. Radiasi cahaya yang ditimbulkan meskipun kamu merasa membantumu agar cepat tidur namun nyatanya mampu merangsang otak agar kamu terjaga.

Matikan gadget ataupun televisi yang memberikan radiasi cahaya di dalam kamarmu lalu mulailah memejamkan mata. Meskipun sulit jangan sesekali membuka gadget karena akan menjadikan candu agar kamu memainkannya hingga mengalami insomnia malam hari.

3. Tidur Sendiri

Alangkah lebih baik agar kamu mendapatkan ketenangan kamu tidur di kamar sendiri. Tidur bersama teman ataupun orang tua membuat kamu memiliki teman cerita hingga larut malam. Selain itu pula dengan kamu memilih tidur sendiri kamu tidak akan teganggu dengan gerakan teman tidurmu.

4. Makan Malam Cukup

Menu makan malam juga menjadi salah satu alasan seseorang sulit tidur. Ketika kamu merasa tidak makan malam dengan baik, maka perut akan kelaparan atau malah kekenyangan. Dua kondisi tersebut bisa memicu kamu untuk susah tidur malam.

5. Minum Jus Seledri

Tahukah kamu bahwa jus seldri baik untuk menjaga kesehatan tubuh apabila kamu rutin meminumnya di pagi hari sebelum menyantap apapun. Kandungan yang ada dalam seledri mampu memberikan ketenangan tubuh dan membuat tidur bisa lebih nyenyak.

6. Mendengarkan Musik Klasik

Music klasik memberikan efek tenang bagi siapapun yang mendengarnya. Jika kamu bukanlah penikmat music klasik tak masalah, kamu bisa mendengarnya ketika hendak tidur malam dengan volume rendah.

7. Olahraga Cukup

Tubuh yang tidak segar akan membuat kamu kesulitan tidur malam. Alangkah lebih baiknya jika kamu melakukan olahraga yang cukup di pagi hari secara rutin. Apapun bentuk olahraganya jika itu dilakukan dengan benar maka kemungkinan dapat membantu masalah susah tidur malam.

Permasalahan insomnia ini memang permasalahan yang hampir dirasakan setiap orang, maka jangan stress dalam memikirkannya. Pilihan untuk meminum obat tidur bukan pilihan yang tetap mengingat efek ketergantung yang sangat tinggi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan susah tidur malam yang kamu rasakan. Jangan biarkan masalah ini terus mengganggu istirahat malammu karena akan memberikan efek buruk jangka panjang. Kamu harus benar-benar menemukan alasan kamu susah tidur untuk mengatasinya.

Baca juga : Tidur di lantai memiliki banyak dampak negatif untuk tubuh!

You May Also Like

About the Author: Sari Asmiatin

error: Content is protected !!