Symbol Perawatan Pakaian Harus Diperhatikan, Kamu Sudah Paham?

Apakah kamu memahami berbagai symbol perawatan pakaian yang sering kali ada di label pakaian mu? Atau, justru kamu tidak memperhatikannya sama sekali? Nah, sepertinya mulai sekarang kamu harus memperhatikannya agar baju kesayangan mu tak mudah rusak.

Sering kali kamu lebih memilih untuk mempercayakan perawatan baju mu pada jasa laundry. Ye memang tidak salah, tetapi mencuci pakaian mu sendiri adalah hal yang baik pula. Selain menghemat, kamu bisa memperlakukan pakaian mu denagn sebagaimana mestinya. Selain itu, dengan mencuci pakaian mu sendiri kamu bisa lebih memperhatikan tiap bagian yang tekena noda sehingga pakaian mu pasti akan lebih awet.

Jika kamu ingin merawat pakaian mu sendiri, coba kamu pahami beberapa symbol yang sering tertera pada label pakaian. Dengan memperhatikan dan mematuhi symbol-simbol tersebut, pakaian mu dijamin akan menjadi lebh awet dan warnanya pun tidak akan cepat kusam.

Symbol Perawatan Pakaian Dasar Yang Wajib Kamu Tahu

Setidaknya ada lima jenis symbol dasar yang tertera pada label pakaian. Symbol-simbol tersebut mewakili prosesi perawatan baju mulai dari pencucian (washing) dengan symbol wadah berisi air, pemutihan (bleaching) dengan symbol segi tiga, pengeringan (drying) dengan symbol persegi uamh ditengahnya terdapat lingkaran, penyetrkaan (ironing) denagn symbol setrika dan drycleaning dengan symbol lingkaran.

Selain symbol dasar tersebut, ada beberapa symbol perawatan pakaian lainnya yang melengkapi seperti garis, tanda silang ataupun tangan yang masing-masing memiliki arti tersendiri. Agar kamu memahami symbol-simbol tersebut lebih dalam.

1. Symbol Pencucian (Washing)

Pada umumnya, symbol pencucian memang bergambar wadah berisi air yang artinya pakaian bileh dicuci seperti biasa baik dengan mesin ataupun dengan tangan. Selain itu, symbol pencucian ini juga dilengkapi beberapa symbol tambahan seperti garis, titik, angka maupun tangan. Berikut maksud dari symbol-simbol mencuci yang umum tertera pada label baju mu.

2. Symbol pencucian dengan garis di bawahnya.

Garis di bawah symbol pencucian ini memiliki arti pengaturan level putaran pada mesin cuci. Jika terdapat satu garis saja di bawah symbol mencuci, maka artinya putaran mesin boleh diatur sedang. Namun jika ada dua garis, maka putaran hanya boleh diatur lambat.

3. Symbol tangan

Jika kamu menemukan symbol tangan di atas symbol pencucian, maka artinya pakaian mu hanya boleh dicuci menggunakan tangan. Artinya pakaian tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dicuci dengan mesin

4. Symbol silang

Seperti biasanya, symbol silang mengartikan larangan. Jadi, jika kamu menemukan symbol silang pada symbol pencucian, artinya pakaian mu tidak boleh dicuci dengan cara apapun kecuali menggunakan jasa binatu professional

5. Angka dan titik

Nah, symbol angka dan titik ini biasanya merujuk pada instruksi suhu air yang digunakan untuk mencuci.

6. Symbol Pemutihan (Bleaching)

Digambarkan dengan bentuk segi tiga sama sisi, symbol pemutihan juga memiliki symbol pelengkap berupa garis dan tanda silang. Jika kamu mendapati symbol segitiga dengan dua garis di dalamnya, berarti pakaian mu boleh dicuci menggunakan pemutih yang tidak mengandung chlorine. Jika kamu menemukan tanda silang, jelas artinya bahwa pakaian mu sama sekali tidak boleh diberi pemutih.

7. Symbol Penyetrikaan (Ironing)

Digambarkan dengan bentuk mirip setrika, symbol penyetrikaan juga memiliki pelengkap. Karena setrika sangat erat kaitannya dengan panas, symbol pelengkapnya hanya berupa titik dan tanda silang. Jika kamu menemukan symbol penyetrikaan dengan satu titik maka kamu hanya boleh menyetrika pakaian mu dengan menggunakan suhu rendah, dua tutuk suhu sedang dan tiga titik suhu tinggi.

8. Symbol Pengeringan

Pengeringan dengan mesin digambarkan dengan gambar persegi dengan lingkaran di tengahnya. Symbol pelengkapnya biasanya berupa titik, garis dan tanda silang. Symbol dengan titik menandakan pengaturan suhu mesin saat melakukan pengeringan.

Jika kamu menemukan satu titik, maka kamu hanya boleh mengeringkannya dengan suhu rendah, dua titik suhu sedang dan tiga titik suhu tinggi. Jika kamu menemukan persegi dengan lingkaran hitam, artinya kamu sama sekali tidak boleh menggunakan panas saat mengeringkan pakaian mu.

Symbol garis di bawah persegi merupakan pengaturan level putaran mesin pengering. Jika sat ugaris berarti boleh cepat, dua garis berarti putarannya harus lebih lambat. Sperti biasa, jika kamu menemukan tanda silang, artinya pakaian mu tidak boleh dikeringkan menggunakan mesin.

Kesimpulannya adalah bahwa ternyata, tidak semua pakaian dapat diperlakukan sama. Agar pakaian yang kamu miliki dapat berumur panjang, maka kamu perlu memahami symbol perawatan pakaian mu. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Mencuci pakaian bayi sendiri tidak susah loh bunda!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!