Ternak Burung Lovebird Hobby yang Menguntungkan

Kontes burung akhir – akhir ini sering dilakukan oleh komunitas burung. Bagi pecintanya, burung adalah hewan tercantik yang ada. Apalagi jenis lovebird, burung yang satu ini memiliki warna yang cerah ceria dan bentuk paruh yang unyu. Banyak juga loh penggemar burung ini kemudian menernak sendiri burung kesayangannya ini. alih – alih menikmati hoby, ternak burung lovebird juga menguntungkan.

Apa Saja Keuntungan Ternak Burung Lovebird? Yuk Kita Intip!

Beberapa keuntungan menernak burung lovebird adalah sebagai berikut:

1. Keuntungan finansial

Jelas, saat kita melakukan ternak burung lovebird kita akan meraup keuntungan yang lebih. Hanya bermodal satu jodoh burung lovebird, maka anda dapat memperoleh beberapa anak burung. Nah, anakan burung ini yang nantinya akan dilirik banyak pecinta burung untuk membelinya.

2. Keuntungan kepuasan

Karena anda suka sekali dengan jenis burung ini, maka anda akan puas jika memiliki banyak lovebird. Dengan begitu, keuntungan berupa kepuasan hati karena sukses menernak lovebird juga jadi poin tambah.

Nah, dua keuntungan di atas bisa jadi penyemangat para pecinta burung untuk menernak burung kesayangannya. Selain mendapatkan uang, anda pun sudah ikut berupaya melestarikan jenis burung tertentu. Jadi, varietas burung tertentu dapat terselamatkan dari kepunahan.

Cara Merawat Ternak Burung Lovebird

Agar burung ternak menghasilkan keturunan yang banyak dan sehat, maka perlu perawatan yang intensiv dan serius. Segala sesuatu yang dirawat dengan sungguh – sungguh tentunya juga akan menghasilkan yang terbaik. Begitu halnya dengan burung lovebird yang dirawat dengan sungguh – sungguh. Maka akan menghasilkan anak – anak lovebird yang berkualitas.

Nah, bagaimana cara merawat lovebird yang benar? Coba baca cara di bawah ini:

1. Makanan yang sehat

Makanan yang sehat bagi lovebird adalah biji – bijian yang berkualitas baik. lovebird akan tumbuh sehat dengan memakan makanan yang berkualitas baik. maka dari itu, dalam memberi makanan untuk lovebird kamu harus memilih yang bagus.

Selain biji – bijian, lovebird ini bisa juga diberi makan beberapa jenis sayuran seperti slobor atau sawi putih. Dengan memberikan sayuran ini dipercaya akan membuat suara burung semakin merdu.

2. Vitamin

Bukan kita saja loh yang perlu meminum vitamin agar sehat. Burung jenis lovebird juga perlu. Apakah vitaminnya? Nah, vitamin lovebird bisa anda dapatkan dengan cara membeli di toko pakan burung. Biasanya, di sana menyediakan aneka vitamin burung yang instan. Namun, anda juga bisa memberikan vitamin berupa kuning telor ayam kampung. Pemberian telor ini, dimaksudkan untuk memperbayak produksi telor pada lovebird.

3. Kandang yang bersih

Ternak burung lovebird agar tetap sehat juga membutuhkan kandang yang bersih. Kandang yang bersih akan menunjang kesehatan burung lovebird. Sebaliknya jika kotor, maka bakteri banyak yang tumbuh dan memicu datangnya penyakit burung.

4. Memandikan ternak burung lovebird

Dengan memandikan burung lovebird secara teratur, maka juga akan membuat burung ini sehat. Sebab tubuh lovebird akan bersih dan segar. Oleh karena itu, memandikan burung lovebird secara berkala sangat disarankan.

Nah bagaimana nih pecinta lovebird? Sudah siap menjalani usaha ini? atau hanya sekedar memeliharanya saja? Semua pilihan ada di tangan anda ya? Jika anda sudah siap ternak burung lovebird, jangan lupa untuk memperhatikan kiat di atas ya! Jika belum berniat, coba deh intip keuntungan menernak burung jenis ini.

Selamat mencoba ya, semoga berhasil. Dan salam lestari!

Baca juga : Budidaya ikan tawar, peluang usaha yang menguntungkan

You May Also Like

About the Author: Titi Indriyani

error: Content is protected !!