Trauma Masa Kecil Sering Muncul? Cobalah Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Kamu merasa memiliki trauma masa kecil? Jika kamu merasa memilikinya, alangkah lebih baik jika kamu segera berdamai dengannya. Pasalnya, jika dibiarkan berlarut-larut kamu akan semakin sulit mengwndalikan emosimu jika dihadapkan dengan pemicu trauma tersebut. Akibatnya, bisa jadi trauma yang kamu rasakan tersebut membawa dampak negatif pada setiap aspek kehidupanmu

Mengatasi Trauma Masa Kecil

Memang sulit rasanya untuk menghilangkan trauma masa kecil yang pernah dirasakan. Namun, kamu harus tetap berusaha berdamai dengan trauma tersebut sesegera mungkin. Memang akan lebih mudah jika langkah ini kamu lakukan sesaat setelah kejadian traumatis tersebut terjadi, tetapi yakinlah bahwa kamu masih punya harapan untuk berdamai dengannya.

1. Fokus pada diri sendiri

Langkah pertama yang harus kamu ambil untuk memulai berdamai dengan trauma mu adalah fokus pada dirimu. Kamu bisa melakukannya di tempat yang tenang dan tidak ada banyak gangguan.

Pastikan dirimu merasakan kenyamanan di tempat tersebut. Setelah itu, duduklah dengan santai dan pejamkan matamu. Rasakan setiap energi dalam tubuhmu dan fokuskan semuanya pada dirimu.

2. Mengingat masa lalu

Selanjutnya, cobalah untuk kembali memanggil ingatan masa lalumu. Masa dimana kejadian traumatis tersebut menimpamu. Rasakan kembali apa yang kamu rasakan kala itu dan buat seluruh perasaan tersebut benar-benar nyata kembali kamu rasakan.

3. Rasakan emosinya

Kemudian cobalah untuk tenang dan kuasai dirimu. Kamu bisa melakukannya fengan menarik napas dalam. Jika sudah tenang, cobalah membuat seluruh tubuhmu merasakan emosi yang kamu rasakan dan amatilah respon apa yang kemudoan muncul pada tubuhmu. Apakah kesemutan, sakit kepala, sesak napas dan lain sebagainya.

4. Kenali setiap sensasi

Setiap emosi yang muncul akan menimbulkan sensasi yang berbeda pada tiap orang. Rasakanlah sensasi yang ditimbulkan oleh emosi yang kamu rasakan saat itu. Apakah rasa cemas membuat kamu sulit bernafas, atau rasa marah membuat seluruh tubuhmu bergetar? Cobalah untuk merasakan semuanya dan katakan pada dirimu sendiri apa yang sedang kamu rasakan. Lakukan secara teratus mampu membantu mengurangi trauma masa kecil mu.

5. Mencintai emosi dan sensai yang dirasakan

Hal ini dilakukan agar kamu bisa lebih menerima perasaan teauma tersebut. Dengan mencintai segala emosi dan sensasi yang timbul, kamu akan lebih mudah pula menerima trauma masa lalumu.

6. Lakukan yang ingin dilakukan

Selanjutnya, kamu akan merasakan luapan emosi dari trauma masa kecil tersebut dalam dirimu. Biarkanlah, jangan ditahan. Luapan rmosi tersebut akan mendorong dirimu untuk melakukan sebuah tindakan. Maka, turutilah doringan tersebut.

Jika kamu ingin menangis, biarkanlah tubuhmu menangis sepuasnya. Bila kamu ingin beeteriak, berteriaklah bahkan jika kamu ingin memukul, pulullah sesuatu. Ingat! Walaupun demikian, jangan sampai kamu melukai orang lain ya!

7. Ambil pesannya

Setelah itu, tentu kamu akan merasa semakin lega. Selanjutnya, ambilah pesan moral yang bisa kamu ambil dari emosi yang kamu rasakan. Emosi yang kamu rasakan dari kejadian traumatis tersebut seringkali akan membawa dampak negatif pada dirimu. Tanpa kamu sadari, kamu pun akan cenderung terhambat untuk berkembang akibat trauma tersebut.

8. Berbagilah

Jika kamu merasa belum brnar-benar lega, kamu bisa berbagi cerita dengan orang yang kamu percaya. Namun, jika kamu ragu untuk membicarakan masalahmu, kamu bisa menulisnya.

Tuliskanlah awal mula kejadian trayma mu hingga bagaimana perasaan mu saat ini. Percaya atau tidak, ternyata menulis juga dapat membuatmu semakin lega. Cara ini cukup ampuh mengatasi trauma masa kecil.

9. Lepas dan buang semuanya

Selanjutnya, lepaskanlah semuanya. Lepas dan buang semua kenangan burukmu terhadap kejadian tersebut beserta seluruh emosi yang membersamainya. Dengan demikian, kamu akan sempurna berdamai dengan traumamu.

Kamu bisa melakukan ritual pelepasan ini dengan cara membakar tulisanmu soal kejadian tersebut, atau kamu bisa membuang segala benda yang berkaitan dengan kejadian tersebut dan melupakannya.

Minta Bantuan Ahli

Jika kamu masih sulit sekali menangani trauma masa kecilmu walaupun sudah melakukan hal-hal tersebut, mungkin kamu perlu datang kepada psikolog. Semoga, dengan berkunjung kepada ahlinya, kamu akan lebih mudah menemukan jalan untuk mengatasi trauma masa kecil. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Piknik murah yang menyenangkan, berikut spot dan trik-nya!

You May Also Like

About the Author: Izzatun Nadia

error: Content is protected !!